Sukses

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel dengan 6 Langkah Mudah

cara membuat gantungan kunci dari kain flanel, cukup dengan menyiapkan beberapa alat sederhana dan mengikuli langkah-langkah berikut ini

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat gantungan kunci dari kain flanel terbilang sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kain flanel merupakan salah satu bahan yang kerap kali digunakan sebagai bahan dasar kerajinan tangan, salah satu bentuk kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan kain flanel adalah gantungan kunci.

Gantungan kunci bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang ingin memberi kado pada orang tersayang. Apalagi jika gantungan kunci yang diberikan adalah hasil buatan tangan sendiri, yang tentu akan menambah nilai dari hadiah yang diberikan. Untuk itu penting mengetahui cara membuat gantungan kunci dari kain flanel.

Selain mudah dibentuk, kain flanel juga terbilang sangat terjangkau dan memiliki banyak pilihan warna. Gantungan kunci dari kain flanel pun bisa dikreasikan bentuk dan warnanya sesuai dengan keinginan. Sayangnya masih banyak orang yang bingung bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kain flanel.

Untuk pedoman bagi anda yang ingin membuat gantungan kunci dari kain flanel, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara membuat gantungan kunci dari kain flanel, Selasa (13/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alat dan Bahan

Gantungan kunci merupakan salah satu benda yang berguna untuk memberi tanda pada kunci, agar tidak mudah tertukar ataupun hilang. Untuk membuat gantungan kunci dari kain flanel sangat mudah, anda cukup menyiapkan beberapa alat sederhana dan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk cara membuat gantungan kunci dari kain flanel:

- Kain flanel.

- Dakron.

- Manik-manik (jika perlu).

- Kain lain

- Rantai kecil atau gantungan kunci polos.

- Pensil.

- Gunting atau pemotong.

-Memori lem atau lem tembak.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Mudah

Setelah alat dan bahan yang perlu anda kumpulkan, cara membuat gantungan kunci dari kain flanel selanjutnya adalah:

1.Buat Bentuk Sketsa Gantung yang Diinginkan.

Dengan bantuan pensil, gambar sketsa yang anda inginkan pada kain flanel yang ada. Ingat, gambar dengan tipis dan beri jarak bayangan sketsa selebar 1-2 cm sebagai tempat menjahit nanti. Setelah sketsa jadi, gunting gunting flanel. Kemudian buat sketsa dengan bentuk desain yang sama ke sisi lain dari kain flanel. Sekarang anda akan memiliki dua bentuk flanel yang cocok dengan sketsa awal anda.

2. Gabungkan Dua Lembar Flanel dari Sketsa dan Jahit.

Saat ini anda memiliki dua lembar kain flanel yang sesuai dengan sketsa impian anda. Gabungkan mereka dan mulailah menjahit beberapa sisi. anda bisa menjahitnya di bagian bawah dan samping. Selain itu, sisi atas membiarkannya terbuka. Jangan takut dulu membayangkan sulitnya menjahit kain flanel. anda hanya perlu teknik menjahit ember yang super sederhana dan sangat mudah untuk dicoba!

3. Isi dengan Dacron.

Agar gantungan kunci anda terlihat berisi dan rapi, isilah lembaran kain flanel yang telah dibentuk dengan dakron yang telah anda siapkan. Inilah mengapa langkah-langkah di atas anda membiarkan flap flanel anda terbuka. Pastikan anda mengisi kain flanel dengan dakron dalam jumlah yang sesuai, tidak terlalu penuh, tetapi tidak terlalu kosong.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Gantungan Kunci Dari Kain Flanel Mudah

4. Jahit sisi yang tersisa.

Setelah anda memastikan paduan flanel telah terisi bentuk, sekarang saatnya untuk mulai menjahit lagi. Tentunya anda harus menjahit bagian yang terbuka agar dakron yang ada di dalamnya tidak keluar dan agar bentuk flanel anda terlihat seperti bantal mini.

5. Berikan Pernak-Pernik Lucu.

anda juga bisa memberikan pernak pernik lucu setelah mengisi kain flanel dengan darcon selesai. anda bahkan bisa memakai tambal sulam sebagai tambahan untuk membuat aksesori pada kain flanel. Ide dan kreativitas bisa anda tuangkan di sini saat mendekorasi dengan pernak pernik.

6. Jangan Lupa Meletakkan Rantai atau Gantungan.

Inilah sisi penting dari proses pembuatan gantungan kunci dari kain flanel. Setelah mendapatkan bentuk yang sesuai dan diberi hiasan yang sesuai, anda tentu tidak bisa melupakan bahwa nantinya benda ini akan dijadikan sebagai gantungan kunci.

Oleh karena itu, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memasang bantal kecil dari kain flanel dengan rantai atau gantungan yang telah disediakan. Tempatkan rantai dan gantungan di sisi atas alas flanel. Anda bisa menempelkannya dengan lem yang kuat bahkan lem tembak agar terlihat lebih rapi.

Demikian cara membuat gantungan kunci dari kain flanel yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun, anda cukup mengikuti langkah-langkah diatas untuk membuat gantungan kunci lucu dengan bahan dasar kain flanel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.