Sukses

8 Manfaat Susu Almond Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta Manfaat susu almond tak kalah baik dari susu sapi atau kedelai. Banyak orang di Indonesia yang sudah akrab dengan berbagai jenis susu seperti susu sapi, susu kambing, hingga susu kedelai. Akan tetapi, ada satu jenis susu yang masih cukup jarang untuk ditemui di Indonesia, yakni susu almond. Padahal ada berbagai manfaat susu almond yang baik untuk kesehatan.

Susu Almond sendiri belakangan sedang naik daun dan cukup populer di kalangan para pecinta gaya hidup yang sehat dan juga para vegetarian yang tidak mengkonsumsi olahan susu hewani. Susu ini disebut-sebut memiliki kandungan lemak yang 50% lebih rendah dari susu sapi. Selain itu, ada juga berbagai manfaat susu almond bagi kecantikan yang membuat susu ini banyak digunakan untuk merawat kulit dan kecantikan.

Berbagai manfaat susu almond yang baik bagi kesehatan berasal dari kayanya kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Nutrisi-nutrisi yang terdapat di dalam susu almond meliputi kalsium, riboflavin, vitamin E, dan vitamin D. Nutrisi-nutrisi ini bisa memberikan berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Lantas, apa saja manfaat susu almond bagi kesehatan tubuh kita?

Berikut ini adalah beberapa manfaat susu almond bagi kesehatan tubuh manusia yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (1/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Kaya Kandungan Vitamin E dan D

A. Kaya akan Kandungan Vitamin E

Manfaat susu almond yang pertama ialah kaya akan vitamin E. Vitamin E sendiri adalah salah satu nutrisi yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tingginya kandungan vitamin E ini bisa membantu untuk menjaga kesehatan tulang dan mata.

Mengutip dari situs Healthline, vitamin E adalah salah satu antioksidan yang kuat. Sifat antioksidan dari vitamin ini membuatnya dapat membantu tubuh untuk melawan peradangan. Selain itu, tingginya kandungan antioksidan pada susu almond juga bisa membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sendiri disebut-sebut bisa menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker dan jantung.

B. Memiliki Kandungan Vitamin D

Manfaat susu almond lainnya yaitu adanya kandungan vitamin D dalam susu ini. Meskipun, menurut sumber yang sama, tidak semua jenis almond mengandung vitamin D.

Vitamin D sendiri adalah salah satu nutrisi yang penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan asupan vitamin D bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius seperti meningkatnya risiko kanker dan penyajit jantung, tekanan darah tinggi, osteoporosis, hingga penyakit autoimun.

3 dari 5 halaman

Menjaga Berat Badan dan Menekan Risiko Diabetes

C. Membantu Menjaga Berat Badan

Salah satu manfaat susu almond ialah dapat membantumu untuk menjaga berat badanmu. Susu almond memiiki kandungan kalori yang rendah apabila dibandingkan dengan susu sapi maupun kambing. Rendahnya kandungan kalori pada susu almond membuat mengkonsumsi susu ini tidak akan meningkatkan berat badanmu secara signfikan.

Di samping itu, susu almond juga memiliki kandungan lemak yang cukup rendah. Hal ini membuat susu almond dapat dikonsumsi tanpa anda perlu khawatir dengan bertambahnya dan menumpuknya lemak di dalam tubuh anda. Rendahnya kandungan kalori dan lemak membuat susu almond ini cocok untuk dikonsumsi untuk membantu program diet anda.

D. Menekan Risiko Diabetes

Manfaat susu almond bagi kesehatan yang berikutnya ialah membantu menekan risiko diabetes. Kandungan karbohidrat dalam susu almond cukup rendah apa bila dibandingkan dengan susu sapi. Di samping itu, susu almon juga dikenal sebagai salah satu makanan/minuman yang memiliki indeks glikemik yang rendah.

Mengkonsumsi susu almond tidak akan menyebabkan meroketnya kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, susu ini bisa dan baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Di samping itu, mengkonsumsi susu almond juga bisa membantu kita untuk mencegah terkena penyakit diabetes.

4 dari 5 halaman

Tidak Mengandung Laktosa dan Memperkuat Tulang

E. Tidak Mengandung Laktosa

Manfaat susu almond yang selanjutnya ialah tidak mengandung laktosa. Tidak seperti susu hewani, susu almond yang terbuat dari nabati membuatnya bebas dari kandungan laktosa.

Kandungan laktosa pada susu hewan bisa menyebabkan berbagai permasalah bagi orang-orang yang tidak memiliki toleransi yang tinggi terhadap laktosa. Orang yang intoleran terhadap laktosa dapat merasa sakit perut hingga kembung ketika mengkonsumsinya.

Dengan demikian, susu almond adalah salah satu alternatif yang baik bagi mereka. Susu almond memungkinkan orang-orang yang tidak memiliki toleransi terhadap kandungan laktosa supaya tetap dapat mengkonsumsi berbagai hidangan olahan susu.

F. Memperkuat Tulang

Susu sapi dikenal sebagai salah satu sumber kalsium untuk menjaga kesehatan tulang. Sama seperti susu sapi, susu almond juga memiliki kandungan kalisium yang tinggi yang bisa membantumu untuk menjaga kesehatan tulangmu. Selain itu, tingginya kandungan vitamin E dalam susu Almond juga baik untuk tulang.

Satu gelas susu bisa membantumu untuk memenuhi 50% kebutuhan asupan kaslium harianmu. Hal ini membuat mengkonsumsi susu almond bisa membantumu untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah pengeroposan tulang yang menjadi akibat dari osteoporosis.

5 dari 5 halaman

Menekan Risiko Penyakit Jantung dan Menjaga Kulit

G. Menekan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat susu almond yang lainnya ialah dapat membantumu untuk menekan risiko terkena penyakit jantung. Rendahnya kandungan kolesterol pada susu almond mmembuat konsumsi susu ini tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang berpotensi dapat menyebabkan penyakit jantung.

Di samping itu, susu almond juga kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan di dalam susu almond ditambah dengan omega-9, vitamin E, serta asam lemak lainnya membuat susu ini bisa membantumu untuk menekan risiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan dan vitamin E di dalam susu almond bisa membantu untuk menangkal radikal bebas yang tidak hanya baik untuk kesehatan jantung, tetapi juga bisa membantu untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya lainnya.

H. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Susu almond bisa kamu gunakan untuk membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Manfaat susu almond yang satu ini tidak terlepas dari tingginya kandungan vitamin E dalam susu tersebut.

Vitamin E bisa membantumu untuk menjaga supaya kulitmu tetap sehat dan membuat kulitmu terlihat tetap cantik, segar, bercahaya, dan awet muda. Tingginya kandungan vitamin E pada susu almond juga bisa membantumu untuk menjaga kesehatan dan menyehatkan pertumbuhan rambutmu.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS