Sukses

Worksheet Adalah Bagian dari Workbook Microsoft Excel, Simak Penjelasannya

Ketahui pengertian worksheet dalam Microsoft Excel lengkap dengan penjelasan fungsinya.

Liputan6.com, Jakarta Worksheet adalah kata yang secara harfiah memiliki arti lembar kerja. Dalam bahasa Inggris, worksheet jadi sebuah metode yang dilakukan guru untuk memberikan tugas pada siswa. Dalam konteks tersebut, worksheet adalah selembar kertas yang diberikan oleh guru kepada siswa yang berisi daftar tugas yang harus diselesaikan siswa.

Meski demikian, worksheet tidak mengacu pada hal-hal yang terkait dengan kegiatan belajar mengajar saja, melainkan juga terkait dengan bidang lain, misalnya saja akuntansi dan perangkat lunak Microsoft Excel.

Bisa dibilang jika worksheet merupakan hal yang sangat dekat dengan Microsoft Excel dan akuntansi. Sebab, istilah worksheet muncul di Microsoft Excel. Sedangkan pengelolaan laporan keuangan yang merupakan kerja akuntansi, biasanya dikerjakan dengan Microsoft Excel.

Jadi, worksheet adalah hal yang sangat terkait dengan akuntansi dan Microsoft Excel. lalu apa sebenarnya worksheet? Berikut adalah seluk beluk worksheet, mulai dari pengertiannya sampai dengan fungsinya, seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/8/2022),

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Worksheet

Dalam kaitannya dengan akuntansi, worksheet adalah formulir dengan banyak kolom yang digunakan dalam menyiapkan dan menyajikan laporan keuangan. Setidaknya ada tiga jenis worksheet, antara lain adalah lembar kerja umum, lembar kerja rinci, dan lembar kerja audit.

Sedangkan dalam kaitannya dengan perangkat lunak Microsoft Excel, worksheet adalah kumpulan sel yang dibagi dengan baris dan kolom, yang menjadi tempat untuk mengolah data. Dalam satu file Excel bisa terdapat beberapa worksheet.

Isi worksheet adalah kolom dan baris yang digunakan untuk mengerjakan sesuatu, terutama mengolah data, dalam Microsoft Excel. Kolom dan barisnya berbentuk kecil-kecil dan berupa sel. Biasanya digunakan untuk mengolah data dengan rumus tertentu.

Selain digunakan untuk mengolah data dengan rumus, fungsi worksheet adalah membuat tabel, membuat chart, dan masih banyak lagi lainnya. Tanpa worksheet, mungkin workbook dalam Microsoft Excel tidak akan berguna.

Apabila dikaitkan dengan workbook, maka worksheet adalah bagian dari workbook. Koleksi data atau kumpulan worksheet disebut workbook.

Berbeda dengan workbook yang jumlahnya tidak bisa ditambah. Worksheet adalah lembar kerja yang jumlahnya bisa ditambah sesuai dengan yang dibutuhkan. Sesuai penjelasan sebelumnya, worksheet adalah bagian yang bisa dikumpulkan untuk dijadikan workbook.

Sederhananya, workbook adalah satu file Excel. Workbook bisa saja terdiri dari satu worksheet maupun banyak worksheet.

3 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Worksheet

Worksheet bisa langsung digunakan ketika pengguna membuka perangkat lunak. Worksheet terdiri dari kumpulan sel yang menjadi tempat untuk menginput dan mengolah data. Pada sel inilah angka, teks, dan beberapa formula bisa dimasukkan untuk dilakukan pengolahan.

Cara menambahkan worksheet adalah mengeklik tab Sheet pada bagian pojok kiri bawah lembar kerja. Ada juga cara lain, yakni dengan menambahnya di sebelah kanan tab Sheet. Bisa juga dengan Shift + F11 pada keyboard.

Tidak hanya bisa ditambahkan, tetapi bisa dikurangi dan diganti namanya. Untuk menghapus worksheet adalah klik kanan tab Sheet dan pilih Delete. Bisa juga dengan pilih Sheet > Home > Delete > Delete Sheet.

Penggantian nama worksheet bisa dengan klik dua kali nama Sheet pada bagian tab Sheet. Cara yang lain bisa dengan klik kanan tab Sheet > Rename > Tulis Nama Baru.

Duplikat worksheet bisa dilakukan dengan klik tab Sheet, lalu Move atau Copy. Pilih Create a Copy dan Ok. Bila ingin memindahkan bisa dengan shortcut Ctrl + PgUp atau Ctrl + PgDn. Jika ingin memberi warna khusus penanda, pilih Tab Color.

