Sukses

7 Tanda-Tanda Hamil 1 Hari yang Paling Akurat, Simak Penjelasan Ahli

Para ahli menjelaskan tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat bisa diketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Kehamilan adalah masa ketika sel telur wanita yang matang telah dibuahi oleh sel sperma, untuk berkembang menjadi janin atau jabang bayi. Apakah mungkin untuk mengetahui tanda-tanda hamil 1 hari dengan akurat?

Para ahli menjelaskan tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat bisa diketahui. Tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat, mulailah dengan memperhatikan bercak darah tanda implantasi.

Kemudian melakukan tes kehamilan setelah mengalami telat datang bulan. Apalagi tanda-tanda hamil 1 hari yang bisa dikenali?

Melansir dari The Bump, pada Rabu (6/7/2022) tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat adalah wanita akan sering buang air kecil, mengalami masa payudara yang amat sakit lebih daripada satu minggu sebelum menstruasi.

Lalu tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat, mengalami kelelahan, mengalami mual di pagi hari atau morning sickness, dan mengalami perut kembung.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat dari penjelasan para ahli, Rabu (6/7/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Hamil 1 Hari yang Paling Akurat

Memahami tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat apakah bisa? Umumnya seseorang yang ingin mengetahui tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat adalah tepat setelah berhubungan badan.

Ini tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat:

1. Muncul Bercak Darah Tidak Biasa

Tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat adalah muncul bercak darah. Para ahli menyebut, tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat adalah ketika muncul bercak darah sebagai ciri implantasi.

Melansir dari Medical News Today, implantasi sebagai tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat terjadi setelah 1-2 minggu pembuahan terjadi. Itu artinya tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat bisa dikenali setelah 14 hari seorang wanita menerima sel sperma.

Para dokter menduga, implantasi atau bercak darah tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel pada lapisan rahim. Hal itu ditegaskan pula dalam pernyataan tertulis Ciputra Hospital.

“Bercak darah hamil muncul di minggu-minggu pertama,” dijelaskan.

Kondisi yang menggambarkan tanda-tanda hamil 1 hari seperti bercak darah muncul adalah setelah telur yang dibuahi menciptakan blastokista (sekelompok sel berisi cairan) yang kemudian berkembang menjadi organ dan bagian tubuh sang jabang bayi.

2. Tes Kehamilan Setelah Telat Menstruasi

Memahami tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat selain dengan memperhatikan bercak darah, juga melakukan tes kehamilan. Melansir dari HealthPartners, waktu yang tepat untuk tes kehamilan untuk mengetahui tanda-tanda hamil 1 hari adalah tepat setelah telat datang bulan atau menstruasi.

Ini karena tes kehamilan untuk memahami tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat, mampu mengukur tingkat human chorionic gonadotrophin (hCG) dalam tubuh seorang wanita. Ini hormon yang mulai terbentuk saat wanita hamil muda.

“Diperlukan sekitar tiga hingga empat minggu dari hari pertama menstruasi terakhir agar ada cukup hCG dalam tubuh untuk muncul pada tes,” dijelaskan.

3 dari 3 halaman

Tanda-Tanda Hamil 1 Hari yang Paling Akurat Lainnya

Apalagi yang bisa menjadi tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat setelah memperhatikan bercak darah dan melakukan tes kehamilan?

Para ahli dalam bidang ini menjelaskan, beberapa wanita melaporkan tanda-tanda hamil 1 hari, setelah mengalami implantasi usai menerima sperma dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu.

Ini mengapa tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat adalah sama dengan tanda hamil pada 2 minggu awal. Melansir dari The Bump, tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat adalah sebagai berikut:

3. Sering Buang Air Kecil

Tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat adalah sering buang air kecil. Dijelaskan, hormon kehamilan dapat menyebabkan wanita lebih sering ke kamar mandi di minggu-minggu pertama kehamilan.

4. Payudara Sakit dan/atau Areola Lebih Gelap.

Tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat adalah payudara sakit. Apabila hormon-hormon kehamilan sudah muncul, maka tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat, tubuh wanita mulai mempersiapkan payudaranya untuk menyusui.

5. Mengalami Kelelahan

Kelelahan total merupakan tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat beberapa wanita kerap dijadikan harapan. Kehamilan membuat tubuh wanita lelah karena wanita membutuhkan banyak energi untuk tumbuh kembang bayi.

6. Mengalami Mual di Pagi Hari

Mengalami mual di pagi hari merupakan tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat paling terkenal. Meski sebenarnya, tanda kehamilan seperti mual biasanya mulai muncul di sekitar minggu ke-4 hingga minggu ke-9 kehamilan.

7. Mengalami Kembung

Saat tubuh mulai menyadari adanya kehamilan, kondisi seperti ini memungkinkan lambatnya proses pencernaan. Inilah tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat karena wanita pada masa itu harus memberikan lebih banyak nutrisi kepada bayi.

Ini bisa menyebabkan sedikit gas dan kembung hingga membesar, membuatnya tampak benar-benar hamil. Meski sebenarnya tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat pada perut tidak akan terlihat.

Wanita akan mempertanyakan seberapa besar bayi dalam kandungan jika mengalami tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat. Dokter Kandungan-Ginekolog, Penasihat Medis, Anna Targonskaya, MD melansir dari Flo Health memberikan penjelasannya.

Dr. Targonskaya menjelaskan pada 2 minggu awal kehamilan atau ketika mengalami tanda-tanda hamil 1 hari yang paling akurat, masih belum ada embrio yang terbentuk.

Meski embrio belum terbentuk, pada 2 minggu awal kehamilan, tubuh wanita telah mempersiapkan kehamilan sejak minggu pertama. Wanita akan melepaskan lapisan rahim yang lama dan mengeluarkan sel telur yang tidak dibuahi bulan lalu.

Pertanyaan tentang seberapa besar bayi dalam kandungan pada 2 minggu awal kehamilan dan setelah mengalami tanda-tanda hamil 1 hari, tentu jawabannya “belum ada bayi dalam kandungan!”

Pada usia 2 minggu kehamilan, satu telur telah menjadi dominan. Maka hormon estrogen akan dilepaskan oleh tubuh wanita hingga merangsang penebalan lapisan rahim. Apabila kadar estrogen sudah cukup tinggi, mereka akan memicu lonjakan LH, atau hormon luteinizing.

Hormon inilah yang akan membuat sel telur yang matang keluar dari folikelnya dan masuk ke dalam tuba Fallopi. Pahami, telur hidup selama 12-24 jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.