Sukses

10 Wisata Pandaan Pasuruan, Murah Meriah dan Menarik Dikunjungi

Meskipun hanya sebuah kecamatan yang wilayahnya tidak begitu luas wisata Pandaan terbilang beragam dan banyak.

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pandaan merupakan pilihan menarik ketika mengunjungi Pasuruan, Jawa Timur. Selain karena lokasinya yang strategis, wisata Pandaan juga menjadi alasan yang tepat untuk mengunjungi kota tertua di Jawa Timur ini. Lokasi Pandaan dikatakan strategis karena berada di jalur penghubung antara Surabaya yang merupakan ibu kota Jawa Timur dan Malang yang merupakan kota pelajar dan wisata.

Pandaan merupakan salah satu kecamatan yang terletak di kabupaten Pasuruan. Meskipun hanya sebuah kecamatan yang wilayahnya tidak begitu luas wisata Pandaan terbilang beragam dan banyak. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan berbagai tempat yang menawarkan fasilitas kolam renang.

Wisata Pandaan bisa jadi destinasi menarik berlibur. Berikut beberapa tempat Wisata Pandaan yang sudah dirangkum oleh Liputan6.com, Selasa (10/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Murah di Pandaan

1. Masjid Cheng Ho Pandaan

Masjid yang terletak di Jalan Raya Kasri  Nomor 18 Petung Asri, Pandaan ini dibangun atas inisiasi komunitas Muslim Tionghoa yang sudah lama berada di Indonesia. Pemilihan nama Cheng Ho adalah sebagai bentuk penghormatan pada Laksamana Cheng Ho yang turut andil dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

Jika dilihat sekilas, Masjid dengan bangunan seluas 550 meter persegi ini tidak tampak seperti masjid pada umumnya. Bangunan utama Masjid Cheng Ho berbentuk seperti pagoda yang menjadi ciri khas bangunan negri bambu kuning. Arsitekturnya juga kental dengan gaya tionghoa. Apabila dilihat lebih detail sebenarnya desain bangunan Masjid Cheng Ho memadukan budaya Tionghoa, Jawa, dan Islam.

Meskipun memiliki keunikan yang membuat Masjid Cheng Ho memiliki potensi wisata, masjid  ini berfungsi sebagaimana tempat ibadah pada umumnya. Untuk memasuki Masjid Cheng Ho tidak dikenakan tiket masuk sepeserpun.

2. Taman Dayu Waterpark

Salah satu wisata Pandaan yang banyak dijumpai adalah kolam renang, salah satunya adalah Taman Dayu Waterpark. Berlokasi di area perkampungan, Taman Dayu Waterpark dikelilingi oleh pemandangan alam yang asri. Untuk masuk keTaman Dayu Waterpark anda akan dikenai biaya sebesar Rp50.000-Rp60.000.

Taman dayu Waterpark dilengkapi dengan beberapa fasilitas dan wahana air seru. Wahana yang ada di Taman Dayu Waterpark seperti Tube Error, Plunge, dan Giant Twister. Salah satu papan luncur yang ada di Taman Dayu Waterpark dibuat menyatu dengan kondisi tempatnya yang berada di bukit menambah keseruan wahana.

3. Kolam Renang Sebani 1

Kolam renang lain yang menjadi tempat Wisata Pasuruan adalah Kolam Renang Sebani 1. Untuk masuk ke Kolam Renang Sebani 1 anda akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp15.000. Harga tiketnya yang murah menjadikan Kolam Renang Sebani 1 menjadi pilihan tempat wisata saat liburan sekolah.

Di Kolam Renang Sebani 1 terdapat beberapa jenis kolam, diantaranya kolam anak, kolam renang berbusa, serta kolam renang ombak buatan yang memiliki ketinggian air bervariasi.

4. Telogo Kolam Renang Telogo Sewu

Kolam renang selanjutnya adalah Kolam Renang Telogo Sewu. keunikan yang membedakan Kolam Renang Telogo Sewu dengan kolam renang lain adalah air Kolam Renang Telogo Sewu berasal dari sumber mata air alami. Hal ini menyebabkan air kolam ini tidak perlu ditambah kaporit untuk menjaga airnya tetap bersih. Harga tiket masuk ke Kolam Renang Telogo Sewu adalah Rp15.000.

Kolam Renang Telogo Sewu juga dilengkapi berbagai macam jenis kolam. Diantaranya, kolam anak, kolam dewasa, serta wahana bernama kolam paus. Kolam Renang Telogo Sewu juga memiliki fasilitas outbond yang memungkinkan untuk melakukan aktivitas selain berenang seperti menunggang kuda, bermain sepedah air, terapi ikan, dan menaiki kereta kelinci.

5. Kolam Renang Makoya

Bagi wisatawan yang ingin berenang sembari berwisata kuliner, Kolam Renang Makoya merupakan pilihan yang tepat. Kolam Renang Makoya sebetulnya merupakan fasilitas yang dimiliki oleh oleh restoran bernama Makoya Dapur Bakar. Sama seperti restoran yang mengelolanya, Kolam Renang Makoya mengusung konsep ala Bali. untuk masuk ke Kolam Renang Makoya, anda perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000.

 

3 dari 4 halaman

Wisata Pandaan

6. Kingkong Splash Waterpark

Kingkong Splash Waterpark mengusung tema taman bermain air untuk keluarga. Jenis kolam renang di Kingkong Splash Waterpark terbilang cukup lengkap, mulai dari kolam anak hingga kolam dewasa. Selain itu Kingkong Splash Waterpark dilengkapi fasilitas outbond yang bisa anda coba. Untuk masuk ke Kingkong Splash Waterpark biaya tiket yang dikenakan adalah Rp10.000.

7. Taman Bunga Adn Firdaus Sumbergedang

Taman Bunga Adn Firdaus Sumbergedang merupakan kebun bunga dengan berbagai koleksi bunga. Jenis bunga yang ada di Taman Bunga Adn Firdaus Sumbergedang, diantaranya bunga lavender, bunga celosia, bunga matahari, dan masih banyak lagi.

Dari Taman Bunga Adn Firdaus Sumbergedang anda bisa melihat pemandangan tiga gunung, yaitu Gunung Arjuno, Gunung Welirang, dan Gunung Penanggungan. Pengelola Taman Bunga Adn Firdaus menambahkan kolam air dan dekorasi payung warna-warni untuk menambah estetika tempat wisata Pandaan satu ini. Tiket masuk Taman Bunga Adn Firdaus dapat diperoleh dengan harga Rp5.000.

8. Desa Wisata Panci Karangjati

Jika desa lain menawarkan wisata alam, budaya, maupun kuliner, lain halnya dengan Desa Karangjati yang menawarkan wisata panci. Jika di desa wisata lain wisatawan berburu foto estetik untuk diunggah di media sosial, di desa Karangjati perawisawan berburu panci dengan harga yang miring jika dibandingkan dengan tempat lain.

Tempat Wisata Pasuruan satu ini menawarkan toko-toko berjajar yang menjual aneka jenis panci. Tidak hanya panci saat ini toko-toko ini juga menjual peralatan rumah tangga lain seperti toples, piring, mangkok, maupun kompor.

4 dari 4 halaman

Wisata Pandaan

9. Coban Genengan

Coban dalam bahasa setempat artinya air terjun. Coban Genengan atau dikenal juga dengan nama Coban Binangun merupakan wisata alam yang menawarkan pemandangan alam pegunungan dan air terjun yang indah. Coban Genengan memiliki ketinggian sekitar 12 meter yang jatuh membentuk kubangan kolam dibawahnya. 

Anda bisa menikmati kesegaran air Coban Genengan dengan mandi dibawah air terjun tersebut.  Ada dua rute untuk menuju Coban Genengan, rute pertama melewati area persawahan milik penduduk dan rute kedua melintasi tebing-tebing curam yang dapat memacu adrenalin.

10. Taman Candra Wilwatikta 

Taman Candra Wilwatikta diyakini sebagai tempat petilasan kerajaan Majapahit. Tempat petilasan ini kemudian dijadikan sebagai taman budaya yang dibangun pada 1963 untuk mengembangkan budaya dan kepariwisataan serta menjadi sarana kegiatan budaya dan pariwisata.

Berada di lahan seluas 12,3 hektar, Taman Candra Wilwatikta dilengkapi dengan fasilitas panggung terbuka yang sering menjadi tempat pertunjukan seni, seperti tari dan drama. Area panggung terbuka ini memiliki pemandangan Gunung Penanggungan sebagai latar belakangnya dan sanggup menampung hingga 15.000 penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.