Sukses

Jelaskan Macam Demokrasi Beserta Prinsip Menjalankannya

Ada tiga macam pengelompokan demokrasi yang perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Secara etimologi, istilah demokrasi adalah berasal dari bahasa Yunani “demos” berarti rakyat dan “kratos” berarti pemerintahan. Memahami demokrasi adalah kedaulatan rakyat yang dijalankan pemerintah. Ada berapa macam demokrasi dan jelaskan macam demokrasi yang dianut berbagai negara di dunia!

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi, guru SMA Plus Negeri 17 Palembang, Hamdan Wahyuddin, S.Pd. melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menjelaskan ada tiga macam demokrasi yang perlu diketahui.

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi dibedakan dari cara penyaluran, prinsip ideologi, dan titik perhatiannya. Macam demokrasi dari cara penyaluran adalah demokrasi langsung dan tidak langsung. Kemudian, macam demokrasi dari prinsip ideologi adalah demokrasi konstitusional, rakyat, dan Pancasila.

Sementara macam demokrasi dari titik perhatiannya adalah demokrasi formal, material, dan gabungan. Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam jawaban perintah jelaskan macam demokrasi lengkap prinsip menjalankannya, Selasa (26/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jelaskan Macam Demokrasi!

Memahami demokrasi adalah sebuah kedaulatan yang dijalankan oleh pemerintah dengan kedudukan tertinggi dipegang rakyat. Sebelum menjawab perintah jelaskan macam demokrasi, pahami terlebih dahulu konsep demokrasi yang sebenarnya.

Demokrasi adalah memiliki tiga pokok pikiran utama. Dalam buku berjudul Bahan Ajar Demokrasi oleh Dwi Sulisworo dkk, hakikat demokrasi adalah pemerintah dari rakyat, pemerintah oleh rakyat, dan pemerintah untuk rakyat. Pengawasan dilakukan oleh rakyat bisa dilakukan secara langsung.

Pilar utama dari sistem demokrasi adalah trias politica. Dalam buku berjudul PPKn Kelas XI yang dipublikasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), trias politica adalah membagi kekuasaan negara ke dalam tiga jenis lembaga negara (legislatif, eksekutif, dan yudikatif) sehingga tidak terjadi kekuasaan satu pihak yang absolut.

Jelaskan macam demokrasi! Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi, guru SMA Plus Negeri 17 Palembang, Hamdan Wahyuddin, S.Pd. melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menjelaskan ada tiga macam demokrasi yang perlu diketahui.

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi, Wahyuddin mengungkap macam demokrasi pertama adalah dibedakan dari cara penyaluran kehendak. Kemudian macam demokrasi kedua adalah dibedakan dari prinsip ideologi. Lalu macam demokrasi ketiga adalah dibedakan dari titik perhatiannya.

3 dari 4 halaman

Macam Demokrasi dan Penjelasannya

1. Macam Demokrasi dari Penyaluran Kehendak

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi yang pertama adalah dibedakan dari cara penyaluran kehendak rakyat. Wahyuddin menjelaskan, macam demokrasi sesuai cara penyaluran kehendak terdiri dari demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung.

- Demokrasi Langsung

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi langsung adalah proses demokrasi dimana semua elemen masyarakat ikut dalam permusyawaratan untuk merumuskan dan memutuskan kebijakan Undang-Undang.

- Demokrasi Tidak Langsung

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi tidak langsung adalah proses demokrasi dimana kebijakan umum atau Undang-Undang dirumuskan dan diputuskan oleh lembaga perwakilan rakyat, misalnya Dewan Perwakilan Rakyat.

2. Macam Demokrasi dari Prinsip Ideologi

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi yang kedua adalah dibedakan dari prinsip ideologi yang dianutnya. Wahyuddin menjelaskan, macam demokrasi sesuai prinsip ideologi terdiri dari demokrasi konstitusional, demokrasi rakyat, dan demokrasi Pancasila.

- Demokrasi Konstitusional

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi konstitusional adalah demokrasi yang didasarkan pada kebebasan atau individualisme.

Ciri khas demokrasi konstitusional adalah kekuasaan pemerintahnya terbatas dan tidak diperkenankan banyak campur tangan dan bertindak sewenang-wenang terhadap warganya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi.

- Demokrasi Rakyat

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi rakyat adalah sama dengan demokrasi proletar yang berhaluan Marxisme-Komunisme. Demokrasi rakyat mencita-citakan kehidupan yang tidak mengenal kelas sosial.

