Sukses

9 Potret Alas Kaki Kuno Ini Bentuknya Unik, Dipakai Ribuan Tahun Lalu

Alas kaki kuno yang kini sudah sulit untuk ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya pakaian, alas kaki yang merupakan salah satu item fashion juga ikut berubah seiring dengan perkembangan zaman. Alas kaki mempunyai peranan penting untuk membuat penampilan seseorang jadi lebih menarik.

Fashion makin beragam, model dari alas kaki mulai dari sandal sampai sepatu juga ikut alami perubahan. Bahkan setiap zamannya selalu ada model sepatu atau sandal baru yang sedang tren.

Adanya model alas kaki yang baru tentunya akan membuat alas kaki pada zaman dahulu tergerus oleh waktu. Alhasil alas kaki dengan model zaman dahulu kini sulit untuk ditemukan. Oleh karenanya jika ingin melihat model alas kaki kuno harus mengunjungi museum sebagai tempat penyimpanan barang-barang kuno.

Setiap negara punya alas kaki kuno yang unik dan berbeda-beda. Sederet alas kaki zaman dahulu dengan model yang beragam disimpan di beberapa tempat yang berbeda. Usia dari sederet alas kaki kuno dengan model unik ini pun usianya sudah puluhan tahun.

Berikut Liputan6.com merangkum dari Brightside tentang potret alas kaki kuno yang bentuknya unik, Senin (21/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Sandal terbuka yang sudah berusia 5.000 tahun ini masih dipakai di India. Sandal dengan bentuk unik ini dan jejak kakinya dianggap suci dalam agama Buddha dan Hindu.

3 dari 10 halaman

2. Alas kaki ini bernama namaksin. Secara teori, alas kaki ini seperti sepatu bot karet kuno. Alas kaki tersebut merupakan sepatu kayu Korea yang dibuat untuk cuaca hujan, dari tahun 220-280 M.

4 dari 10 halaman

3. Alas kaki bernama kothornos ini adalah sepatu panggung Romawi kuno yang dikenakan oleh para aktor tragedi agar terlihat lebih tinggi.

5 dari 10 halaman

4. Sandal untuk anak-anak dari Mesir ini berusia 3.000 tahun. Bentuknya sandal ini unik dan simpel.

6 dari 10 halaman

5. Sepatu yang disebut sepatu teratai ini merupakan sepatu yang dikenakan oleh gadis-gadis China pada 1800-1943. Sepatu ini dikenakan oleh gadis-gadis Cina yang kakinya diikat sejak kecil untuk mencegahnya tumbuh.

7 dari 10 halaman

6. Sepatu yang disebut sepatu bot stoking ini digunakan di Swedia atau Jerman sekitar akhir abad ke-19.

8 dari 10 halaman

7. Sudah ada sejak 1948, alas kaki yang bernama klomps ini adalah sepatu kayu tradisional Belanda. Alas kaki tersebut masih dipakai oleh beberapa petani dan tukang kebun.

9 dari 10 halaman

8. Sandal dengan pom-pom raksasa ini merupakan alas kaki tradisional suku Wayúu, penduduk asli Venezuela utara dan Kolombia tahun 1980.

10 dari 10 halaman

9. Sepatu bernama Ichigi ini merupakan sepatu bot kulit dengan sol tipis yang dipakai di dalam ruangan oleh pria dan wanita dari Kazakhstan, tahun 1900-an

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.