Sukses

20 Wisata Kuliner Cirebon yang Enak Serta Menggugah Selera, Bikin Ketagihan

Wisata kuliner Cirebon yang enak juga menggugah selera.

Liputan6.com, Jakarta Cirebon merupakan sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota Cirebon berada di pesisir utara Pulau Jawa, yang dikenal sebagai Jalur Pantura. Kota ini memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan tempat lainnya, salah satunya wisata kuliner. Wisata kuliner Cirebon juga sangat beragam, mulai dari olahan seafood, mie hingga tahu dan sayuran lainnya.  tentunya perlu kamu ketahui dan wajib dikunjungi.  

Seperti kota-kota lain di Indonesia pada umumnya, Cirebon tentu juga memiliki ciri khas baik itu segi sejarah, budaya hingga kulinernya. Wisata kuliner Cirebon menyajikan berbagai makanan khas kota tersebut, yang layak untuk kamu cicipi jika berkunjung ke sana. 

Terdapat beberapa destinasi wisata kuliner Cirebon yang tak boleh kamu lewatkan, seperti misalnya Mie Koclok, Nasi Jamblang, hingga Nasi Lengko. Berbagai tempat wisata kuliner ini menyajikan makanan-makanan khas yang tentunya tidak akan kamu temui di tempat lainnya.

Berikut ini wisata kuliner Cirebon yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Cirebon Bubur Sop Ayam hingga Docang Pak Kumis

1. Restoran Seafood Jumbo

Pecinta seafood atau olahan masakan laut ini wajib untuk dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin mencicipi kuliner Cirebon yang satu ini. Sesuai dengan namanya, restoran seafood jumbo menyajikan hidangan seafood seperti udang atau kepiting dengan ukuran jumbo. Akan tetapi seafood dalam ukuran normal juga tersedia. Kamu akan merasa sangat puas karena selain rasa masakan yang enak harga menu di rumah makan ini juga cukup terjangkau.

2. Bubur Sop Ayam

Bisa dikatakan bubur sop ayam adalah bubur ayam yang disajikan bersama kuah melimpah, dengan tekstur bubur yang tidak terlalu encer, serta lebih mirip nasi tim yang dimasak dengan banyak air. Selain kuah yang melimpah, bubur sop juga disajikan dengan taburan bawang goreng, kacang kedelai, daun bawang, seledri, ampela, kol, soun, dan irisan ayam yang melimpah pula. Tak ketinggalan pula tauco juga kerupuk kanji yang menambah tekstur renyah. 

3. Nasi Lengko Haji Barno

Nasi Lengko Haji Barno merupakan salah satu kuliner Cirebon yang cukup terkenal. Nasi lengko bisa menjadi pilihan untuk menu makan siang bagi kamu yang vegetarian. Seporsi nasi dilengkapi dengan tahu, tempe, tauge rebus, juga potongan mentimun segar, serta taburan daun kucai yang disiram dengan bumbu kacang akan mengenyangkan perut saat kelaparan. Nasi Lengko ini mungkin terlihat sederhana, namun saat kamu mencobanya, kamu akan merasa ketagihan.  

4. Bubur Sop Mangkapi

Bubur sop merupakan kuliner khas Cirebon yang cukup terkenal, sehingga sayang untuk dilewatkan. Satu porsi bubur dengan kuah kaldu yang nikmat dan melimpah. Bubur Sop Mang Kapi juga menjajakan bubur dengan porsi yang lumayan banyak., lengkap dengan isian suwiran ayam melimpah. Tak ketinggalan juga, ada taburan kacang, bawang goreng, hingga  irisan daun bawang.

5. Docang Pak Kumis

Masih dengan wisata kuliner khas Cirebon yang wajib untuk dicoba adalah docang. Docang yang terbuat dari lontong, serta dicampur dengan daun singkong, juga taoge, serta kerupuk, dan sambal docang. Semua bahan ditata dalam mangkuk yang disiram dengan kuah panas bumbu rempah, sangat cocok dinikmati saat pagi hari, siang maupun malam.

3 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Cirebon Mie Petruk hingga Kue Tapel

6. Mie Petruk

Kuliner Cirebon yang wajib dicoba saat berkunjung ke Cirebon adalah Mie Petruk. Mie petruk ini adalah sajian mie goreng Jawa yang disajikan dengan gerobak kaki lima. Minyak sendiri disajikan dengan bumbu uleg berbalut kecap manis. Mie telur kuning yang dimasak bersama sawi, kol, dan irisan tomat, dan disajikan bersama suwiran ayam, kerupuk kulit, dan sambal hijau yang diletakkan di sendok. Pelanggan bisa memesan mie petruk goreng, kuah, atau nyemek sesuai dengan selera. 

7. Sate Kalong

Sate kalong justru dibuat dari daging kerbau. Secara tradisional, para pedagang sate kerbau menjajakan menu andalan mereka ini pada malam hari. Karena itulah disebut dengan nama sate kalong. Bagi para pecinta kuliner Cirebon di malam hari, bisa menjadikan menu ini sebagai tempat kuliner yang wajib untuk dikunjungi. 

8. Bubur M. Toha

Bubur M. Toha merupakan sajian kuliner Cirebon yang cukup terkenal. Tempat ini mulai dibuka selama 24 jam, sehingga pengunjung bisa menikmati bubur M. Toha yang begitu terkenal ini kapanpun kamu mau. Menu bubur ayam ini juga dilengkapi dengan berbagai topping sehingga menambah kelezatan saat mencicipi. Kamu juga bisa memesan bubur kacang hijau dan bubur ketan hitam di tempat kuliner ini.

9. Gado-Gado Ayam

Ada juga gado-gado ayam yang termasuk dalam wisata kuliner Cirebon karena keunikannya. Makanan ini menggunakan bahan-bahan yang sama dengan gado-gado sayuran, yaitu lontong, tauge, telur, tahu, mentimun, emping, kerupuk kanji, dan kentang. Akan tetapi masih ditambah dengan suwiran ayam, bawang goreng, dan kuah kuning kental mirip opor.

10. Kue Tapel

Kue yang bentuknya mirip crepe ini juga termasuk dalam jajanan yang sudah mulai langka. Secara penampilan juga aroma, kuliner Cirebon ini mirip dengan ledre yang berbahan pisang. Warna kue tapel yang kecoklatan serta memiliki rasa manis legit ini, merupakan warisan kuliner Cirebon yang sudah ada sejak zaman kesultanan, dengan bahan dasar tepung terigu, ketan, gula merah, pisang, dan kelapa. Saat dimasak, aroma pisang dan kelapanya bakal menyebar di udara.

4 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Cirebon Nasi Jamblang

11. Nasi Jamblang Bu Nur

Wisata kuliner Cirebon selanjutnya adalah Nasi Jamblang Ibu Nur. Sajian makanan khas ini  merupakan kuliner Cirebon yang sudah terkenal sejak dulu, serta selalu ramai pengunjung. Sesuai dengan namanya, tempat kuliner Cirebon ini menyediakan sajian utama, yakni nasi jamblang. Nasi jamblang adalah nasi yang diberikan alas daun jati, serta lauknya tersedia berbagai macam masakan, seperti sate kentang, otak sapi goreng, cumi hitam, perkedel, dan lainnya. 

12. Empal Asam

Wisata kuliner Cirebon yang satu ini, memiliki sajian empal asam dengan cita rasa kuah yang bening. Bahan utama yang digunakan dalam membuat Empal Asam adalah kaldu juga belimbing wuluh. Empal Asam juga memiliki cita rasa yang cukup asam, akan tetapi segar karena perpaduan kaldu dan belimbing wuluhnya. Belimbing wuluh yang membuat Empal Asam juga sangat cocok dinikmati untuk sarapan, hingga makan malam.

13. Mie Colot

Kuliner yang disebut mie colot adalah mie yamin ala Cirebon. Wisata kuliner Cirebon ini terbuat dari mie sesuai dengan namanya. Mie yang tersaji memiliki helaian tipis dan halus yang direbus bersama dengan sawi hijau. Setelah itu mie diaduk dengan minyak ayam dan kecap manis, lalu disajikan bersama dengan topping ayam dan jamur masak kecap. Biasanya disertakan juga kuah bakso dengan isian siomay, bakso tahu, atau bakso kenyal di mangkuk terpisah.

