Sukses

20 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan, Dapat Diminum dan Berkumur

Air garam telah banyak dikenal masyarakat sebagai salah satu larutan yang memiliki banyak manfaat.

Liputan6.com, Jakarta Garam sudah digunakan sejak lama sebagai bahan penyedap makanan atau dalam pengawetannya. Garam juga digunakan dalam kepentingan, seperti pewarnaan, penyemakan, pemutihan, produksi tembikar, sabun dan klorin menurut Medical News Today.

Bahkan saat ini, tidak sedikit yang menggunakan garam dalam industri kimia. Meskipun garam memiliki banyak manfaat, dalam konsumsi yang berlebih sering dikaitkan dengan masalah kesehatan, seperti osteoporosis, penyakit ginjal dan hipertensi yang nantinya juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular serta stroke. Oleh karena itu, penting untuk tetap memperhatikan konsumsi atau penggunaan garam.

Di sisi lain, manfaat air garam secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Banyak di antara mereka yang pasti sudah sadar bahwa manfaat air garam terkait dengan kesehatan tubuh. Akan tetapi, seperti yang dijelaskan sebelumnya, bukan berarti Anda dapat menggunakan atau mengonsumsi air garam sesuka Anda tanpa ada takaran tertentu.

Dilansir dari drhealthbenefits.com, dengan mengonsumsi air hangat selama seminggu dapat membuat badan terasa segar dan hal ini dapat menjadi bagian dari kebiasaan yang baik. Berikut Liputan6.com rangkum dari drhealthbenefits.com dan berbagai sumber lainnya tentang manfaat air garam, Rabu (28/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan

Penelitian menyebutkan bahwa waktu terbaik untuk mengkonsumsi air hangat adalah ketika malam hari. Dilansir dari New Health Advisor, Anda dapat membuat larutan air garam dengan menggunakan 100 persen garam alami sebanyak dua sendok teh dan dicampurkan dengan satu liter air hangat.

Anda dapat mengonsumsi air garam hangat selama seminggu, lalu berhenti sejenak sebelum mengulanginya. Akan lebih baik lagi jika Anda berbicara dengan dokter untuk menghindari kemungkinan yang merugikan. Sedangkan manfaat meminum air garam hangat adalah sebagai berikut:

1. Menghindari Dehidrasi

Meminum air garam hangat membantu memasok kadar air ke dalam tubuh dan berfungsi untuk menghindari kondisi dehidrasi. Hal ini terkait dengan kondisi tubuh manusia yang sebagian besar terdiri dari air. Oleh karena itu, memastikan Anda meminum banyak air akan menghindarkan tubuh dari kelelahan dan dehidrasi.

2. Suplai Nutrisi

Air garam hangat yang mengandung vitamin dan mineral akan membantu memasok nutrisi ke tubuh. Air garam juga disebutkan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Keseimbangan Elektrolit

Meskipun tubuh perlu asupan air yang cukup, tetapi terlalu banyak air dalam tubuh dapat menyebabkan metabolisme lambat dan kesehatan seluler, yang bergantung pada konsentrasi mineral dan elektrolit tertentu dapat dipengaruhi secara negatif karena asupan air yang berlebih. Oleh karena itu, dengan menambahkan garam laut alami dalam air minum dapat membantu tubuh menyerap dan menggunakan air dengan lebih baik.

4. Sumber Ion

Selain vitamin dan mineral, garam juga terdiri dari ion dalam jumlah yang cukup besar. Ion ini yang akan membantu Anda agar tidak kelelahan. Dengan mengkonsumsi air garam hangat selama seminggu akan membantu menjaga stamina dan meminimalisir masalah lebih lanjut. Hal ini sama seperti mengkonsumsi air dingin di pagi hari saat perut kosong untuk memasok ion yang menjaga selama beraktivitas.

5. Menjadikan Pencernaan yang Lebih Baik

Meminum air garam hangat selama seminggu dikaitkan dengan manfaat air garam untuk meningkatkan gerakan pencernaan. Air garam ini dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan dapat membantu Anda menghindari sembelit.

6. Mengurangi Stress

Setelah seharian Anda bekerja keras dalam pekerjaan Anda, maka konsumsi air garam hangat akan membantu Anda dalam mengurangi stress. Anda dapat mengkonsumsi air garam hangat sebelum tidur untuk membuat tubuh Anda lebih nyaman dan segar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan

7. Memberikan Ketenangan

Manfaat air garam selanjutnya berkaitan dengan kemampuan air garam hangat yang dikonsumsi dapat membuat pikiran lebih tenang dan positif. Anda dapat mengelola stress Anda selama hari-hari atau minggu sibuk Anda dengan mengonsumsi air garam hangat.

