Sukses

8 Manfaat Sunscreen yang Penting untuk Kulit dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Manfaat sunscreen tidak hanya melindungi kulit anda dari sinar matahari. berikut manfaat lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sunscreen tidak hanya melindungi kulit anda dari sinar matahari. Terdapat banyak manfaat sunscreen lainnya yang bisa didapatkan kulit dengan penggunaan sunscreens secara teratur. Tidak hanya saat musim panas, bahkan saat musim hujan pun penting untuk menggunakan sunscreen.

Manfaat sunscreen mungkin tidak akan terlihat secara langsung setelah diaplikasikan ke kulit, namun hasilnya akan terlihat di masa depan. Mengaplikasinya sunscreen di kulit sejak dini, dapat menjadi investasi kulit anda dimasa depan.

Terdapat tiga sinar yang dapat mempengaruhi kulit, yaitu UVA yang dapat menyebabkan keriput, UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan UVC yang dapat menyebabkan peradangan dan iritasi. Manfaat Sunscreen yang utama adalah untuk melindungi dari sinar-sinar UV yang berbahaya diatas.

Manfaat sunscreen didapat dari kandungan bahan aktif oxybenzone, avobenzone, asam para-aminobenzoic, titanium dioksida, dan seng oksida. Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, manfaat sunscreen untuk kulit dan cara menggunakannya. Senin (12/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaar Sunscreen Yang Penting Untuk Kulit

1. Perisai Dari Sinar UV Berbahaya

Manfaat sunscreen yang pertama adalah melindungi kulit dari sinar UV berbahaya. Lapisan ozon yang terus menipis telah menempatkan kita pada risiko yang lebih tinggi untuk terkena sinar matahari yang berbahaya.

Meskipun anda membutuhkan sinar matahari untuk dosis harian Vitamin D anda, itu tidak berarti bahwa anda harus membahayakan kesehatan dengan berjemur di bawah sinar matahari. Tabir surya adalah produk penting yang melindungi anda dari sinar UV yang berbahaya.

2. Mencegah Penuaan Dini

Semua orang senang memiliki kulit yang tampak lebih muda, bercahaya, dan sehat. Ini adalah salah satu alasan paling meyakinkan untuk mulai menggunakan Sunscreen. Sunscreen melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan yang berkembang, seperti kerutan dan garis-garis halus, bintik matahari, pigmentasi, kerusakan akibat sinar matahari, dan kulit kering.

Studi mengungkapkan bahwa orang di bawah usia 55 tahun yang menggunakan tabir surya memiliki peluang 24 persen lebih rendah untuk mengembangkan tanda-tanda penuaan dini daripada yang tidak menggunakan tabir surya dan sesekali menggunakan tabir surya.

3. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Sementara orang mulai menggunakan tabir surya terutama untuk alasan kecantikan, manfaat sunscreen juga berperan dalam bidang kesehatan yaitu mencegah resiko kanker kulit. Kenakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari risiko berbagai jenis kanker kulit. Kanker kulit merupakan salah satu kanker yang dapat mengancam jiwa wanita seiring bertambahnya usia.

4. Mencegah Sunburns

Sunburns dapat menipiskan kulit, membuatnya lebih transparan, dan memar menjadi lebih terlihat. Kulit mungkin mengalami serangan berulang dari pengelupasan, pembengkakan, kemerahan dan gatal-gatal. Ini terjadi karena sinar UVB, yang membuat kulit terbakar.

Lepuh dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kejadian berulang dari sengatan matahari sebenarnya dapat menempatkan anda pada risiko yang lebih tinggi dari melanoma yang mematikan, Jadi, gunakan sunscreen untuk tetap aman.

3 dari 4 halaman

Manfaar Sunscreen Yang Penting Untuk Kulit

5. Membuat Warna Kulit Lebih Merata

Kerusakan akibat sinar UV dapat menyebabkan perubahan warna kulit atau hiperpigmentasi. Area tertentu mungkin tampak lebih gelap atau terus-menerus terlihat merah atau teriritasi. Salah satu manfaat utama tabir surya adalah untuk mempertahankan warna kulit yang lebih merata.

Menggunakan sunscreen secara teratur selain tetap terhidrasi adalah dua cara utama untuk memberikan perawatan yang dibutuhkan kulit agar tampak segar dan tampak sehat. Bahan-bahan tambahan tertentu juga berperan dalam penampilan kulit seperti Vitamin C, minyak rosehip dan minyak jojoba.

6. Membatasi Munculnya Bintik Hitam

Terkena sinar UV matahari juga dapat menyebabkan bintik hitam yang merupakan penyebab anda terlihat lebih tua. Bintik hitam disebabkan oleh hiperpigmentasi kulit dan biasanya merupakan area datar dari kulit yang berubah warna yang dapat menjadi berbagai warna coklat dan hitam.

Bintik hitam dapat muncul di area tubuh seperti Wajah, bahu, Lengan, punggung dan tangan. Oleskan sunscreen untuk mencegah timbulnya noda yang mengganggu dan semburan urat merah. Ini juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan akibat sinar matahari lainnya.

7. Mengurangi Eksaserbasi Fotodermatosis

Manfaat sunscreen yang selanjutnya adalah mengurangi Eksaserbasi Fotodermatosis, Fotodermatosis adalah erupsi kulit yang disebabkan oleh sinar UV. Ini termasuk letusan ringan Polymorphous (PMLE), Actinic Prurigo dan Xeroderma Pigmentosum yaitu kondisi yang dapat menyebabkan ruam yang sangat gatal.

Sengatan matahari yang ekstrim setelah paparan sinar matahari singkat dapat menyebabkan bintik-bintik, kulit kering, dan pigmentasi kulit yang tidak biasa. Kondisi lain juga dapat diperparah akibat sinar UV seperti Lupus dan Rosacea. Sehingga penting untuk mengaplikasikan sunscreen setiap saat untuk menghindarinya.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kulit secara keseluruhan lebih sehat ketika anda menggunakan sunscreen. Protein esensial di kulit seperti keratin dilindungi ketika tabir surya diterapkan. Protein ini terutama bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat baik dalam penampilan maupun fungsinya.

Protein lainnya seperti kolagen dan elastin juga dilindungi oleh sunscreen. Protein ini diperlukan untuk menjaga kulit tetap halus dan sehat. Pastikan sunscreen memiliki titanium dioksida di dalamnya untuk membantu memantulkan sinar UV dari kulit dan melindungi aktivitas protein ini di kulit.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Sunscreen

Bagaimana cara menggunakan tabir surya yang benar?  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pada manfaat sunscreen berikut adalah beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan sunscreen.

1. Selalu baca daftar kandungan sunscreen dan pastikan tabir surya anda mengandung bahan-bahan seperti Titanium dioksida, Oktil metoksi sinamat (OMC), Avobenzone (juga parsol) dan Seng oksida.

2. Pilih lotion atau gel tabir surya spektrum luas yang non-komedogenik dan hipoalergenik. Tabir surya semacam itu akan melindungi kulit dari sinar ultraviolet, baik A dan B, sekaligus melindungi dari ruam, pori-pori tersumbat, jerawat, dan kulit terbakar.

3. Pilih tabir surya yang tahan air dan dilengkapi dengan SPF minimal 30.

4. Selalu oleskan tabir surya setengah jam sebelum anda bersentuhan dengan matahari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.