Sukses

8 Perbedaan Facebook dan Facebook Lite, Tidak Hanya Ukuran

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite bisa dilihat dari fiturnya.

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan Facebook dan Facebook Lite mungkin masih belum dipahami oleh sebagian orang. Kedua aplikasi ini memang memiliki nama yang sama, yaitu sama-sama Facebook, namun keduanya memiliki perbedaan tertentu.

Walaupun kebanyakan fitur yang ditawarkan tetap sama saja, Facebook dan Facebook Lite memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu mungkin mengenal Facebook Lite sebagai aplikasi Facebook dalam versi mini.

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite bisa dilihat dari fiturnya. Selain itu, perbedaannya juga bisa dikenali dari ukuran, kemunculan foto dan video, hingga minimal spesifikasi dari perangkat yang kamu gunakan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022) tentang perbedaan Facebook dan Facebook Lite.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite

Ukuran File

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite yang pertama yaitu ukuran aplikasi. Facebook memiliki ukuran yang lebih besar daripada Facebook Lite. Hal ini berkaitan dengan penyimpanan atau memori yang digunakan pada ponsel kamu. Aplikasi Facebook tentunya memakan tempat atau penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan Facebook Lite. Aplikasi Facebook memiliki ukuran yang lebih dari 50MB. Perbandingannya begitu jauh dengan Facebook Lite yang ukurannya kurang dari 10MB.

Kemunculan Foto dan Video

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite berikutnya bisa dilihat dari kemunculan foto dan video. Aplikasi Facebook akan menampilkan foto dan video secara otomatis. Hal ini berbeda dengan Facebook Lite. Pada aplikasi Facebook Lite terdapat fitur yang bisa kamu gunakan untuk menampilkan foto dan video dengan kualitas yang lebih rendah dari ukuran aslinya. Secara visual, memang foto atau video yang ditampilkan akan memiliki kualitas yang rendah, namun berkat fitur ini, kamu dapat menghemat kuota yang kamu miliki.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite

Fitur

Fitur juga bisa kamu perhatikan dalam mengenali perbedaan Facebook dan Facebook Lite. Aplikasi Facebook memiliki fitur yang lebih lengkap daripada Facebook Lite. Hal ini tentunya tidak mengherankan, mengingat kedua aplikasi tersebut memiliki ukuran yang berbeda jauh. Jadi, ada beberapa fitur yang tidak dapat kamu gunakan di Facebook Lite, sedangkan ada di aplikasi Facebook.

Pengunaan Kuota Internet

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite juga bisa dilihat dari penggunaan kuota atau jaringan internetnya. Aplikasi Facebook membutuhkan koneksi jaringan yang kencang dan kuota internet yang dipakai pun lebih banyak. Hal ini untuk menunjang kelancaran dalam membuka aplikasi Facebook tersebut.

Hal ini berbeda dengan Facebook Lite. Pada aplikasi ini, kamu tidak memerlukan jaringan atau koneksi yang secepat pada Facebook. Bahkan, penggunaan kuota pada Facebook Lite juga jauh lebih sedikit daripada Facebook.

Support Perangkat

Aplikasi Facebook memerlukan spesifikasi khusus untuk bisa diinstal di sebuah perangkat ponsel. Jadi, bila kamu masih menggunakan ponsel jenis lama, aplikasi Facebook bisa saja tidak dapat dibuka. Facebook Lite lebih sederhana dan dapat digunakan di berbagai perangkat. Bahkan, bila kamu memiliki ponsel jenis lama, kemungkinan Facebook Lite bisa dibuka tetap besar.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite

Tampilan

Aplikasi Facebook memiliki tampilan yang lebih mewah daripada Facebook Lite. Facebook Lite memiliki tampilan yang lebih sederhana karena memang didesain untuk dapat berjalan di seluruh perangkat ponsel dengan berbagai spesifikasi. Tidak banyak animasi ataupun efek yang bisa kamu gunakan pada Facebook Lite jika dibandingkan dengan pada aplikasi Facebook.

Penggunaan Baterai

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite ini merupakan efek dari ukuran aplikasi yang berbeda antara keduanya. Semakin berat aplikasi yang dijalankan, maka baterai yang diperlukan akan semakin besar pula. Perbedaan penggunaan baterai antara Facebook dan Facebook Lite memiliki selisih yang cukup jauh. Pasalnya, ukuran kedua aplikasi ini pun juga berbeda jauh. Facebook Lite hanya akan menghabiskan sedikit daya dibandingkan Facebook.

Waktu Mengunggah Konten

Waktu mengunggah konten pada masihng-masing aplikasi juga bisa dilihat sebagai perbedaan Facebook dan Facebook Lite. Dalam mengunggah konten, aplikasi Facebook akan membutuhkan waktu lebih lama daripada Facebook Lite. Hal ini berkaitan dengan ukuran aplikasi Facebook yang juga lebih besar, sehingga kualitas unggahan juga lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.