8. Meningkatkan Waktu Tidur

Mengonsumsi air garam hangat sebelum tidur setelah lelah seharian beraktivitas akan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran yang positif. Jika sudah demikian, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas tidur Anda. Sangat mungkin bagi Anda kemudian mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

9. Mencegah Arthritis

Manfaat air garam hangat juga dapat diketahui untuk meminimalisir kemungkinan Anda terkena radang sendi. Air garam hangat dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi bengkak. Cara kerjanya sama seperti manfaat cryotherapy untuk arthritis.

10. Anti Peradangan

Garam mengandung mineral yang dapat bekerja sebagai anti peradangan.

11. Detoksifikasi

Manfaat air garam lebih lanjut dapat membantu dalam pengelolaan detoksifikasi alami tubuh. Ini berarti air garam dapat membantu tubuh membuang racun . Anda dapat mencoba membuktikan ini.

12. Tulang  Sehat

Mineral yang ada pada garam ternyata juga dapat membantu tulang Anda menjadi lebih sehat dan kuat. Maksudnya adalah air garam dapat membantu dalam menambah massa tulang dan membuat tulang menjadi lebih kuat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan

Dilansir dari Healthline, menurut Oral Cancer Foundation, obat kumur dengan kandungan alkohol yang tinggi dapat mengiritasi mulut. Memilih air garam atau air asin untuk berkumur dapat menjadi pilihan yang aman yang juga dapat membunuh kuman dan menjaga kebersihan mulut dan beberapa manfaat lainnya, seperti:

1. Menghentikan Pertumbuhan Bakteri

Dr. Marc Lazare, DDS kepada Healthline mengatakan bahwa berkumur dengan air garam dapat mengurangi lingkungan asam yang dapat mungkin menjadi tempat bakteri berkembang.  Lebih lanjut lagi, manfaat air garam untuk berkumur atau membilas dapat mengurangi plak gigi dan jumlah mikroba mulut ketika digunakan berbarengan dengan kontrol plak. Setelah cabut gigi, Anda dapat melakuaknnya beberapa hari sekali setelah makan.

2. Membantu Proses Penyembuhan Pasca Tindakan Gigi

Lazare juga menyebutkan membilas atau berkumur dengan air garam dalam proses penyembuhan setelah prosedur gigi, seperti pencabutan gigi.  Air garam tidak akan mengiritasi jaringan lunak di mulut dan tidak akan membakar yang menyebabkan sakit mulut. Menggunakan air garam untuk berkumur juga dapat mencegah soket kering (alveolar osteitis) yang menyakitkan yang mungkin terjadi pasca ekstraksi.

3. Kesehatan Pernapasan

Berkumur dengan air garam dapat melindungi tubuh dari flu biasa. Berkumur dengan air garam ini dapat mengurangi infeksi saluran pernapasan bagian atas rata-rata dua setengah hari.

4. Bermanfaat Bagi Penderita Penyakit Periodontal

Dr. Neil Gajjar, BSc, DDS, MAGD, FADI, FPFA, FICD, FACD, Cert. IV Sedation mengatakan kepada Healthline jika berkumur dengan salt water dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki penyakit ini dengan memasukkan satu sendok the garam ke dalam segelas air hangat menggunakannya untuk berkumur atau membilas.

5. Meredakan Sakit Gigi

Air garam akan membantu menenangkan rasa sakit sementara sampai nantinya Anda mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut saat sakit gigi.

6. Infeksi Gusi

Air garam dapat membantu mengatasi infeksi gusi dengan menheluarkan kelebihan cairan di jaringan yang terkena infeksi melalui berkumur. Akan tetapi, tetap diperlukan perawatan lebih lanjut nantinya.

7. Sariawan

Meskipun akan sedikit menyakitkan, tetapi berkumur dengan air garam baik untuk digunakan. Anda dapat melakukannya dengan mencampur satu sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk berkumur.

8. Alergi

Manfaat air garam ini memang tidak akan menyembuhkan alergi, tetapi bisa meringankan gejalanya.  Jika tenggorokan Anda bengkak, Anda dapat berkumur dengan air garam.

Nah, demikian manfaat air garam, baik ketika diminum atau pun untuk berkumur. Dalam kepentingan berkumur, penggunaan garam atau air garam yang berlebihan untuk membilas atau berkumur juga akan mengiritasi gusi yang menyebabkan pendarahan lebih lanjut. Anda tidak dianjurkan untuk berkumur air garam beberapa kali dalam sehari. Anda dapat merasakan manfaat air garam dengan dengan mencampur garam dengan air hangat dan tidak berlebihan. Akan lebih aman jika menggunakan garam alami seperti penggunaannya untuk diminum.

 

Reporter Magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini