Sukses

Mabruk Alfa Mabruk Artinya Berkati Seribu Berkah, Lengkap Ucapan Ulang Tahun Lainnya

Mabruk Alfa Mabruk artinya semoga diberkahi dengan ribuan berkah.

Liputan6.com, Jakarta Istilah Mabruk Alfa Mabruk sering kali kita dengarkan saat ada seseorang yang mengucapkan doa selamat ulang tahun. Dalam agama islam, sesama umat muslim wajib memberikan ucapan dan harapan bagi yang sedang ulang tahun.

Mabruk Alfa Mabruk memiliki makna yang dalam dan juga doa bagi orang yang menerimanya bukan hanya sekedar mengenai ucapan selamat ulang tahun. Berangkat dari kebiasaan itu, banyak orang yang kemudian menduga Mabruk Alfa Mabruk artinya selayaknya doa baik untuk mereka yang berulang tahun. 

Untuk lebih rinci, berikut Liputan6.com ulas mengenai arti dan makna Mabruk Alfa Mabruk beserta ucapan ulang tahun islami yang lainnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (20/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Arti Mabruk Alfa Mabruk

Ada beberapa Mabruk Alfa Mabruk artinya menurut Islam yang perlu Anda ketahui, yaitu

1.  Secara Harfiah

Ungkapan mabruk alfa mabruk berasal dari tulisan Arab. Secara harfiah, Mabruk Alfa Mabruk artinya adalah “berkati seribu berkah” atau dapat juga berarti “dapat diberkati dengan ribuan berkah”. Tentu saja ketika teman, sahabat, keluarga, atau rekan kerja yang sedang berulang tahun, akan sangat senang jika ucapan selamat ulang tahun diganti dengan kalimat mabruk alfa mabruk.

2.  Secara Etimologi

Menurut bahasa Arab, kalimat mabruk alfa mabruk terdiri dari 3 kata yaitu:

a.  Mabruk = berkah atau semoga berkah

b.  Alfa = ribuan (banyak)

c.   Alfa Mabruk = seribu berkah

Dengan kata lain, Mabruk Alfa Mabruk artinya “semoga diberkahi dengan ribuan berkah”.

3.  Secara Terminologi

Kata Mabruk Alfa Mabruk diucapkan ketika ada orang yang berulang tahun. Kata ini sebagai pengganti ucapan selamat ulang tahun atau happy birthday. Mabruk Alfa Mabruk artinya ialah semoga mendapat rahmat serta beribu berkah.

3 dari 5 halaman

Makna Mabruk Alfa Mabruk

Ketika orang terdekat atau teman yang sedang berulang tahun, tentunya sesama sahabat muslim ingin memberikan doa terbaik. Sebenarnya ucapan selamat ulang tahun bisa diucapkan dengan bahasa apa saja dan sesuai selera. Namun, agar tidak hanya sekedar ucapan gunakan saja kata Mabruk Alfa Mabruk. Tahukah sahabat muslim sekalian, ucapan tersebut selain ungkapan selamat ulang tahun juga mengandung doa.

Saat mengucapkan Mabruk Alfa Mabruk, secara otomatis juga sudah mendoakan keberkahan bagi yang berulang tahun. Hal ini karena Mabruk Alfa Mabruk artinya adalah “semoga diberkahi dengan ribuan berkah” atau “berkah beribu berkah”. Ucapan ini bisa juga digabung dengan ucapan lainnya yang juga mengandung doa, contohnya mabruk alfa mabruk barakallah fii umrik.

Mabruk Alfa Mabruk memiliki makna sebagai harapan dan doa yang dilantunkan untuk orang yang sedang merayakan hari lahir. Dalam ajaran agama Islam, momen ulang tahun atau bertambahnya usia ini adalah waktu untuk introspeksi diri. Peringatan hari lahir menjadikan waktu yang tepat untuk merenungi apa yang telah dilalui sepanjang usia, apakah umur yang bermanfaat atau tidak.

4 dari 5 halaman

Lagu Ucapan Selamat Tahun Mabruk Alfa Maburk

Selain sebagai ucapan ulang tahun, Mabruk Alfa Mabruk juga menjadi sebuah lagu. Seperti yang dikutip dari buku Dalam Diam karya Kholifatul Mardliyah (2021:207), lirik lagu Mabruk Alfa Mabruk yaitu:

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk

Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat hari milad

Semoga dapat rahmat

Dari Allahu Ahad

Hingga hidup selamat

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk

Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat ulang tahun

Semoga berkah turun

Dari Allah Pengampun

Sehingga hidup rukun

Aamiin aamiin aamiin...

Aamiin aamiin aamiin...

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami Lainnya

Setelah mengetahui Mabruk Alfa Mabruk artinya semoga diberkahi dengan ribuan berkah, ada kata-kata ucapan selamat ulang tahun islami yang memiliki makna tal kalah dalam dari Mabruk Alfa Mabruk. Berikut penjelasannya:

1. "Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak."

2. "Barakallah fii umrik teman, tetaplah menjadi orang yang kuat untuk terus berdakwah di jalan Allah SWT."

3. "Barakallahu fii umrik yaa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat."

4. "Barakallahu fii umrik ukhti (saudara/sahabat perempuan). Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, aminn."

5. "Miladuki sa'idy. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikanNya, semoga dapat menjadi seseorang yang dirindukan oleh surga. Amin."

6. "Barakallah fii umrik, semoga apa pun yang kamu harapkan akan segera terwujud."

7. "Miladuki sa'idy sahabatku. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan di sisa umur yang diberikan-Nya. Amin."

8. "Tidak ada nikmat yang paling indah selain umur yang panjang dan berkah yang telah Tuhan berikan untukmu. Semoga di usiamu yang sekarang, umurmu makin berkah dan segala yang kamu cita-citakan bisa terwujud."

9. "Milad mubarak, Barakallah fii umrik, semoga kamu sehat selalu dan diberikan rezeki yang melimpah."

10. "Selamat ulang tahun wahai soohibuni, semoga selalu diberi umur yang berkah, sehat selalu dan bahagia di dunia dan akhirat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.