Sukses

10 Taman Wisata Alam di Indonesia yang Memesona, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Taman wisata alam menjadi destinasi yang menarik untuk kamu kunjungi saat liburan. Hal ini tentunya karena alam yang ditawarkannya begitu memesona dan sayang dilewatkan. Kamu bisa menjadikan taman wisata alam sebagai referensi destinasi liburan.

Taman wisata adalah hutan wisata yang memiliki keindahan alam, baik keindahan nabati, hewani, maupun alam itu sendiri yang mempunyai corak khas untuk dimanfaatkan bagi kepentingran rekreasi dan kebudayaan. Taman wisata mungkin juga sering kali kamu kenal dengan nama taman nasional.

Taman wisata alam di Indonesia cukup banyak dari Sabang sampai Merauke. Hal ini tidak terlepas dari kondisi alam Indonesia yang memang sangat unik dan kaya. Kamu tentu sudah tidak asing dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022) tentang taman wisata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Taman Wisata Alam di Indonesia

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Bogor, Jawa Barat

Satu di antara beberapa taman wisata alam yang perlu kamu kunjungi yaitu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Bogor. Taman nasional ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat pendakian yang menarik bagi kamu yang hobi naik gunung.

Selain menyajikan pemandangan yang indah dan asri, kamu bisa menemukan berbagai macam fauna unik. Bahkan terdapat jenis flora ikonik yang menjadi identitas utama tempat ini, tidak lain adalah bunga Ederweis Jawa atau Anaphalis Javanica. Jika beruntung, kamu bisa menemukan bunga ini di area tertentu saat proses pendakian.

Taman Nasional Gunung Ciremai di Majalengka, Jawa Barat

Gunung Ciremai adalah gunung api yang secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut, gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Kini gunung Ciremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektare.

3 dari 6 halaman

Taman Wisata Alam di Indonesia

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung di Maros, Suawesi Selatan

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (disingkat TN Babul) adalah sebuah taman nasional yang memiliki luas lebih kurang 43.750 hektar.  Secara admnistratif, taman wisata alam ini terletak di tiga wilayah kabupaten yang saling berbatasan, yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, dan Kabupaten Bone di Sulawesi Selatan.

Taman nasional ini telah menjadi satu-satunya taman nasional berupa kawasan karst di Indonesia. TN Babul merupakan gabungan dari lima unit kawasan konservasi yang sebelumnya sudah ada pada era 1970-1980, yaitu Taman Wisata Alam Bantimurung, Taman Wisata Alam Gua Pattunuang, Cagar Alam Bantimurung, Cagar Alam Karaenta, dan Cagar Alam Bulusaraung.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Lumajang, Jawa Timur

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah kawasan pegunungan di Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha. Di taman wisata alam ini terdapat kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Batas kaldera lautan pasir itu berupa dinding terjal, yang ketinggiannya antara 200-700 meter.

4 dari 6 halaman

Taman Wisata Alam di Indonesia

Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Nasional Alas Purwo adalah sebuah taman wisata alam yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Letak taman wisata alam ini ada di ujung paling timur dari Pulau Jawa, dengan lahan seluas 43.320 ha. Ekosistem yang ada merupakan hutan hujan tropika. Ekosistemnya terbagi menjadi hutan bambu, hutan pantai, hutan bakau, hutan tanaman, hutan alam, dan padang rumput. Di dalam Taman Nasional Alas Purwo terdapat beberapa jenis hewan darat seperti banteng, kijang, rusa, lutung, kancil, macan tutul, anjing hutan dan kucing hutan. Beberapa jenis burung dapat ditemukan antara lain rangkong badak, kangkareng perut putih, merak, ayam hutan hijau dan ayam hutan merah. Di pesisir pantai dapat ditemukan empat jenis penyu yaitu penyu abu-abu, penyu belimbing, penyu hijau dan penyu sisik.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Bogor, Jawa Barat

Taman Nasional Gunung Halimun–Salak (TNGHS) adalah salah satu taman wisata alam yang terletak di Jawa bagian barat. Kawasan konservasi dengan luas 113.357 hektare ini menjadi penting karena melindungi hutan hujan dataran rendah yang terluas di daerah ini, dan sebagai wilayah tangkapan air bagi kabupaten-kabupaten di sekelilingnya. Dengan lingkup wilayah yang bergunung-gunung, dua puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Halimun (1.929 m) dan Gunung Salak (2.211 m). Kawasan TNGHS dan sekitarnya juga merupakan tempat tinggal beberapa kelompok masyarakat adat, antara lain masyarakat adat Kasepuhan Banten Kidul dan masyarakat Baduy.

5 dari 6 halaman

Taman Wisata Alam di Indonesia

Taman Nasional Baluran di Banyuwangi, Jawa Timur

Taman Nasional Baluran adalah salah satu taman wisata alam di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Indonesia. Taman Nasional Baluran berbatasan dengan Selat Madura di utara, Selat Bali di timur, Desa Wonorejo dan Sungai Bajulmati di selatan, dan Sungai Klokoran dan Desa Sumberanyar di barat. Wilayahnya dibagi menjadi zona inti seluas 12.000 Ha, zona rimba seluas 5.537 ha, zona pemanfaatan intensif seluas 800 Ha, zona pemanfaatan khusus seluas 5.780 Ha, dan zona rehabilitasi seluas 783 Ha.

Taman Nasional Gunung Merbabu di Jawa Tengah

Taman Nasional Gunung Merbabu merupakan taman wisata alam yang mencakup kawasan hutan di Gunung Merbabu. Secara administratif, taman nasional ini termasuk ke dalam wilayah 3 (tiga) kabupaten yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Semarang, provinsi Jawa Tengah. Kawasan ini dinilai penting sebagai sumber mata air bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Selain itu, kawasan hutan Merbabu juga merupakan habitat flora dan fauna yang dilindungi dan dilestarikan.

6 dari 6 halaman

Taman Wisata Alam di Indonesia

Taman Nasional Komodo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Taman Nasional Komodo terletak di daerah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman wisata alam ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Pada tahun 1980, taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka. Selain itu, setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu dan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini. Pada tahun 1991 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Taman Nasional Bali Barat di Bali

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian barat dari pulau Bali di Indonesia. Secara administratif lokasi kawasan Taman Nasional Bali Barat termasuk dalam Provinsi Bali, Kabupaten Jembaran dan Kabupaten Buleleng.

Taman wisata alam ini terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Di tengah-tengah taman ini didominasi oleh sisa-sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene, dengan gunung Patas sebagai titik tertinggi di tempat ini. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS