Sukses

3 Cara Membuat Mind Mapping yang Menarik, Simak Penjelasannya

Cara membuat mind mapping bisa online dan offline.

Liputan6.com, Jakarta - Memahami cara membuat mind mapping yang menarik ini mudah sekali dilakukan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan mind mapping adalah teknik yang baik dalam pembelajaran. Mind mapping membuat individu mampu membangun pengetahuannya sendiri melalui visualisasi.

Bagaimana cara membuat mind mapping yang menarik? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada tiga cara membuat mind mapping yang perlu diketahui. Cara membuat mind mapping yang menarik ini bisa dilakukan online dan offline. Cara membuat mind mapping online, bisa memanfaatkan Canva, cocok untuk pemula.

Kemudian cara membuat mind mapping offline, bisa menggunakan Microsoft Word dan manual dengan memanfaatkan bolpoin dan spidol warna. Mind mapping adalah media yang memudahkan dalam pengonsepan sesuatu dan menaruh perhatian penuh pada sebuah pokok bahasan. Simak penjelasan lengkap tentang cara membuat mind mapping yang akan diulas kali ini.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tiga cara membuat mind mapping yang menarik dan mudah dilakukan, Rabu (7/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Mind Mapping Manual yang Menarik

1. Cara membuat mind mapping manual yang menarik adalah mulailah dengan menyipakan alat tulis. Berupa bolpoin, spidol, hingga pensil warna untuk menulis.

2. Kemudian cara membuat mind mapping manual yang menarik adalah siapkan kertas polos untuk medianya. Guna memudahkan prosesnya, siapkan juga penggaris.

3. Cara membuat mind mapping manual yang menarik, tentukan topik utama atau judul. Kemudian, lanjutkan cara membuat mind mapping manual dengan menuliskan sub topik atau sub judul.

4. Pada cara membuat mind mapping manual yang menarik bagian penulisan sub topik, gunakan kata yang singkat padat dan jelas, jangan terlalu panjang. Usahakan pula kata yang mewakili ini unik, sehingga mudah diingat.

5. Cara membuat mind mapping manual yang menarik selanjutnya, buat lagi turunan dari sub topik agar memahami mind mapping lebih mudah dilakukan.

6. Sentuhan akhir dari cara membuat mind mapping manual yang menarik adalah memberikan warna atau gambar unik untuk menjadikannya menyenangkan dibaca.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Mind Mapping di Microsoft Word yang Menarik

1. Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, mulai buka blank document di Microsoft Word. Agar lebih mudah menggambarkan mind mapping, ganti orientasi kertas menjadi landscape dengan pilih Layout > Orientation > Landscape.

2. Tempatkan konsep utama atau topik utama di bagian paling tengah, cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik manfaatkan tools seperti Shapes untuk membuat visualisasinya. Tools yang bisa digunakan terletak pada grup Illustrations di tab Insert.

3. Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, mulai pilih Insert > Illustrations > SmartArt. Beberapa bentuk SmartArt bisa dijadikan mind mapping yang bagus. Selain memanfaatkan Smart Art, cobalah manual dengan memadukan garis, panah, dan bentuk di sana.

4. Cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, rentangkan dan hubungkan shape konsep utama dengan garis dan panah dengan konsep lainnya.

5. Garis digunakan untuk menghubungkan konsep utama ke konsep-konsep lainnya. Text Book digunakan untuk menyisipkan keterangan berupa tulisan. Shape digunakan untuk membuat bentuk seperti lingkaran, oval, persegi, dan lainnya.

6. Kemudian cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, bisa menyisipkan gambar melalui Insert > Pictures. Lalu cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, dapatkan pula gambar secara online melalui Insert > Online Pictures.

7. Mulai modifikasi shape yang telah dibuat seperti mengubah warna, transparansi, garis, atau tampilan sudur. Klik kanan pada bentuk yang dipilih dan pilih Format Shape.

8. Selesaikan cara membuat mind mapping di Microsoft Word yang menarik, dengan menyisipkan diagram untuk mengilustrasikan konsep. Cukup buka Insert > Chart > pilih jenis diagram yang ingin dibuat.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Mind Mapping di Canva yang Menarik

1. Cara membuat mind mapping di Canva yang menarik, mulai buka dokumen, masuk ke akun Canva atau daftar gratis menggunakan profil Facebook atau Google.

2. Pilih templat untuk mulailah kreasi dengan templat peta pikiran yang dirancang secara profesional. Cara membuat mind mapping di Canva yang menarik, filter untuk warna, bahasa, tema, atau gaya untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat.

3. Tambahkan lebih banyak fitur dan elemen. Cara membuat mind mapping di Canva yang menarik bagian ini, bentuk, garis, kotak teks, ikon, dan grafik lainnya untuk memetakan pemikiran.

4. Kemudian cara membuat mind mapping di Canva yang menarik, gunakan palet warna Canva untuk memberi kode warna pada desain dan menjaga semuanya tetap hidup.

5. Jika ingin memberikan presentasi, cara membuat mind mapping di Canva yang menarik dapat menggunakan alat Animate untuk memilih bagaimana setiap fitur menampilkan dirinya sendiri.

6. Sesuaikan desain, cara membuat mind mapping di Canva yang menarik atur ulang tata letak atau dapatkan inspirasi dari template yang berbeda untuk menyesuaikan yang telah dipilih, menambahkan kombinasi bentuk yang berbeda atau menggunakan skema warna yang berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.