Sukses

11 Cara Menurunkan Trigliserida, Serta Kategori Kadarnya yang Harus Disimak

Liputan6.com, Jakarta Cara menurunkan trigliserida sangatlah penting. Kolesterol total atau LDL tinggi, kolesterol HDL rendah, dan trigliserida yang tinggi juga dikenal sebagai dislipidemia. Dislipidemia dapat meningkatkan risiko untuk terkena penyakit kardiovaskular serta masalah kesehatan lainnya.

Trigliserida adalah jenis lemak yang ditemukan dalam darah. Setelah makan, tubuh mengubah kalori yang tidak dibutuhkan dan menjadi trigliserida, serta menyimpannya di sel lemak untuk digunakan sebagai energi nantinya. Cara menurunkan trigliserida adalah dengan membatasi asupan gula.

Selain cara menurunkan trigliserida dengan asupan gula, pola makan yang baik serta gaya hidup yang sehat. Dilansir dari Healtline, trigliserida merupakan  lemak dalam darah Anda yang berasal dari makanan serta  memasok sel-sel Anda dengan energi. Kolesterol adalah sekelompok molekul yang terdiri dari lemak dan protein, dan tubuh membutuhkannya dalam membangun sel dan membuat hormon.

Trigliserida adalah suplai energi penting bagi tubuh, namun jika memiliki terlalu banyak trigliserida dalam darah, maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, harus mengetahui bagaimana cara menurunkan trigliserida dalam tubuh, agar terhindar dari berbagai penyakit. 

Berikut ini cara menurunkan trigliserida yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Trigliserida

1. Pola Makan Serta Gaya Hidup Sehat

Cara menurunkan trigliserida adalah menerapkan gaya hidup sehat, juga memperhatikan pola makan juga asupan gizi yang baik untuk tubuh. Hal ini bertujuan untuk berat badan yang sehat. 

Setiap kali Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan oleh  tubuh, maka Anda dapat mengubah kalori tersebut menjadi trigliserida dan menyimpannya dalam sel-sel lemak. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa kehilangan bahkan 5-10% dari berat badan Anda dapat secara signifikan mengurangi kadar trigliserida Anda

2. Batasi Asupan Gula

Dilansir dari sumber yang sama, gula tambahan adalah bagian besar dari diet yang dilakukan oleh banyak orang. Sementara American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 100-150 kalori gula tambahan per hari, satu penelitian menemukan bahwa rata-rata orang Amerika makan sekitar 308 kalori gula tambahan setiap hari (4Trusted Source, 5Trusted Source). Gula tambahan juga biasanya ditemukan pada permen, minuman ringan, dan jus buah.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Trigliserida

3. Gula Ekstra Dalam Makanan 

Cara menurunkan trigliserida selanjutnya adalah membatasi asupan gula. Gula ekstra dalam makanan, dapat diubah menjadi trigliserida, sehingga dapat menyebabkan peningkatan kadar trigliserida darah, bersama dengan faktor risiko penyakit jantung lainnya. Sebuah tinjauan tahun 2020 yang menyertakan data pada 6.730 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi minuman manis secara teratur lebih dari 50% lebih mungkin memiliki trigliserida tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya secara teratur. Dalam studi lain menemukan bahwa dengan mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah tinggi juga dikaitkan dengan kadar trigliserida darah yang lebih tinggi pada anak-anak 

4. Diet Rendah Karbohidrat

Sama seperti gula tambahan, kalori ekstra dari karbohidrat dalam diet  juga bisa diubah menjadi trigliserida dan disimpan dalam sel lemak. Tidak mengherankan, diet rendah karbohidrat telah dikaitkan dengan kadar trigliserida darah yang lebih rendah  Sebuah tinjauan dari 12 uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa orang yang mengikuti diet rendah karbohidrat biasanya mengalami penurunan kadar trigliserida pada 6, 12, dan 24 bulan.

5. Makan Lebih Banyak Serat

Serat makanan yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan, sayuran, juga  biji-bijian. Hal ini juga ditemukan di banyak sumber tanaman lain, termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, sereal, dan kacang-kacangan. Memasukkan lebih banyak serat dalam makanan, dapat memperlambat penyerapan lemak dan gula di usus kecil Anda, membantu menurunkan kadar trigliserida. Menurut satu penelitian termasuk 117 orang dewasa dengan kelebihan berat badan atau obesitas, makan lebih banyak serat makanan dikaitkan dengan kadar trigliserida yang lebih rendah.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Trigliserida Lainnya

Berikut cara menurutnkan trigliserida lainnya yang bisa dilakukan:

6. Makan makanan bergizi untuk mencegah serta menurunkan kadar trigliserida. 

7. Melakukan latihan aerobik secara teratur. 

8. Mempertahankan berat badan sedang. 

9. Dapat mengelola tekanan darah tinggi dan diabetes

10. Cara selanjutnya bisa dilakukan dengan tidur yang cukup juga mampu mengelola stres dengan baik. 

11. Langkah terakhir yang bisa dilakukan, untuk menurunkan kadar trigliserida adalah dengan berhenti merokok.

5 dari 5 halaman

Kategori Kadar Trigliserida

Karena kadar trigliserida yang tinggi, biasanya tidak hanya menimbulkan gejala apa pun, namun biasanya terlihat saat dokter memerintahkan tes darah yang mencakup panel lipid. Jika kamu tidak memiliki faktor risiko tinggi, termasuk kondisi kesehatan dan beberapa faktor gaya hidup, dokter akan memesan panel lipid setiap beberapa tahun untuk memeriksa kadar kolesterol dan trigliserida.

Jika hasil panel lipid menunjukkan kadar trigliserida di atas normal, dokter mungkin menyarankan perubahan gaya hidup yang berfokus pada diet dan olahraga. Jika diet dan olahraga tidak memberikan efek yang diinginkan, mereka dapat merekomendasikan obat-obatan seperti statin atau fibrat.

- Pedoman Kadar Trigliserida 

a. Kadar untuk orang dewasa dalam miligram per desiliter (mg/dL) (1).

b. Kategori Kadar Trigliserida (mg/dL)

c. Biasa Kurang dari 150

- Serta Batas tinggi 150–199

- Tinggi 200–499

- Sangat tinggi 500 ke atas

Memiliki obesitas atau diabetes yang tidak dikelola, minum alkohol secara teratur, dan mengikuti diet berkalori tinggi semuanya dapat berkontribusi pada kadar trigliserida darah tinggi. Ini sebabnya, cara menurunkan trigliserida adalah menghindari faktor-faktor pemicu ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS