Sukses

Ovipar Adalah Hewan yang Bertelur, Ketahui Ciri dan Contohnya

Ovipar adalah cara reproduksi.

Liputan6.com, Jakarta Ovipar adalah salah satu kategori hewan berdasarkan cara reproduksinya. Hewan ovipar bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar. Ovipar adalah kata yang paling sering digunakan dalam kelas biologi untuk membedakan hewan bertelur dari hewan yang melahirkan.

Ovipar adalah cara reproduksi banyak ikan, amfibi dan reptil, semua burung, monotremata, dan sebagian besar serangga dan arakhnida. Ovipar adalah hewan yang memiliki karakteristik khas. Mengetahui apa itu ovipar adalah cara mengenali reproduksi hewan. Contoh hewan ovipar adalah ayam.

Ovipar adalah hewan yang ditemukan di hampir semua kelompok organisme vertebrata dan beberapa kelompok invertebrata. Berikut pengertian ovipar, ciri, dan contohnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal ovipar

Hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan bertelur. Telur kemudian menetas menjadi hewan muda. Kata "ovipar" berasal dari kata Latin yang menggabungkan ovum, atau "telur" dengan parere yang berarti "untuk melahirkan". Dengan demikian, hewan ovipar adalah hewan yang melahirkan keturunan dengan bertelur.

Oviparitas telah menjadi strategi evolusi di banyak hewan di mana beberapa menghasilkan banyak telur kecil dan rapuh sementara yang lain menghasilkan sedikit telur tetapi kuat dan besar. Telur hewan ovipar ditutupi dengan cangkang keras atau lunak, tergantung pada hewannya. Ukuran telur juga menjadi ciri khas hewan tersebut.

3 dari 5 halaman

Cara perkembangbiakan ovipar

Pada hewan ovipar, pembuahan terjadi secara internal tetapi perkembangan embrio terjadi secara eksternal. Hewan darat yang bertelur, sering kali dilindungi oleh cangkang, seperti reptil dan serangga. Mereka bereproduksi setelah menyelesaikan proses pembuahan internal. Hewan yang tinggal di air, seperti ikan dan amfibi, bertelur sebelum pembuahan, dan jantan meletakkan spermanya di atas telur yang baru diletakkan dalam proses yang disebut pembuahan eksternal.

Di kerajaan hewan, pembuahan eksternal adalah jenis pembuahan di mana fusi sperma-telur terjadi secara eksternal, di luar tubuh betina. Embrio berkembang dan matang di lingkungan eksternal. Sedangkan pada fertilisasi internal, peleburan sel sperma-sel telur terjadi di dalam tubuh betina. Sementara pembuahan telur dapat terjadi secara internal atau eksternal, hewan ovipar selalu menetaskan anak mereka di luar tubuh mereka.

Anak-anak hewan ovipar berkembang dari bahan yang disediakan di dalam telur. Telur mengandung kuning telur, yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan anak untuk berkembang menjadi organisme yang akhirnya dapat menetas menjadi hewan mandiri.

Melansir Britannica, secara umum, jumlah telur yang dihasilkan oleh spesies yang menelur jauh melebihi jumlah keturunan dari spesies yang melahirkan, tetapi peluang untuk bertahan hidup berkurang karena kurangnya perlindungan ibu.

4 dari 5 halaman

Ciri hewan ovipar

Berikut ciri-ciri hewan ovipar:

- Bereproduksi dengan bertelur

- Beberapa hewan memproduksi banyak telur ntuk bertahan hidup

- Beberapa hewan seperti katak mungkin mengalami pembuahan eksternal di mana betina pertama kali bertelur, dan jantan datang untuk menyebarkan spermanya untuk membuahi sel telur. Telur yang dibuahi kemudian berkembang sampai kecebong menetas darinya.

- pada hewan lain seperti ayam, jantan membuahi betina, menghasilkan pembuahan internal. Betina kemudian bertelur dan menjaga telur yang telah dibuahi menetas menjadi anak ayam.

- Telur hewan ovipar ditutupi dengan cangkang keras atau lunak, tergantung pada hewannya.

- Setelah bertelur, beberapa hewan duduk di atas telur agar tetap hangat sementara yang lain mengubur telur di pasir.

- Hewan ovipar biasanya menghasilkan telur pada waktu tertentu dalam setahun tergantung pada ketersediaan makanan karena mereka memberikan nutrisi ke telur melalui kantung kuning telur.

5 dari 5 halaman

Contoh hewan ovipar

Burung

Burung pada umumnya ovipar, dan bertelur bercangkang keras yang telah dibuahi secara internal. Banyak dari anak-anaknya yang precocial, atau memiliki kemampuan untuk berjalan dan makan segera setelah menetas. Hewan ovipar yang paling dikenal adalah ayam.

Reptil

Hewan ovipar selanjutnya adalah reptil. Kecuali beberapa spesies ular, semua reptil lainnya adalah ovipar. Telur reptil sering kali memiliki cangkang yang jauh lebih lembut, seringkali kasar saat disentuh. Namun, seperti burung, telur diinkubasi di dalam sarang. Jika burung lebih suka duduk di sarang mereka untuk memberikan kehangatan pada telur, reptil cenderung mengubur telur mereka sepenuhnya di liang atau sarang gundukan.

Ikan

Hampir semua ikan bersifat ovipar. Banyak ikan betina bertelur di sarang. Jantan segera masuk untuk membuahi telur dengan melemparkan sperma mereka ke atas sarang. Dalam hal ini baik jantan maupun betina melemparkan gamet mereka (telur dan sperma) ke dalam lingkungan dengan harapan mereka akan menemukan satu sama lain.

Amfibi

Kebanyakan amfibi juga ovipar. Contonya adalah katak. Katak adalah amfibi bertelur yang memiliki telur agar-agar lembut yang membutuhkan hidrasi konstan. Mereka bertelur di kolam atau sumber genangan air lainnya. Fertilisasi pada amfibi sebagian besar bersifat eksternal.

Tidak seperti reptil dan burung, amfibi sering muncul dari telur dalam bentuk larva. Bentuk ini memiliki ekor dan insang, yang memungkinkannya untuk terus berkembang di kolam atau badan air tempat ia dilahirkan. Akhirnya kecebong atau larva akan bermetamorfosis menjadi bentuk dewasa, kehilangan ekornya dan menumbuhkan anggota badan yang besar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.