Sukses

Arti Bacot dalam Bahasa Gaul, Ketahui Makna dan Ciri-Ciri Orangnya

Arti bacot diketahui merupakan singkatan dari bahasa Jawa yang artinya banyak cocot atau banyak bicara.

Liputan6.com, Jakarta Arti bacot dalam bahasa gaul ternyata memiliki makna banyak dalam beberapa versi. Istilah bacot sangat pupoler diucapkan oleh anak-anak milenial. Bahkan, arti bacot ini juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Istilah yang populer ini dapat berarti berbeda sesuai dengan konteks yang dibicarakan. Pemaknaan bahasa gaul bisa dilakukan dengan begitu fleksibel. Bisa jadi, di lingkaran kalian arti bacot adalah "banyak cocot", tapi ternyata punya makna berbeda di lingkaran pertemanan lainnya.

Bahkan banyak masyarakat awam yang menganggap arti bacot adalah gabungan dari babi dan bekicot. Supaya tidak keliru dalam menggunakan dan mengucapkannya, ada baiknya anda memahami arti bacot.

Berikut ini ulasan mengenai arti bacot dalam bahasa gaul, ciri-ciri orang bacot, dan kata populer lainnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (1/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Istilah Bacot

Bacot diketahui merupakan singkatan dari bahasa Jawa yang artinya banyak cocot atau banyak bicara. Dalam Kamus Bahasa Indonesia atau KBBI, arti bacot adalah mulut, atau banyak mulut. Istilah ini digunakan dalam arti yang negatif, dan untuk mengomentari seseorang yang banyak bicara sehingga justru mengganggu orang disekitarnya.

Selain arti dalam bahasa Jawa, istilah ini ternyata juga berasal dari singkatan berbahasa Inggris yakni bad attitude control of tongue (Bacot). Arti bacot dalam bahasa Inggris juga serupa dengan pengertian dalam bahasa Indonesia dan Jawa, karena sama-sama mengarah kepada perkataan yang dilakukan seseorang.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia bad attitude control of tongue adalah penggunaan lidah (perkataan) yang buruk. Baik dalam bahasa Inggris maupun Indonesia, kata bacot merupakan bahasa yang tidak baku. Bacot adalah bahasa slang yang dimaksudkan sama seperti "omong kosong" karena terlalu banyak berbicara.

Kata bacot juga tidak dapat ditemukan di kamus-kamus bahasa Inggris seperti Merriam-Webster dan Oxford Dictionary, karena merupakan kalimat yang tidak umum. Namun, istilah ini menjadi bahasa gaul yang telah populer penggunaannya sejak tahun 2015 lalu. Penggunaan kata bacot juga masih banyak dipakai oleh anak muda milenial hingga saat ini, mulai dari saat berkomentar di berbagai platform media sosial sampai aplikasi chatting seperti Whatsapp dan Telegram.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Orang Banyak Bicara atau Bacot

Selain memahami arti bacot, kalian juga perlu mengetahui ciri-ciri orangnya. Hal ini akan berguna bagi kalian untuk mengenali dan menjauhi orang bacot di sekitar. Tak hanya itu, ciri-ciri ini bisa menjadi bahan perenungan agar kalian tak sampai terjerumus pada kenyamanan menjadi orang bacot. Berikut penjelasannya:

1. Suka memberikan kritik pada hal-hal yang tak patut dikomentari.

2. Berbagai hal di hadapannya menjadi sesuatu yang mengganggu, sekalipun itu sebenarnya merupakan hal lazim.

3. Berusaha untuk menarik perhatian agar dipandang dari keaktifan dalam berbicara.

4. Sering menjadi orang pertama yang memulai gosip.

5. Sering ikut campur urusan orang lain, entah itu kepo atau justru sok tahu.

6. Sering membagikan sesuatu yang sebenarnya tak penting-penting amat. Justru malah jadi mengganggu orang di sekitar.

7. Senang memberi nasihat karena merasa punya kewajiban untuk menentukan jalan hidup orang lain.

8. Merendahkan pendapat orang lain.

9. Gemar menghakimi atas pilihan hidup yang diambil oleh orang lain.

10. Menjadi orang paling berisik.

4 dari 4 halaman

Arti Kata Populer Lainnya

1. Ghosting

Kata Ghosting semakin populer digunakan anak muda Indonesia. Bahkan, tahun lalu istilah ini menjadi salah satu kata yang banyak dicari di mesin pencarian Google di Indonesia. Ghosting bisa berarti hantu yang dapat menghilang secara tiba-tiba. Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali. Orang yang melakukan ghosting, yang biasanya adalah orang dekat kamu, tiba-tiba menghilang tanpa kabar dan tidak bisa dihubungi lagi. 

2. Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

3. Ngab

Ngab merupakan kebalikan dari Bang. Kata ini memang memiliki makna Bang, yang merupakan kata sapaan untuk kakak laki-laki. Kata ini sering digunakan di media sosial untuk memanggil seseorang.

4. Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

5. Receh 

Receh merupakan sebutan untuk guyonan yang kurang lucu tapi bisa bikin tersenyum.

6. Gercep

Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya. Gercep adalah tanggapan yang cepat oleh seseorang terhadap sesuatu.

7. Halu

Kata halu artinya halusinasi. Istilah untuk seseorang yang sedang berkhayal, berimajinasi tinggi tapi tidak bisa mewujudkannya.

8. OTW

Kata OTW memiliki arti on the way. Istilah bagi orang yang mau atau sedang berangkat ke tujuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.