14. Restoran Klapa Manis

Restoran Klapa Manis adalah salah satu wisata kuliner Cirebon yang memiliki dekorasi unik serta desain tempat yang indah. Saat berada di sini, pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang memanjakan mata. Kalau ingin melihat juga menikmati  pemandangan Cirebon saat malam hari, bisa memesan tempat makan di lantai yang paling atas, sehingga bisa langsung menyaksikan pemandangan gemerlap lampu kota.

Menu andalan yang terdapat di Restoran Klapa Manis ini yaitu, nasi tutug oncom, nasi bakar tongkol, nasi timbel polos, nasi pepes, dan masih banyak lagi. Para pecinta kuliner juga bisa memesan berbagai macam olahan sayur, olahan daging, seafood, tahu, tempe, dan sambal.

15. Docang

Wisata kuliner cirebon yang berikutnya adalah Docang. Docang adalah salah satu sajian khas Cirebon dengan bahan dasar lontong, kemudian dicampur dengan daun singkong, tauge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang khas. Setelah itu campuran-campuran di atas di siram dengan kuah panas yang sudah diolah juga dibumbui dengan rempah-rempah pilihan dan tempe oncom. Docang memiliki rasa yang gurih, segar, dan rasa pedas dari sambalnya. Sama seperti kuliner Cirebon lainnya, Docang bisa dinikmati untuk sarapan hingga makan malam.

5 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Cirebon Tahu Genjrot

16. Empal Gentong Haji Apud

Wisata kuliner Cirebon Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu kuliner yang cukup terkenal serta wajib kamu kunjungi. Tempat kuliner ini menyajikan berbagai macam menu empal gentong yang sangat enak juga gurih. Daging empal yang ada di tempat ini sangat empuk juga tidak keras saat dikonsumsi.  Bahkan daging dalam empal gentong ini terasa empuk dan tidak keras. Tidak hanya empal gentong yang tersedia, ada juga menu empal asem, dengan sensasi kuah empal asem yang segar. Berbeda dengan empal gentong yang menggunakan kuah santan. Pengunjung wisata kuliner  juga bisa menikmati empal ini menggunakan lontong juga nasi.

17. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah wisata  kuliner Cirebon yang sudah ada sejak lama, serta sangat populer bahkan sampai di luar daerah Cirebon. Tahu Gejrot yang dibuat dari tahu pong atau tahu kosong, kemudian dipotong-potong kecil, dan diguyur dengan kuah cuka serta kombinasi cabai dan bumbu-bumbu lainnya. Tahu Gejrot cukup khas dengan rasa yang asam manis juga pedas. Jika kamu ingin menikmati kuliner Cirebon yang terkenal ini, pengunjung bisa temukan di pasar, tempat wisata, hingga di sentra oleh-oleh khas Cirebon.

18. Seafood H. Moel

Wisata kuliner Cirebon, juga menyediakan sajian seafood segar yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berbagai sajian makanan laut ini, sangat menggugah selera, dan pengunjung bisa kamu temukan di Cirebon. Menu wajib yang tersedia di tempat kuliner ini adalah kepiting saus padang-nya. Saat kamu mencicipi,  tak ingin berhenti menyeruput cangkangnya. Tidak hanya seafood saja, akan tetapi tempat kuliner Cirebon ini pun menyajikan Chinese food, seperti kwetiau goreng, kwetiau rebus, hingga capcay. Tersedia juga udang saus tiram, sate cumi, gurame goreng, kerang rebus, dan lain-lain.

19. Mie Koclok Mang Sam

Wisata kuliner Cirebon selanjutnya adalah Mie Koclok Mang Sam. Kuliner yang usianya sudah lebih dari setengah abad ini, menawarkan sepiring mie berukuran besar, yang disiram dengan kuah kental bersantan sehingga rasanya lebih gurih, serta bisa kamu nikmati saat berada di tempat ini. Selain mie koclok, gado-gadonya juga tidak kalah menggoda, Karena setelah diberi bumbu kacang, gado-gado juga disiram dengan kuah mie koclok.

20. Es Cuwir

Cuwing atau cuing adalah sebutan untuk cincau yang dibuat secara tradisional dari daun cincau hijau (Tiliacora triandra). Wisata kuliner Cirebon ini memiliki es dengan kuah santan yang lebih pekat, juga diberi tambahan sirup dan gula merah. Kadang masih dilengkapi dengan 'pernak-pernik' seperti cendol sagu, kental manis, atau kelapa muda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.