Manusia dibebaskan dari keterikatannya kepada pemilikan pribadi tanpa ada penindasan atau paksaan. Akan tetapi, untuk mencapai masyarakat tersebut dapat dilakukan dengan cara paksa atau kekerasan.

- Demokrasi Pancasila

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi Pancasila adalah ideologi demokrasi yang berlandaskan kepada nilai-nilai Pancasila. Indonesia menggunakan demokrasi Pancasila, seperti yang tertuang dalam sila ke-4 Pancasila.

3. Macam Demokrasi dari Titik Perhatiannya

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi yang ketiga adalah dibedakan dari titik perhatian yang dianutnya. Wahyuddin menjelaskan, macam demokrasi sesuai titik perhatiannya terdiri dari demokrasi formal, demokrasi material, dan demokrasi gabungan.

- Demokrasi Formal (Negara-Negara Liberal)

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi formal adalah demokrasi yang menjunjung tinggi persamaan dalam bidang politik tanpa disertai upaya untuk mengurangi atau dengan menghilangkan kesenjangan dalam bidang ekonomi.

- Demokrasi Material (Negara-Negara Komunis)

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi material adalah demokrasi yang menitik beratkan pada upaya-upaya menghilangkan perbedaan dalam bidang ekonomi, sedangkan persamaan bidang politik kurang diperhatikan dan bahkan kadang-kadang dihilangkan.

- Demokrasi Gabungan (Negara-Negara Nonblok)

Menjawab perintah jelaskan macam demokrasi gabungan adalah demokrasi yang mengambil kebaikan serta membuang keburukan dari demokrasi formal dan demokrasi material.

4 dari 4 halaman

Prinsip Demokrasi dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami macam-macam demokrasi, kemudian simak prinsip demokrasi untuk menjalankan sebagaimana mestinya. Ini penjelasan prinsip demokrasi yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Negara Berdasarkan Konstitusi

Konstitusi atau Undang-Undang adalah suatu norma sistem Politik dan Hukum yang dibuat oleh pemerintah secara tertulis. Konstitusi dijadikan landasan dalam menjalankan negara dan berfungsi sebagai batasan kewenangan pemerintah serta dapat memenuhi hak khalayak.

2. Peradilan Tidak Memihak dan Bebas

Pemerintah tidak boleh melakukan intervensi dalam proses peradilan karena sistem pemerintahan demokrasi menganut peradilan bebas. Proses peradilan harus netral agar dapat melihat permasalahan secara jenih sehingga menghasilkan keputusan yang adil terhadap perkara yang ditangani.

3. Kebebasan Berpendapat dan Berserikat

Pemerintahan dengan sistem demokrasi, setiap warga negaranya dapat membentuk organisasi/ berserikat dan memiliki hak menyampaikan pendapat. Namun pada pelaksanaannya, penyampaian pendapat atau aspirasi harus dilakukan dengan bijak.

4. Adanya Pergantian Pemerintahan

Sesuai dengan pengertian demokrasi, pergantian pemerintahan dilakukan secara berkala sehingga meminimalisir penyalahgunaan kekuasaan, korupsi, kolusi, dan juga nepotisme. Proses pemilihan umum dilakukan secara jujur dan adil untuk memilih pemimpin yang dapat diandalkan dalam menjalankan pemerintahan.

5. Kedudukan Rakyat Sama di Mata Hukum

Dalam sistem pemerintahan demokrasi, penegakan hukum dilakukan dengan memperhatikan keadilan dan kebenaran tanpa pandang bulu. Artinya, setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama di dalam hukum dan pelaku pelanggar hukum mendapat hukuman tegas sesuai pelanggarannya.

6. Adanya Jaminan Hak Asasi Manusia

Sesuai dengan makna demokrasi, perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi hal yang utama di dalam sistem demokrasi. Pemerintah dan segala insititusinya harus menghormati dan menghargai HAM, dan melakukan tindakan tegas terhadap pelanggar HAM.

7. Adanya Kebebasan Pers

Salah satu cara masyarakat menyampaikan aspirasinya ke pemerintah adalah melalui pers. Pers memiliki kebebasan dalam menyampaikan kritik dan saran kepada pemerintah dalam proses pembuatan kebijakan dalam sistem pemerintahan demokrasi.

Selain itu, pers juga dapat berfungsi sebagai media sosialisasi program-program pemerintah kepada masyarakat. Apabila begitu, komunikasi antara pemerintah dan rakyat dapat terjalin dengan baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.