Sukses

Apa Itu Insecure? Kenali dari Ciri-Cirinya

Insecure adalah perasaan tidak percaya diri karena suatu hal.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu insecure? Memahami apa itu insecure adalah wujud dari perasaan tidak tenang, tidak aman, dan tidak percaya diri yang dipengaruhi oleh suatu hal.

Dalam buku berjudul Emotional First Aid: Healing Rejection, Guilt, Failure, and Other Everyday Hurts oleh Guy Winch Ph.D. menjelaskan apa itu insecure adalah dipengaruhi penolakan.

“Penolakan pasti membuat individu melihat dirinya sendiri dan orang lain secara lebih negatif, setidaknya untuk sementara waktu,” dijelaskan.

Konsep sederhana tentang apa itu insecure yang sama juga dijelaskan APA Dictionary of Psychology. Apa itu insecure adalah perasaan tidak mampu, kurang percaya diri, dan ketidakmampuan untuk mengatasi suatu keadaan.

Agar lebih memahaminya, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa itu insecure, ciri-ciri insecure, jenis-jenis insecure, dan cara mengatasi insecure, Senin (11/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Insecure?

Memahami apa itu insecure adalah istilah yang asal katanya dari bahasa Inggris yang artinya merasa tidak aman, tidak kukuh, atau tidak percaya diri.

Apa itu insecure adalah perasaan tidak tenang karena suatu hal. Dalam buku berjudul Emotional First Aid: Healing Rejection, Guilt, Failure, and Other Everyday Hurts oleh Guy Winch Ph.D. menjelaskan apa itu insecure adalah dipengaruhi penolakan.

“Penolakan pasti membuat individu melihat dirinya sendiri dan orang lain secara lebih negatif, setidaknya untuk sementara waktu,” dijelaskan.

Apa itu insecure dalam konsep pengertian yang sederhana?

Memahami apa itu insecure adalah wujud perasaan ketidakmampuan hingga memunculkan perasaan tidak aman. APA Dictionary of Psychology, menjelaskan apa itu insecure adalah perasaan tidak mampu, kurang percaya diri, dan ketidakmampuan untuk mengatasi.

Doctor of Medicine, Dan Brennan, MD melansir dari WebMD, menjelaskan apa itu insecure adalah perilaku yang menghasilkan kecemasan tentang tujuan, hubungan, dan kemampuan dalam menangani situasi tertentu. Apa itu insecure adalah memiliki penyebab eksternal yang tidak pasti.

Apa itu insecure adalah bisa muncul di segala bidang kehidupan. Ada tiga penyebab utama sesuai arti apa itu insecure. Melansir dari Psychology Today, penyebab insecure adalah kegagalan, kecemasan sosial, dan perfeksionisme.

Sementara itu ada empat jenis insecure yang perlu diketahui yang bisa mendefinisikan apa itu insecure. Masih melansir WebMD, ini penjelasan jenis-jenis insecure:

1. Insecure dalam Hubungan

Jenis insecure yang paling umum adalah menyangkut hubungan atau "keterikatan" seseorang. Ini berhubungan dengan anak kecil dan orang tuanya sendiri.

Ketika orang tua atau wali, tidak dapat diandalkan dan mendukung anaknya sendiri dalam suatu situasi, ini menimbulkan perasaan insecure pada anak.

Tidak perlu dimulai pada anak usia dini. Insecure adalah dapat muncul di mana pun dari pengalaman seseorang, terutama dalam hubungan dekat yang tidak saling membangun.

2. Insecure dalam Pekerjaan

Ini dipengaruhi oleh kecemasan atas kinerja pekerjaan sendiri atau kecemasan atas faktor-faktor di luar kendali. Misalnya saja seperti ekonomi, tren industri, konflik tempat kerja, atau bahaya restrukturisasi atau kegagalan perusahaan.

3. Insecure dalam Citra Tubuh

Sumber rasa insecure yang umum lainnya adalah citra tubuh. Banyak orang merasa tidak aman tentang penampilan mereka dan mempertanyakan apakah mereka sesuai dengan cita-cita yang dipaksakan. Orang-orang dari semua tipe tubuh dapat mengalami jenis insecure ini.

4. Insecure dalam Sosial

Jenis insecure dalam lingkup sosial adalah berhubungan dengan cara diri dipersepsikan oleh rekan-rekan dan kemudahan seseorang dalam berinteraksi dengan mereka. Insecure ini bisa menjadi masalah tingkat rendah yang berulang atau dapat berkembang menjadi gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Insecure dan Cara Mengatasinya

Memahami lebih mendalam tentang apa itu insecure tidak cukup hanya dengan mengetahui definisinya, coba cek ciri-ciri insecure. Apabila ciri-ciri yang lebih spesifik tentang insecure ditemukan, simak pula cara mengatasi insecure yang tepat. Begini penjelasannya.

Ciri-Ciri Insecure:

Memahami arti insecure adalah wujud dari perasaan tidak aman hingga tidak percaya diri. Melansir dari WebMD yang dipaparkan oleh Doctor of Medicine, Dan Brennan MD begini ciri-ciri insecure.

1. Memiliki Harga Diri Rendah

Ciri-ciri insecure adalah memiliki harga diri yang rendah atau citra diri yang negatif. Ini berhubungan dengan seseorang yang berpikir buruk tentang diri sendiri atau kemampuan diri sendiri dalam menghadapi sesuatu.

2. Perfeksionis

Ciri-ciri insecure adalah berperilaku perfeksionis. Ini berarti ketidakmampuan untuk puas dengan sebuah pencapaian dan membuat seseorang selalu merasa tidak aman atau insecure.

3. Melakukan Isolasi Mandiri

Ciri-ciri insecure adalah kerap mengisolasi diri. Ketidakamanan sosial atau insecure dapat menyebabkan orang menghindari interaksi sosial lalu mengasingkan diri. Orang-orang ini lebih suka berinteraksi secara virtual dalam yang menurutnya bisa lebih dikendalikan.

4. Cemas atau Menghindar

Ciri-ciri insecure adalah selalu merasa cemas dan cenderung menghindar. Kecemasan ditandai dengan ketergantungan emosional (mengandalkan orang lain untuk melegakan emosionalnya sendiri).

Lalu ada ketakutan akan kesendirian dan fantasi hubungan sempurna yang tidak pernah dapat dipenuhi. Cenderung menghindar juga berasal dari rasa tidak aman, contohnya mereka yang menjaga hubungan dangkal dan melepaskan diri dari hubungan yang lebih intim.

5. Performa Kerja yang Buruk

Ciri-ciri insecure adalah memiliki performa kerja yang buruk. Seseorang yang tidak memiliki pekerjaan yang stabil dapat memotivasi beberapa orang, tetapi lebih sering menghasilkan kinerja yang lebih buruk.

Orang dengan perasaan insecure seperti ini akan cenderung melakukan ketidakhadiran (menghindari pekerjaan), niat berpindah (ingin berganti pekerjaan segera setelah dimulai), pelepasan dari rekan kerja, dan memiliki sikap kerja yang buruk.

6. Depresi

Ciri-ciri insecure adalah mengalami depresi. Semua jenis rasa tidak aman atau insecure dapat menyebabkan penurunan kesehatan mental. Perilaku atau pemikiran yang depresif atau cemas merupakan efek dari rasa tidak aman, terutama ketika rasa tidak aman itu menghasilkan (atau disertai dengan) keyakinan dan pola pikir yang salah.

Cara Mengatasi Insecure:

Perilaku insecure bukan hal yang bisa dibenarkan karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental seseorang. Ini cara mengatasi insecure, melansir dari Health Line.

1. Tegaskan Nilai Diri

Catat semua yang bisa dilakukan dengan benar. Mengingat bagaimana membantu tetangga dengan belanjaan mereka atau membantu bos selama pertemuan penting, dapat membantu fokus pada kontribusi daripada kekurangan.

2. Prioritaskan Kebutuhan Sendiri

Jika selalu memperhatikan kebutuhan orang lain dan melupakan kebutuhan sendiri, itu artinya tidak cukup menghargai diri sendiri. Menambahkan lebih banyak perawatan diri ke rutinitas harian dapat membantu melawan pikiran negatif dan membangun harga diri.

3. Hindari Pikiran Negatif

Sangat mudah untuk menjadi keras pada diri sendiri setelah tersandung atau membuat kesalahan. Tetapi menyalahkan diri sendiri karena tidak mendapatkan promosi besar itu atau lupa membuat panggilan telepon penting membuatmu terjebak dalam lingkaran negatif rasa malu dan membenci diri sendiri.

4. Habiskan Waktu Bersama Orang Tercinta

Tidak ada yang lebih baik daripada mengelilingi diri dengan orang-orang yang penuh kasih dan suportif untuk membangun kepercayaan diri dan membuat merasa diterima apa adanya.

5. Menjauhlah dari Situasi Menyusahkan

Memperhatikan orang-orang dan situasi yang menurunkan harga diri dapat membantu menentukan apa yang harus dihindari. Jika kamu mengelilingi diri dengan apa yang disebut "teman" yang terbiasa menunjukkan kekurangan, itu adalah tanda yang jelas untuk menemukan teman yang lebih baik.

6. Lakukan Hal yang Membahagiakan

Prioritaskan menghabiskan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang memberimu kegembiraan dan kebahagiaan. Apakah itu meringkuk dengan buku atau memasak makanan enak dari awal. Lebih baik lagi, pertimbangkan untuk mempelajari keterampilan baru atau melakukan hobi yang selalu ingin dicoba.

7. Fokus Pada Langkah Kecil

Mengatasi rasa insecure dan membangun harga diri tidak terjadi dalam semalam. Cobalah untuk bersikap baik kepada diri sendiri selama proses ini dan jangan berkecil hati jika keadaan tidak membaik secepat yang inginkan juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.