Sukses

Cara Memilih Babysitter yang Terpercaya, Lakukan Proses Ini

Mencari babysitter yang terpercaya tidaklah sulit.

Liputan6.com, Jakarta Pengasuh anak atau babysitter sangat membantu orang tua dalam mengasuh anak. Babysitter terutama sangat dibutuhkan bagi orang tua pekerja. Babysitter bertugas menjaga anak dan memastikannya tetap aman setiap saat. 

Namun, mencari babysitter yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan bukanlah tugas yang mudah. Meski kini sudah banyak penyalur babysitter, masih saja ditemukan kasus-kasus kekerasan dan abai dari babysitter. Ini sebabnya, penting mengetahui cara mencari babysitter yang terpercaya.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ketika memilih babysitter. Cara memilih babysitter yang terpercaya ini adalah dengan melakukan serangkaian pengamatan, wawancara, dan pengecekan latar belakang. Mengetahui kecocokan anak dan babysitter juga menjadi bagian penting dalam proses ini.

Berikut 9 cara memilih babysitter yang terpercaya, dirangkum Liputan6.com dari Verywellfamily dan The New York Times, Jumat(18/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara memilih babysitter yang terpercaya

Mencari dari orang yang dikenal

Bisa dibilang, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan rekomendasi pribadi. Tempat terbaik untuk mulai mencari babysitter yang baik adalah di dalam komunitas yang dikenal. Ini seperti sekolah, lingkungan rumah, tempat kerja, atau keluarga. Jika mencari babysitter di luar lingkaran pribadi, hubungi referensi.

Hubungi referensi

Setelah memiliki beberapa opsi, penting untuk memeriksa referensi. Mintalah kandidat untuk setidaknya mencantumkan satu hingga dua referensi. Ini mungkin datang dari guru, pemimpin kelompok remaja atau dari keluarga lain yang telah menggunakan pengasuh.

Saat menghubungi keluarga tempat pengasuh bekerja sebelumnya, tanyakan berapa banyak anak yang mereka miliki. Ketika menelepon referensi mereka, tanyakan tentang ketergantungan pengasuh, kemampuan untuk menerima instruksi, keterampilan komunikasi, toleransi terhadap stres dan penilaian. Juga, cari tahu apakah mereka pernah memiliki masalah dengan cara pengasuh berinteraksi dengan anak-anak mereka.

3 dari 6 halaman

Cara memilih babysitter yang baik

Undang dan amati pengasuh

Langkah selanjutnya adalah mengundang pengasuh untuk mengajukan pertanyaan dan melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan anak-anak. Jenis interaksi ini menunjukkan tingkat kenyamanan calon pengasuh dengan anak-anak. Penting untuk memilih babysitter yang sesuai dengan metode pengasuhan.

Pastikan untuk bertanya tentang pelatihan pengasuh dalam pertolongan pertama atau CPR. Diskusikan apa yang mungkin mereka lakukan dalam situasi darurat tertentu. Seorang pengasuh yang kompeten akan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan membuktikan bahwa mereka dapat menangani pekerjaan itu.

Atur uji coba terlebih dahulu

Mintalah babysitter datang dan mengawasi anak saat Anda di rumah. ihat bagaimana mereka berinteraksi dengan anak. Luangkan waktu untuk mengamati: Bisakah mereka menaiki dan menuruni tangga tanpa terlalu banyak usaha? Bisakah mereka menangani bayi yang menggeliat, atau mengganti popok bayi yang mencoba berguling?. Orang yang merawat anak juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, terbuka untuk menerima arahan dan merespons dengan cepat.

4 dari 6 halaman

Cara memilih babysitter yang baik

Tentukan kualifikasi

Periksa kualifikasi pengasuh dengan karakteristik tertentu. Apakah mereka memiliki pelatihan Pertolongan Pertama/CPR? Apakah mereka memperlihatkan kedewasaan, penilaian yang baik, dan akal sehat? Apakah mereka tampak ramah, bertanggung jawab, dan menyenangkan? Apakah pengasuh merokok? Apakah mereka rapi dan terorganisir?

Di luar kualifikasi apa pun, yang paling penting adalah Anda mengikuti naluri Anda. Apakah Anda mendapatkan perasaan yang baik tentang pengasuh dan apakah Anda mempercayai orang ini dengan anak?

Pertimbangkan tingkat pengalaman, energi, dan keterlibatan

Pengalaman seperti apa yang mereka miliki dalam perawatan bayi? Ini seharusnya bukan pertama kalinya bagi mereka. Idealnya, Anda perlu menemukan seseorang yang telah merawat anak dalam rentang usia anak Anda. Pengasuh juga harus memiliki pelatihan pertolongan pertama dan CPR dasar dan tahu bagaimana merespons dalam keadaan darurat.

5 dari 6 halaman

Cara memilih babysitter yang baik

Tanyakan gaji

Tanyakan kepada babysitter berapa biaya yang mereka kenakan sehingga tidak ada kebingungan atau ketidaknyamanan saat mereka muncul untuk mengawasi anak-anak. Tarif mengasuh anak berbeda berdasarkan lokasi, jumlah anak, pengalaman, dan banyak faktor lainnya.

Tayakan pada anak

Saat melakukan uji coba, tanyakan pada anak tentang babysitternya. Tergantung pada usia dan kepribadian anak-anak, Anda mungkin bisa mendapatkan pemahaman yang baik tentang pengasuh berdasarkan informasi dari anak. Apakah anak bersenang-senang? Apakah mereka diberi makan dan bahagia? Banyak anak menangis atau menunjukkan kecemasan perpisahan ketika orang tua mereka meninggalkan mereka dengan pengasuh baru.

6 dari 6 halaman

Ajukan pertanyaan

Jalankan melalui beberapa skenario umum untuk melihat bagaimana pengasuh akan merespons. Anda bisa menanyakan pertanyaan berikut: Apa yang Anda lakukan jika bayi tidak berhenti menangis? Apa yang Anda lakukan jika bayi menolak botol atau makanan? Apa yang Anda lakukan jika bayi menolak untuk tidur? Apa yang Anda lakukan dalam keadaan darurat?

Tanyakan tentang pengalaman mereka. Anak usia berapa yang mereka asuh? Keterampilan apa yang masih mereka kerjakan?. Satu lagi yang penting saat ini: Apakah Anda divaksinasi? Bayi masih mengembangkan sistem kekebalannya. Semua pengasuh harus mendapatkan suntikan flu tahunan dan mendapatkan informasi terbaru tentang vaksinasi mereka.

Pertanyaan tambahan untuk diajukan meliputi: Jenis kegiatan apa yang mereka rencanakan untuk dilakukan bersama bayi? Apakah mereka berencana untuk membawa bayi keluar dan berkeliling? Bagaimana jika hujan? Bagaimana mereka menangani bayi yang sedang bad mood?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.