Sukses

Cara Menebalkan Bulu Mata dengan Bahan Alami yang Ampuh

Cara menebalkan bulu mata dengan bahan alami kerap menjadi pilihan untuk menghindari efek samping dari penggunaan teknologi kecantikan.

Liputan6.com, Jakarta Tampilan mata dengan bulu mata tebal dan lentik memang mempesona. Mata yang terbingkai bulu mata yang tebal dan lentik akan membuat mata terlihat lebih lebar dan terdefinisi. Bulu mata tebal dan lentik akan menambah daya tarik fisik seseorang.

Hal ini menyebabkan banyak orang yang mencari cara menebalkan bulu mata, baik dengan menggunakan bahan alami maupun menggunakan teknologi kecantikan seperti menggunakan bulu mata palsu atau melakukan prosedur eyelash extension. Tentu saja cara menebalkan bulu mata dengan bahan alami kerap menjadi pilihan untuk menghindari efek samping dari penggunaan teknologi kecantikan.

Selain untuk menunjang penampilan, bulu mata berfungsi untuk melindungi mata dari debu dan benda asing yang dapat masuk ke dalam mata. Bulu mata berfungsi sebagai sensor yang memperingatkan otot mata ketika ada benda asing yang mendekat ke bola mata. Berikut cara menebalkan bulu mata yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menebalkan Bulu Mata dengan Bahan Alami

Mengoleskan Minyak Kelapa

Salah satu cara menebalkan bulu mata yang paling umum dilakukan adalah mengoleskan minyak kelapa ke bulu mata. Minyak kelapa terbukti sebagai bahan yang aman dan baik untuk memelihara kesehatan bulu mata.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat dengan mudah diserap oleh batang rambut, termasuk bulu mata, yang berguna untuk membantu melindungi bulu mata dari kerusakan protein akibat pemakaian make-up remover maupun pembersih wajah jenis lain. Mengoleskan minyak kelapa secara rutin dapat mengurangi terjadinya kerontokan bulu mata. Dengan begitu bulu mata menjadi lebih tebal dan sehat.

Sifat anti mikroba yang dimiliki minyak kelapa dapat membantu melindungi kelopak mata dari infeksi bakteri. Infeksi yang terjadi pada kelopak mata dapat menyebabkan kerontokan pada bulu mata.

Mengoleskan Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan asam lemak, seperti asam oleat, asam linoleat, dan asam palmitat. Kandungan lemak pada minyak zaitun dipercaya dapat melembutkan bulu mata, menyehatkan folikel bulu mata, serta memperkuat bulu mata. Dengan begitu bulu mata dapat tumbuh lebih cepat, tebal dan tidak mudah rontok.

Kandungan lemak minyak zaitun memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba yang baik bagi kesehatan bulu mata. Sayangnya belum ada penelitian ilmiah yang mengkaji efektifitas mengoleskan minyak zaitun sebagai cara menebalkan bulu mata.

Mengoleskan Minyak Jarak

Kandungan 90 persen risinoleat pada minyak jarak murni atau minyak kastor dipercaya dapat mencegah kerontokan rambut, termasuk bulu mata. Khasiat ini bermula dari kemampuan minyak jarak murni untuk menjaga kelembaban kulit tanpa menyebabkan iritasi maupun penyumbatan pori-pori atau kelenjar di sekitar kelopak mata.

Sama halnya dengan minyak zaitun, penggunaan minyak kastor sebagai penebal bulu mata belum pernah dikaji secara ilmiah. Pastikan minyak jarak yang digunakan untuk menebalkan bulu mata adalah minyak jarak murni, sebab minyak jarak yang sudah dicampur dengan bahan lain beresiko menyebabkan iritasi pada mata dan tidak memberikan hasil yang maksimal.

Batasi Penggunaan Penjepit Bulu Mata, Maskara, Bulu Mata Palsu

Bulu mata harus diperlakukan dengan lembut, terlalu sering menggunakan penjepit bulu mata dapat mengakibatkan bulu mata mudah patah dan rontok. Kandungan bahan kimia pada lem perekat bulu mata palsu dan maskara juga dapat merusak kondisi folikel bulu mata asli kita. Saat melepaskan bulu mata palsu dan membersihkan maskara dapat terjadi dan gesekan yang menyebabkan bulu mata tertarik dan rontok.

Mengompres dengan Teh Hijau

Kandungan kafein dan antioksidan flavonoid dalam teh hijau dapat mempercepat pertumbuhan bulu mata dan menstimulasi pertumbuhan bulu mata baru, sehingga bulu mata dapat menjadi lebih tebal. Untuk mengompres bulu mata dengan teh hijau dapat dilakukan dengan kantong teh hijau sisa seduhan yang sudah didinginkan kemudian ditempelkan di atas kelopak mata.

Mengoleskan Lidah Buaya

Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada lidah buaya dipercaya dapat menebalkan dan mempercepat pertumbuhan rambut, termasuk bulu mata. Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung ke bulu mata.

Memperbanyak Asupan Vitamin E

Vitamin E terbukti memiliki peran yang penting pada kesehatan kulit dan rambut, termasuk bulu mata. Vitamin E membantu memperbaiki folikel rambut yang rusak, sehingga bulu mata menjadi lebih sehat. Vitamin yang memiliki sifat larut air ini bekerja dengan menguatkan akar rambut, sehingga bulu mata tidak mudah rontok.

Vitamin E sebagai antioksidan juga membantu meningkatkan sirkulasi darah keseluruh tubuh termasuk mata. Dengan begitu nutrisi dapat sampai dan terserap ke akar bulu mata secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.