Sukses

7 Kontroversi Baim Wong, Terbaru Citayam Fashion Week Didaftarkan Merek Dagang

Liputan6.com, Jakarta Baim Wong selalu berhasil mencuri perhatian dengan kesuksesannya di dunia hiburan. Namun selain tenar dengan kontennya yang menginspirasi lagi menghibur, Baim Wong juga beberapa kali menuai kontroversi yang tak kalah jadi sorotan. Seperti yang tengah jadi perbincangan soal fenomena Citayam Fashion Week (CFW).

Lewat laman resmi laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI), Citayam Fashion Week dengan nomor permohonan Jid2022052181 telah diajukan PT Tiger Wong Entertainment sebagai sebuah nama brand. Tak hanya Baim Wong, seseorang bernama Indigo Aditya Nugroho juga mengajukan Citayam Fashion Week sebagai nama merek.

Aksi Baim Wong dan Paula Verhoeven dalam fenomena Citayam Fashion Week ini tak lain turut mengundang geram netizen yang menyebutnya hanya mencari keuntungan. Mengingat sebelumnya, Baim Wong juga sempat jadi kontroversi usai dituding menjual konten kemiskinan lewat kanal YouTube pribadinya, Baim Paula. 

Meski berdalih bakal menjadikan Citayam Fashion Week lebih besar, namun tak sedikit netizen yang masih menganggapnya jadi upaya yang memberatkan masyarakat. 

Bersamaan dengan itu, Koordinator Humas DJKI (Direktur Hak Cipta dan Desain Industri) Kemenkumham Irma Mariana menyatakan masyarakat bisa mengajukan keberatan usai Citayam Fashion Week diajukan sebagai merek oleh Baim Wong dan Indigo.

Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum deretan kontroversi Baim Wong melansir dari berbagai sumber, Senin (25/7/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Dituding Jual Konten Kemiskinan

Baim Wong memang dikenal dan sering membuat konten yang mengangkat sudut pandang kemiskinan. Mengusung konsep membantu orang miskin, Baim Wong justru kerap mendapat komentar pedas dari netizen. Tak sedikit mereka menyebut pria 41 tahun ini menjadikan kemiskinan jadi konten belaka. 

"Kadang-kadang suka agak sedih juga, misal saya denger 'orang miskin dijadiin konten,'" kata Baim mengutip dari podcast Deddy Corbuzier.

Baim bahkan sempat meragukan apa yang dilakukannya itu merupakan sebuah kebenaran. Seperti ketika pertama kali membuat konten berbagi, Baim sempat berpikir apakah dia akan mendapat pahala dengan mengunggahnya.

3 dari 8 halaman

2. Jadikan Citayam Fashion Week Sebuah Brand

Sebelum mendaftarkan CItayam Fashion Week jadi merek, istri Baim Wong, Paula Verhoeven kedapatan mengucurkan dana sebesar Rp 500 juta untuk Bonge. Ia berdalih bakal membuat Citayam Fashion Week lebih besar. Namun aksi lanjutan Baim Wong mendaftarkan Citayam Fashion Week (CFW)  jadi merek ini seketika menyulut perdebatan dari netizen. 

Menanggapinya, Baim Wong mengaku CFW bukan jadi brand milik pribadi.

“Citayam Fashion Week ini bukan milik saya.. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yg punya visi MENJADIKAN Citayam fashion week sbg AJANG untuk membuat trend ini menjadi wadah yg legal, dan ga musiman. Dan yg paling penting,bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia,” tulis Baim Wong dalam unggahan klarifikasinya di Instagram.

Namun kini lolos tidaknya Citayam Fashion Week jadi sebuah merek kini juga ditentukan oleh masyarakat. 

4 dari 8 halaman

3. Meremas Ikan

Baim Wong dan Paula Verhoeven juga sempat menjadi sorotan usai video merawat putra pertamanya viral. Saat itu Paula Verhoeven tengah melakukan pelatihan motorik anak. Namun yang menjadi sorotan adalah Baim Wong.

Hal ini bermula dari video saat Paula melatih Kiano memegang ikan dan meremas-remasnya sebagai bagian dari latihan motorik. Aksi itu disayang kan oleh warganet, termasuk dokter hewan.

5 dari 8 halaman

4. Konflik dengan Nikita Mirzani

Perseteruan Baim Wong dengan Nikita Mirzani bermula saat Nikita Mirzani berulang kali menyindir Baim Wong lewat Instagram. Nikita Mirzani menyentil cara Baim Wong yang melakukan giveaway dengan menggunakan uang sponsor.

Meski demikian, Baim Wong memilih tidak menanggapi sindiran wanita yang kerap disapa Nyai tersebut.

Tak hanya sekali, Nikita juga sempat menyemprot Baim Wong yang disebut tak sopan pada orang yang lebih tua. Momen tersebut cukup ramai dibahas karena sikap Baim yang dinilai sangat sinis. Bertolak belakang dengan baim Wong yang mengusir seorang kakek bernama Suhud, Nikita malah membelanjakannya.

6 dari 8 halaman

5. Memarahi Kakek Suhud

Sebelumnya, Baim Wong juga sempat menjadi kontroversi usai memarahi pria tua. Mulanya ia diikuti oleh kakek-kakek yang menggunakan motor yang diketahui bernama Suhud. Sesampainya di rumah, kakek tersebut meminta bantuan kepada suami Paula Verhoeven tersebut.

"Apa? Terus apa hubungannya ngejar-ngejar saya minta uang? Ngikutin saya sampe berapa kilo tadi?" ketus Baim kepada kakek tersebut.

Baim lantas mencontohkan para driver ojek online yang mangkal di depan rumahnya. Ia langsung membagikan uang kepada para ojek online tersebut masing-masing uang Rp 100 ribu.

"Tu kayak dia tu, kerja," ucap Baim kepada kakek Suhud.

"Gini dong kerja. Dapet uang, karena kerja ni. Tu dapet uang, kerja. Jangan ngemis. Masa ngemis, ngikutin, malu-maluin aja minta duit," imbuh Baim kesal.

7 dari 8 halaman

6. Jadikan Monyet Bahan Candaan

Baim Wong menuai kritikan pedas usai dianggap mempermainkan binatang dalam unggahan terbaru di Instagram pada Senin (30/11/2020). Postingan itu juga ditegur keras oleh Richard Kyle.

Dalam video singkat yang diunggah, Baim Wong memperhatikan seekor monyet bernama Chicco yang tengah tertidur. Di situ terlihat ular sengaja dililitkan di tubuh si monyet.

8 dari 8 halaman

7. Berseteru dengan Wartawan

Baim Wong pernah menantang berantam seorang wartawan bernama Wawan di bulan puasa pada 21 September 2008. Kejadian berlangsung di area parkir Pulogadung Trade Center (PTC), Jakarta Timur.

Baim yang waktu itu sudah putus dengan Marshanda dan kembali merajut kasih dengan Vonny ‘Bening’ diminta Wawan agar memberikan waktu wawancara kepada para media yang sudah menunggu lama.

"Baim kasihan nih teman-teman sudah menunggu dari sore," pinta Wawan. Rupanya permintaan Wawan itu dirasa Baim setengah memaksa.

Baim juga menceritakan saat-saat dirinya tersulut emosi oleh Wawan. “Sebenarnya ini ada menyangkut harga diri juga, kita digituin sama orang. Sebenarnya aku tadi nggak kuat. Aku mau pukul itu orang. ‘Gua pukul lu, sini lu.’ Tapi pas aku naik mobil, aku berpikir, ‘kenapa ya aku tadi?” kata Baim Wong. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS