Sukses

Viral Jurig Fashion Week yang Mirip Citayam Fashion Week, Disebut Lebih Unik

Fenomena fashion show cosplay hantu di Bandung.

Liputan6.com, Jakarta Kabar ditutupnya fenomena Citayam Fashion Week sudah menyebar di jagat maya. Tak heran jika ajang fashion show jalanan ini sempat menimbulkan kontroversi di berbagai kalangan. Mulai dari artis hingga pemangku kepentingan kawasan Sudirman. Kini ada fenomena lain yang hampir mirip dengan Citayam Fashion Week (CFW). 

Ajang pamer outfit keren kali ini datang dari Bandung, tepatnya di kawasan Jalan Asia Afrika. Berbeda dengan CFW yang pesertanya pamer outfit kece kekinian, warga Bandung yang menyebut Jurig Fashion Week ini malah memamerkan busana cosplay menyeramkan. Cosplay hantu inilah yang jadi nilai unik dari Jurig Fashion Week. 

Potret Jurig Fashion Week yang diunggah akun Instagram @infobandungkota itu pun viral di media sosial. Para cosplayer hantu tersebut berkumpul di kawasan Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat.

Tak sedikit netizen yang melihat fenomena yang mirip dengan CFW ini jadi penasaran. Bahkan mereka menyebut Jurig Fashion Week disebut lebih keren dan unik. Berikut Liputan6.com mengulasnya melansir dari berbagai sumber, Rabu (27/7/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hadirkan Bermacam Cosplay Hantu

Seperti namanya, Jurig Fashion Week berisi para peserta yang mengenakan pakaian ala-ala hantu. Jurig sendiri merupakan bahasa Sunda yang bermakna hantu yang menyeramkan. Mereka tampak totalitas dengan berdandan ala hantu-hantu populer seperti pocong, kuntilanak, genderuwo, Nyi Roro Kidul bahkan Valak.

Namun konotasi menyeramkan seketika hilang, selain digelar di siang bolong, aksi para cosplay di Jurig Fashion Week ini justru menarik perhatian warga sekitar. Tak sedikit mereka yang ikut meramaikan untuk sekedar berfoto bareng dengan wajah jurig yang menyeramkan. 

Uniknya, di antara " hantu-hantu" yang nongkrong di pusat keramaian Kota Bandung itu, ada juga yang berjalan bak model profesional di atas catwalk. Terlihat dalam video, sosok noni Belanda, mumi, kuntilanak hingga boneka Annabelle begitu asyik melenggang berjalan ala model di trotoar.

3 dari 4 halaman

Cosplay Jurig Asia Afrika

Uniknya lagi, fenomena cosplay jurig di  kawasan Asia–Afrika dikenal sejak lama menjadi markas dari model-model hantu tersebut. Mereka biasanya diajak berfoto bersama oleh para wisatawan yang tengah berlibur di Kota Bandung.

Ramainya fenomena Citayam Fashion Week rupanya memantik mereka untuk ikut meramaikan dengan tampil mirip model dan berjalan layaknya model di atas catwalk. 

Para peserta cosplay Jurig Fashion Week juga makin berani mejeng di trotoar jalan. Keberadaan mereka makin mengangkat fenomena cosplay Jurig Asia Afrika.

4 dari 4 halaman

Komentar Netizen

Video fenomena Jurig Fashion Week seketika mendapat tanggapan dari para pengguna media sosial. Tak sedikit dari mereka yang beranggapan jika Jurig Fashion Week di Jalan Asia Afrika lebih kreatif.

"Bandung tetap dengan kejurigannya," tulis @sarfn_

“Senior ini mah dr dulu udah ada...Bandung the best ” beber warganet di kolom komentar

"Lebih kereeen dan kreatif😅😅😅," tulis @dewimarlon

"Citayem nya ketar-ketir ningali iye😂," komentar @abarfan_

“Udh donk ,foto2 sama jurig nya.. yg kepala buntung blom tuh” kata warganet

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.