4 dari 5 halaman

Fungsi Worksheet

Worksheet yang menjadi bagian penting dari perangkat lunak Microsoft Excel ini tentu memiliki fungsi dan perannya sendiri. Berikut adalah fungsi dan perang worksheet dalam perangkat lunak Microsoft Excel.

Mengolah Data

Mengolah data merupakan fungsi utama Microsoft Excel. Data yang sedikit mungkin akan data diolah dengan mudah. Namun jika datanya ada ribuan, tanpa Microsoft excel, hal itu akan menjadi pekerjaan yang akan lama selesai.

Di sinilah peran worksheet, yakni untuk mempermudah mengolah data yang begitu banyak. Anda hanya perlu menggunakan Statistical Function yang terdapat pada tab Formulas. Berikut adalah Statistical Function yang dapat Anda gunakan :

1. Sum: Digunakan untuk menjumlahkan keseluruhan data

2. Average: Digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari keseluruhan data

3. Count Numbers: Digunakan untuk menghitung jumlah cell yang memuat angka

4. Max: Digunakan untuk mencari nilai terbesar

5. Min: Digunakan untuk mencari nilai terkecil

Selain itu, masih ada banyak formula lain yang bisa Anda gunakan untuk mengolah data yang lebih rumit lagi dengan Excel.

Meminimalisir Kesalahan

Pada saat pekerjaan membutuhkan input data yang begitu banyak, dan penglihatan membuat sulit. Bisa menggunakan fungsi Microsoft Excel dari untuk menutup sebagian data yang sudah dibuat agar mempermudah penginputan data selanjutnya. Fungsi Freezes ini terdapat pada tab View.

Number Formating

Aplikasi Microsoft Excel seringkali digunakan untuk mengolah angka-angka statistik. Fungsi Microsoft Exel juga dapat mengatur format angka yang terdapat pada sheet.

Praktikkan dengan menggunakan Numbers Format yang terdapat pada tab Home. Di sini terdapat beberapa bentuk Numbers Formatting yang dapat digunakan untuk memformat tanggal, mata uang, waktu, pecahan, dan keperluan lainnya.

Merapikan Data

Pada umumnya, jumlah data yang terdapat di Microsoft Excel cukup banyak. Namun, terkadang data yang ada sangatlah banyak, dan penulisannya masih bisa salah tidak sesuai kaidah PUEBI.

Misalnya, ada beberapa kata yang belum tertulis menggunakan huruf kapital yang seragam. Akan tetapi, Anda tidak perlu takut harus merapikannya satu-persatu karena Anda dapat mengetikkan formula khusus di bawah ini :

1. Trim: Untuk merapikan tulisan dan menghapus space yang tidak diinginkan. Formulanya adalah =TRIM(CELL)

2. Proper Case: Dengan menggunakan formula ini, setiap kata yang tertulis akan diawali huruf kapital. Cocok digunakan untuk penamaan nama. Formulanya adalah =PROPER

3. Upper Case: Seluruh karakter yang ada di tulisan tersebut akan tertulis menggunakan huruf kapital. Formulanya adalah =UPPER

4. Lower Case: Seluruh karakter yang ada akan tertulis menggunakan huruf kecil. Formulanya adalah =LOWER

5. Len: Untuk menghitung jumlah karakter yang terdapat pada kata tersebut. Formulanya adalah =LEN

5 dari 5 halaman

Cara Mencetak Worksheet

Satu Worksheet

1. Siapkan lembar worksheet yang akan dicetak secara fisik.

2. Klik File > Print.

3. Bisa juga dengan langsung menekan Ctrl + P pada keyboard.

4. Sesuaikan terlebih dahulu pada menu Setting.

5. Jika sudah, langsung klik Print.

 

Banyak Worksheet

1. Siapkan lembar worksheet yang akan dicetak secara fisik.

2. Klik File > Open.

3. Tidak langsung cetak, tetapi tahan dulu dengan menekan tombol Ctrl sambil memilih judul workbook yang akan dicetak.

4. Jika sudah, barulah klik Print.

 

Semua Worksheet

1. Siapkan lembar worksheet yang akan dicetak secara fisik.

2. Klik Sheet yang akan dicetak, lalu pilih range dengan centang dari data yang dibutuhkan.

3. Klik File > Print.

4. Perhatikan pada bagian Setting, pilih anak panah ke bagian Print Activate Sheets.

5. Langsung pilih Print lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.