Sukses

Cara Membuat PayPal Tanpa Kartu Kredit, Termasuk Cara Tarik Saldo ke Bank Lokal

Berikut adalah cara membuat PayPal dan menarik saldo ke rekening bank lokal.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat PayPal sebenarnya sangat mudah, bahkan hanya seperti membuat akun Gmail atau Instagram. Mengetahui cara membuat PayPal tentu akan sangat menguntungkan, terutama bagi Anda yang gemar berbelanja online dan membeli barang dari luar negeri.

Cara membuat PayPal merupakan cara di mana kita bisa bertransaksi, bahkan dengan orang dari luar negeri tanpa menggunakan kartu kredit. Bahkan uang yang ada di saldo PayPal juga dapat ditarik ke bank lokal Indonesia.

Keberadaan PayPal selama ini sudah sangat berperan penting bagi orang-orang yang gemar berbelanja dari luar negeri. Selain itu, PayPal juga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang bekerja dengan perusahaan luar negeri, atau orang yang berbisnis dengan orang luar negeri.

Manfaat utama dari PayPal yang utama adalah kemudahan transaksinya. Bagi pekerja lepas atau freelancer yang memiliki klien dari luar negeri, PayPal menjadi akun penting untuk menerima upah, fee, atau pembayaran atas hasil kerja kerasnya.

Sebelum lebih jauh ke cara membuat PayPal, penting untuk mengetahui seluk beluk tentang PayPal, seperti yang telah dirangkumg Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (30/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Apa itu Paypal?

Beberapa orang mungkin telah mengetahui penggunaan e-money atau e-wallet. Paypal kira-kira juga mirip dengan kedua hal itu. Intinya, Paypal adalah sistem pembayaran online, yang memudahkan untuk melakukan transaksi dalam belanja online. Selain itu, Paypal juga melayani layanan pengiriman dan pengiriman uang secara online, mirip seperti transfer uang melalui internet banking.

Saat Anda menautkan rekening bank, kartu kredit, atau kartu debit ke akun PayPal, Anda dapat menggunakan PayPal untuk melakukan pembelian online dengan toko yang berpartisipasi. PayPal berfungsi sebagai perantara antara bank Anda dan akun milik pedagang dan menjaga keamanan informasi pembayaran Anda.

Anda juga dapat menggunakan PayPal untuk mengirim uang ke teman dan keluarga dengan aman serta menerima uang dari orang-orang. Fitur ini berguna untuk membagi sewa dengan teman sekamar, misalnya, atau menerima uang untuk ulang tahun Anda.

Namun untuk bisa menggunakan Paypal, tentu saja harus memiliki akun terlebih dahulu. Namun tenang saja, untuk membuat akun Paypal tidak dikenakan biaya. Bahkan untuk transaksi yang bersifat pribadi tidak dikenakan biaya tambahan. Hanya saja, PayPal mengenakan biaya untuk jenis transaksi tertentu, seperti transaksi jual beli.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat PayPal

Sebelum menerapkan cara membuat PayPal, Anda perlu memutuskan jenis akun yang Anda inginkan. PayPal menawarkan dua jenis akun, yakni akun pribadi dan akun bisnis.

Akun PayPal pribadi adalah akun paling umum untuk penggunaan individu. Anda hanya perlu mengirim dan menerima uang atau menggunakan PayPal untuk melakukan pembelian secara online. Akun ini juga memungkinkan Anda mengakses riwayat pembelian, menautkan rekening bank baru, dan menambahkan kartu kredit ke akun Anda.

PayPal juga menawarkan akun yang memungkinkan seseorang menerima pembayaran PayPal secara online baik dengan kartu kredit maupun kartu debit, bahkan jika pelanggan Anda tidak memiliki akun PayPal. Layanan tersebut hanya terdapat pada akun bisnis. Kelebihan akun bisnis lainnya adalah dapat mengirim faktur ke klien dan menerima pembayaran online PayPal dengan aman.

Anda menerapkan cara membuat PayPal dari melalui komputer atau dari aplikasinya langsung. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

a. Buka paypal.com atau unduh aplikasi PayPal dari App Store atau Google Play.

b. Klik tombol biru "Daftar".

c. Pilih "Akun Pribadi".

d. Tambahkan nomor telepon Anda dan Anda akan menerima teks dengan kode keamanan untuk dimasukkan di layar berikutnya.

e. Masukkan nama depan dan belakang Anda yang sah, alamat email, dan kata sandi yang aman. Ini penting, pastikan nama yang Anda daftarkan sama persis dengan nama yang ada di rekening bank. Jika berbeda, prosedur penarikan ke akun bank akan menjadi lebih sulit. Jadi pastikan gunakan nama yang sama dengan yang ada di rekening bank.

f. Kemudian, masukkan alamat rumah Anda dan setujui kebijakan privasi PayPal.

g. Terakhir, tambahkan kartu kredit, kartu debit, atau rekening bank ke akun PayPal Anda.

