Sukses

Viral Siswa SD Sendirian Telat Ambil Rapor Kenaikan Kelas, Alasannya Bikin Haru

Kisah haru siswa SD ambil rapor sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Kelulusan jadi momen yang selalu dinantikan setiap siswa selama menempuh pendidikan. Tak heran jika ajang pengambilan rapor atau laporan pembelajaran jadi syarat seorang siswa untuk dinyatakan lolos. Umumnya orang tua atau wali murid lah yang akan mengambil rapor. Namun tak sedikit siswa yang harus mengambilnya sendiri.

Seperti kisah yang dibagikan oleh seorang guru dalam video yang kini viral di media sosial. Diketahui ia bernama Alfian seorang siswa kelas 5 SD Negeri 2 Gatak, Ngawen, Klaten. Sang guru membagikan video Alfian usai mengambil hasil ujiannya. Mengendarai sepeda, ia datang sendirian tanpa didampingi orang tua.

Bahkan sang guru pemilik akun TikTok @bangbomsss menceritakan alasan Alfian tak bisa tepat waktu datang ambil rapor hasil ujiannya. Siapa sangka, alasan siswa SD itu bikin haru netizen. Akhirnya tak sedikit netizen yang penasaran dengan isi chat antara guru dan Alfian. 

“Anak yang lain ambil rapor diambilkan orang tua. Cuma dia yang WA pak Guru ambil telat. Dan dia ambil sendiri karena suatu hal. Sempet mau marah tapi malah terharu,” tulis sang guru dalam video yang kini beredar.

Beralasan orang tua tak bisa menemani mengambil rapor, Alfian juga terpaksa datang ke sekolah di lain hari. Berikut Liputan6.com merangkum kisahnya melansir dari TikTok @bangbomsss, Selasa (21/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bertanya Lewat Chat

Tampaknya, Alfian bukannya tak ingin mengambil rapor. Tepat setelah hari pengambilan rapor selesai, ia memberanikan diri bertanya sang wali murid lewat Whatsapp. Mulanya Alfian menanyakan sang guru di hari senin ada jadwal ke sekolah. 

Usai menjawab sang guru yang punya panggilan Pak Boma itu menanyakan kenapa Alfian tak bisa mengambil rapor di hari yang telah ditentukan. Dengan polosnya Alfian menjelaskan sang ibu berhalangan hadir ke sekolah dikarenakan kerja. 

Hari senin akhirnya tiba, Alfian juga sempat menanyakan pakaian yang harus dikenakan saat pengambilan rapor. Mengingat saat itu sudah tidak ada lagi para murid lain yang berdatangan.

3 dari 4 halaman

Datang Seorang Diri

Pertemuan Alfian dengan sang guru ini diunggah dalam sebuah video yang kini telah ditonton 6.7 juta kali. Video berdurasi 24 detik itu menampilkan Alfian menenteng buku rapornya sembari menaiki sepeda. Seketika video bersuara latar lagu Pesawat Kertas 365 Hari ini jadi sorotan netizen.

Alfian dengan sepedanya terlihat menjauh usai keberaniannya mengambil rapor sendiri. Ia tak merasa malu bahkan dengan beraninya bertanya lewat chat dan datang sendiri menemui sang guru. 

4 dari 4 halaman

Komentar Haru Netizen

Kisah keberanian Alfian ini lantas jadi sorotan netizen. Lewat video unggahan sang guru @bangbomsss kolom komentar segera dibanjiri perasaan haru netizen. 

“Gak bisa nih liat ginian 😭 Sehattt selalu buat Ade<” komentar @emiliaromadona.

“Tiba tiba ni air mata netes.. I really know what u feel adek.. semoga menjadi orang sukses kelak🥰 aamiin,” komentar @hi.prityy.

“Semangat yaa kamu dek🥺 saya yakin anak anak yang didewasakan oleh keadaan jauh lebih bisa memaknai kehidupan yang sesungguhnya🥰,” komentar @riassml.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.