Sukses

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Sangat Penting bagi Bangsa Indonesia? Ini Penjelasannya

Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, yakni supaya suatu bangsa tidak mudah terpecah-belah.

Liputan6.com, Jakarta Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia? Pertanyaan tersebut pasti sering kali terlintas dalam benak Anda. Sebab, persatuan dan kesatuan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap negara.

Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, supaya suatu bangsa tidak mudah terpecah belah. Selain itu, alasan lainnya yakni supaya bangsa Indonesia terhindar dari konflik dan dapat hidup berdampingan.

Mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, hal ini karena tak lepas dari prinsip-prinsip negara. Selain itu, persatuan dan kesatuan sangat penting untuk mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsa.

Untuk lebih paham, berikut Liputan6.com ulas mengenai mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Sangat Penting bagi Bangsa Indonesia

Setiap warga negara bertugas untuk mempererat persatuan dan kesatuan Indonesia agar tercapai Indonesia yang damai, utuh, dan bersatu erat. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia berasal dari kesadaran diri dan sikap nasionalisme dari seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali.

Mengutip dari laman Kemdikbud, mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena tentu agar bangsa Indonesia terhindar dari konflik dan dapat hidup berdampingan. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah suatu bentuk negara yang luas dan memiliki beragam adat, suku, keyakinan, serta budaya yang memiliki tujuan dasar menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Dengan begitu, nilai-nilai persatuan dan kesatuan merupakan jiwa lahirnya NKRI karena hal tersebut terkait dengan keragaman bangsa Indonesia. Nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bangsa Indonesia secara jelas dapat dipahami dari dasar negara Pancasila dan konstitusi negara, UUD NKRI Tahun 1945.

Selain itu, mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, supaya bangsa Indonesia memiliki keteguhan untuk hidup bersama dan tidak akan terombang-ambing, serta dapat terhindar dari konflik dan perpecahan antar golongan masyarakat.

Jadi, sudah jelas mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia. Bahkan, hal ini sudah tercantum di dalam Pancasila yang merupakan dasar negara.

3 dari 4 halaman

Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Setelah mengetahui mengapa persatuan dan kesatuan sangat penting bagi bangsa Indonesia, anda juga perlu memahami manfaat persatuan dan kesatuan yakni:

1. Persatuan dan kesatuan dapat mengatasi semua perbedaan dengan penuh kesabaran dan kesadaran.

2. Persatuan antarwarga negara dapat membuat pembangunan nasional berjalan lancar, aman, baik, dan sesuai harapan.

3. Akan lebih mudah untuk mencapai tujuan nasional yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

4. Bangsa Indonesia akan lebih mudah maju dan berkembang dengan menerima perbedaan yang muncul.

5. Dengan adanya persatuan dan kesatuan, akan tercipta suasana yang aman, damai, dan tenteram dalam negara. Terutama karena adanya sikap toleransi, solidaritas, dan setia kawan di antara warganya.

6. Pelaksanaan gotong royong dalam lingkungan sekitar akan berjalan lancar tanpa adanya kendala.

7. Persatuan dan kesatuan dapat mewujudkan kehidupan yang seimbang, harmonis, serta serasi antarmanusia.

8. Saling menjaga kerukunan dan menjalin silaturahmi antarbangsa

9. Akan lebih mudah mengatasi berbagai gangguan baik yang muncul dari dalam maupun dari luar.

10. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) supaya tidak mudah terpecah belah oleh orang lain.

4 dari 4 halaman

Prinsip Persatuan dan Kesatuan di Indonesia

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa makna persatuan dan kesatuan merupakan prinsip-prinsip negara. Berikut prinsip-prinsip dalam makna persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia, yakni:

1. Bhinneka Tunggal Ika

Melalui prinsip Bhinneka Tunggal Ika, Bangsa Indonesia wajib menjauhkan diri dari sikap-sikap mementingkan kelompok sendiri, sukuisme, dan fanatisme yang berlebihan sehingga dapat terhindar dari perpecahan bangsa.

2. Nasionalisme

Melalui penerapan prinsip nasionalisme, seseorang akan rela berkorban, mendahulukan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi atau kelompok/golongan, serta menempatkan sikap persatuan dan kesatuan bangsa di atas kepentingan pribadi.

3. Wawasan Nusantara

Melalui wawasan nusantara, Bangsa Indonesia ditempatkan dalam kerangka satu kesatuan politik, sosial, budaya, serta pertahanan keamanan. Dengan begitu, Bangsa Indonesia akan merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa, dan setanah air, serta memiliki satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional.

4. Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Kebebasan yang bertanggung jawab berarti setiap orang diberikan kebebasan untuk bertindak dan bersikap sesuai dengan kemauannya, tentunya tanpa menyalahi Hak Asasi Manusia sehingga orang yang melakukan kebebasan tersebut harus bisa bertanggung jawab dan tidak sampai merugikan orang lain.

5. Semangat Persatuan untuk Mewujudkan Cita-cita Proklamasi

Di dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, terdapat wujud cita-cita proklamasi. Cita-cita tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI. Untuk mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh warga Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.