4 dari 6 halaman

Cara Mengirim Uang dengan PayPal

Ada beberapa cara untuk mengirim uang melalui PayPal. Metode yang Anda pilih tergantung pada siapa Anda mengirim uang, untuk alasan apa dan media apa yang ingin Anda gunakan.

Cara mengirim uang melalui PayPal ke teman dan keluarga

Jika transaksi yang akan Anda lakukan bersifat pribadi, artinya hanya kepada teman atau keluarga, maka yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

a. Dari aplikasi PayPal atau akun PayPal online Anda, tekan tombol "Kirim".

b. Masukkan nama, alamat email, atau nomor telepon orang yang ingin Anda kirimi uang. Anda juga dapat memindai kode QR PayPal teman Anda untuk memulai dengan cepat. Jika orang tersebut belum memiliki akun PayPal, mereka dapat mengklaim uang dengan membuat akun gratis.

c. Masukkan jumlah yang ingin Anda kirim. Anda memiliki opsi untuk menambahkan pesan, yang bisa menjadi pengingat yang berguna bagi Anda dan penerima untuk apa uang itu. Misalnya, Anda dapat memasukkan pesan seperti, "Sewa Juli" atau "Selamat ulang tahun, Georgia!"

d. Anda akan ditanya untuk apa pembayaran online PayPal Anda: "Teman dan Keluarga" atau "Barang dan Layanan."

e. Jika pilihannya adalah untuk pembayaran barang dan layanan, penerima akan dikenai biaya transfer. Jadi pastikan Anda memilih opsi yang tepat.

Ini adalah cara mengirim uang untuk produk dan layanan melalui PayPal:

a. Jika vendor memiliki kode QR, tekan "Pindai/Bayar" di aplikasi untuk memulai.

b. Jika tidak, dari aplikasi PayPal atau akun PayPal online Anda, tekan tombol "Kirim". Kemudian masukkan nama, alamat email, atau nomor telepon orang yang ingin Anda kirimi uang.

c. Masukkan jumlah yang ingin Anda kirim. Anda dapat menambahkan catatan seperti, "pembayaran sewa" untuk mengingatkan pedagang dan diri Anda sendiri untuk apa pembayaran itu.

d. PayPal akan menanyakan apakah Anda mengirim uang ke "Teman dan Keluarga" atau membayar untuk "Barang dan Layanan".

5 dari 6 halaman

Terima Uang dengan PayPal

Jika Anda bisa mengirimkan uang dari Paypal, tentu yang Anda bayangkan adalah, bagaimana caranya untuk bisa menerima uang dari Paypal? Tidak hanya sekadar menerima uang, Anda juga bisa mengirimkan tagihan, berikut caranya:

a. Dari aplikasi PayPal atau akun PayPal online Anda, tekan tombol "Permintaan".

b. Dari sini Anda dapat memilih dari opsi berikut:- Masukkan email atau nomor ponsel orang yang membayar Anda- Buat tautan PayPal.Me untuk dibagikan- Split a bill- Buat faktur

c. Teman Anda juga dapat melakukan pembayaran melalui PayPal untuk mengirimi Anda uang dengan memasukkan email atau nomor ponsel Anda.

d. Saat seseorang mengirimi Anda uang, Anda akan menerima pemberitahuan melalui email dan/atau aplikasi PayPal. Uang disetorkan ke akun PayPal Anda.

e. Anda dapat menyimpan uang di akun PayPal Anda untuk digunakan pada transaksi di masa mendatang atau mentransfernya ke rekening bank Anda.

6 dari 6 halaman

Tari Saldo PayPal ke Bank Lokal

Saldo PayPal yang Anda miliki juga bisa ditarik untuk ditransfer ke rekening bank lokal Indonesia miliki Anda. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan saldo Paypal yang Anda terima secara tunai nantinya.

 

Cara menarik saldo PayPal melalui aplikasi:

a. Buka aplikasi PayPal

b. Masuk/log in

c. Klik PayPal Balance

d. Pilih Withdraw Money

e. Pada opsi Add to Wallet pilih cairkan dana ke rekening bank atau kartu debit

f. Tuliskan jumlah dana yang akan Anda tarik

g. Pilih Transfer. Selesai.

 

Cara tarik saldo PayPal melalui PC:

a. Buka laman PayPal www.paypal.com/id/home

b. Masuk/log in menggunakan alamat email dan kata sandi

c. Klik My PayPal

d. Pilih menu Transfer Funds

e. Pilih metode pencarian ke rekening bank atau kartu debit

f. Tuliskan jumlah dana yang akan Anda tarik

g. Pilih Transfer. Selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.