Sukses

Sunday Artinya Minggu, Ketahui Penggunaan dan Nama Hari Lain dalam Bahasa Inggris

Merujuk pada kamus bahasa Inggris, Sunday artinya Minggu.

Liputan6.com, Jakarta Sunday artinya adalah sering kali digunakan dalam penyebutan nama hari dalam bahasa Inggris. Kata Sunday tak asing di telinga kita, Sunday biasanya kita temui dalam kehidupan sehari-hari baik lisan dan tulisan.

Selain itu, kata Sunday artinya ini juga digunakan dalam kata pada teks buku, novel, dialog film, hingga media sosial. Karena terlalu sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, kata Sunday artinya ini seolah sudah melebur dalam bahasa sehari-hari.

Meskipun begitu, masih ada sebagian orang yang belum mengetahui Sunday artinya yang sesungguhnya. Diketahui bahwa Sunday artinya ini merupakan salah satu nama hari dalam kamus bahasa Inggris.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai Sunday artinya dan penggunaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti Sunday

Merujuk pada kamus bahasa Inggris, Sunday artinya Minggu. Pada hari Minggu ini banyak orang yang libur bekerja baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Sedangkan menurut Cambrigde Dictionary, Subday artinya the day of the week after Saturday and before Monday, when most people in Western countries do not go to work. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih berarti 'hari dalam seminggu setelah Sabtu dan sebelum Senin, ketika kebanyakan orang di negara-negara Barat tidak pergi bekerja'. Dengan begitu, Sunday artinya hari diantara Sabtu dan Senin yaitu hari Minggu.

3 dari 6 halaman

Frasa Kata Sunday

Pada dasarnya, kata Sunday tak hanya mengarah pada arti Minggu, namun juga dapat diartikan lain sesuai dengan objek yang dibicarakan. Dengan mengetahui frasa kata Sunday ini, anda menjadi lebih memahami kosakata bahasa Inggris. Berikut beberapa frasa kata Sunday artinya, yakni:

1. Passion Sunday: Minggu sengsara

2. Palm Sunday: Hari minggu sebelum paskah

3. Sunday best: Minggu terbaik

4. Every Sunday: Setiap hari minggu

5. A month of Sunday: Minggu sebulan

6. Last Sunday: Minggu terakhir

4 dari 6 halaman

Contoh Penggunaan Kata Sunday Artinya

Supaya lebih paham mengenai arti Sunday, alangkah baiknya jugab mengetahui contoh penggunaan katanya. Berikut ini contoh penggunaan kata Sunday dalam kalimat, yakni:

1. We're going to visit my aunt and uncle on Sunday.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia: Kami akan mengunjungi bibi dan paman saya pada hari Minggu.

2. The choir is giving a concert next Sunday.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia: Mereka pergi ke gereja pada hari Minggu.

3. I haven't done any exercise since last Sunday.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia: Saya belum melakukan latihan apapun sejak Minggu lalu.

4. New Year's Day this year is a Sunday.

Terjemahan dalam bahasa Indonesia: Hari Tahun Baru tahun ini adalah hari Minggu.

5 dari 6 halaman

Nama-Nama Hari Lain dalam Bahasa Inggris

Selain memahami arti Sunday dalam bahasa Inggris, anda juga perlu mengetahui semua nama-nama hari lainnya dalam bahasa Inggris. Berikut nama-nama hari lain dalam bahasa Inggris dan terjemahannya, antara lain:

1. Sunday

Sunday merupakan kata bahasa Inggris dari hari Minggu. Cara baca kata Sunday adalah Sandei. Kata Sunday biasanya disingkat menjadi Sun atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah matahari.

2. Monday

Monday dalam bahasa Indonesia artinya adalah hari Senin. Pelafalan kata Monday yakni Mandei. Kata Monday sendiri diambil dari istilah Latin dies lunae yang artinya "Moon's Day".

3. Tuesday

Bahasa Inggris dari hari Selasa adalah Tuesday. Kata Tuesday ini dibaca dengan Tusdei. Kata Tuesday sendiri diambil dari istilah "Tiw's Day", berasal dari nama Tyr, dewa dalam mitologi Nordik.

4. Wednesday

Nama hari selanjutnya adalah Wednesday, yakni yang berarti hari Rabu. Menurut kamus Oxford, kata Wednesday dilafalkan dengan Wensdei. Kata Wednesday sendiri diambil dari bahasa Inggris Kuno (Old English) Wednesdæg, yang artinya hari Odin.

5. Thursday

Nama hari lain dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah Thursday yang artinya hari Kamis. Thursday dilafalkan dengan Thursdei. Kata Thursday sendiri diambil dari "Thor's Day", dewa mitologi Nordik.

6. Friday

Hari Jumat dalam bahasa Inggris disebut dengan Friday yang dibaca Friidei. Kata Friday sendiri diambil dari dewa mitologi Nordik Frigg, menjadi "day of Frigg"

7. Saturday

Nama hari lain dalam bahasa Inggris selanjutnya adalah Saturday yang berarti Sabtu. Kata Saturday dibaca dengan Saturdei. Biasanya kata Saturday ini disingkat menjadi kata Sat.

6 dari 6 halaman

Nama-Nama Bulan dalam Bahasa Inggris

Setelah mengetahui nama-nama hari dalam bahasa Inggris, anda juga perlu memahami nama-nama bulan dalam bahasa Inggris dan terjemahannya adalah sebagai berikut:

- January: Januari

- February: Februari

- March: Maret

- April: April

- May: Mei

- June: Juni

- July: Juli

- August: Agustus

- September: September

- October: Oktober

- November: November

- December: Desember

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.