Sukses

6 Fakta Jenazah Eril Ditemukan, Diberi Penghormatan di Swiss Sesuai Syariat Islam

Jenazah Eril menjalani prosedur sesuai di Swiss.

Liputan6.com, Jakarta Usai dua pekan hilang jadi korban tenggelam di Sungai Aare, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz akhirnya ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern pada Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 waktu setempat. Kabar ini diiringi duka mendalam bagi keluarga juga masyarakat Tanah Air. 

Kabar ini dikonfirmasi oleh Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad bahwa pihak pihak KBRI dan keluarga Ridwan Kamil menerima informasi dari kepolisian Swiss saat itu ditemukan jasad yang diduga Eril. 

"Sesuai prosedur yang berlaku, tim forensik kepolisian segera melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad yang ditemukan. Itu betul ananda Eril," tutur Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6/2022).

Terpisah, lewat laman Instagram pribadinya, Ridwan Kamil mengklarifikasi kabar ditemukannya Eril

"Allahu Akbar! Alhamdulillah ya Allah SWT. Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtadz sudah ditemukan," tulis Kang Emil.

Ditemukannya Eril di Bendungan Engehalde lantas dilakukan penanganan sesuai prosedur yang berlaku. Salah satunya identifikasi DNA yang juga melibatkan sang ibunda, Athalia. Kecocokan DNA jadi alasan kuat Ridwan Kamil segera mengambil cuti sepekan dan terbang ke Swiss, menjemput jenazah putranya tercinta.

Akan dimakamkan di Indonesia, berikut Liputan6.com merangkum fakta terbaru penemuan jenazah Eril di Sungai Aare melansir dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kondisi Saat Ditemukan

Tepat di hari Rabu Pagi 8 Juni 2022, menjadi hari yang dinantikan usai putra Gubernur Jawa Barat, Eril hilang selama dua pekan. Polisi wilayah Bern melaporkan ada seorang pria tergeletak di air pada Bendungan Engehalde. Spesialis polisi maritim dari kepolisian Cantonal Bern menemukan sesosok tubuh di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

"Orang hilang diselamatkan tak bernyawa dari Aare pada Rabu 8 Juni pagi, seorang pria tak bernyawa diselamatkan dari Aare di bendungan Engehalde di Bern," demikian dikutip dari laman kantor Polisi Bern police.be.ch, Kamis (9/6/2022).

3 dari 7 halaman

2. Penghormatan Sesuai Syariat Islam

Dalam konferensi persnya, Muliaman Hadad mengatakan sekitar dua jam sebelum konferensi pers yang dilakukan pada 19.30 WIB, pihak Pengadilan Swiss telah memberikan kewenangan kepada keluarga Ridwan Kamil yang ada di Bern untuk menerima jasad Eril.

"KBRI Bern memastikan penghormatan hak-hak ananda Eril sebagai muslim terpenuhi sesuai syariat Islam," kata Muliaman.

Lebih lanjut ia mengatakan KBRI Bern akan mendampingi pihak keluarga untuk proses pengurusan repatriasi. KBRI juga akan mengawali repatriasi hingga ananda Eril tiba di Indonesia.

4 dari 7 halaman

3. Atalia Samakan DNA

Muliaman Hadad lewat konferensi pers mengatakan, forensik kepolisian melakukan identifikasi dan penelusuran DNA, untuk memastikan bahwa jenazah yang ditemukan tersebut benar, adalah ananda Eril. Kamis siang pihak kepolisian menyampaikan konfirmasi bahwa jenazah yang ditemukan kemarin ananda Emmeril Kahn Mumtadz.

Kepastian bahwa jenazah tersebut adalah Eril juga diunggah ibunda Eril, Atalia Praratya. Melalui story di akun Instagramnya, Atalia juga mengucapkan syukur atas ditemukannya sang putra.

“Alhamdulillah Allahu Akbar. DNA sudah dinyatakan sama dengan saya. Innalillaahi Wainna ilaihi raajiun,” tulis Atalia.

5 dari 7 halaman

4. Ridwan Kamil Jemput Eril

Begitu mendengar kabar bahwa Eril ditemukan, Kang Emil langsung bergegas terbang ke Swiss, menjemput jenazah putranya tercinta. Mengutip News Liputan6.com, Kepala Biro Adpim Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakan, izin cuti Gubernur Jabar berlaku mulai 9 Juni hingga 19 Juni 2022.

"Terkait izin Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah berinisiatif kembali untuk menyampaikan permohonan izin ke luar negeri dengan alasan penting dan Alhamdulillah sudah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri mulai dari 9-19 Juni 2022," tutur Wahyu dalam konferensi pers di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (9/6/2022).

6 dari 7 halaman

5. Jenazah Dipulangkan ke Indonesia

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6) dan akan dimakamkan keesokan harinya atau Senin.

"Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin," ujarnya melalui akun instagram pribadinya, Kamis (9/6).

7 dari 7 halaman

6. Ridwan Kamil Ucapkan Terima Kasih

Kang Emil pun menyampaikan rasa terima kasih lewat Instagram pribadinya kepada semua pihak yang telah membantu. Selama ini, banyak pihak turut andil dalam proses pencarian Eril yang tenggelam di Sungai Aare, Swiss.

"Terima kasih kepada KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintah Kota Bern atas kerja kerasnya," terang Kang Emil.

"Jazakallah kepada semua pihak yang turut membantu dalam pencarian dan kepada yang ikhlas mendoakan Eril, semoga Allah SWT membalas berlipat kebaikan dan keikhlasan anda semua," lanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.