Sukses

Drama Korea Jadi Inspirasi, Judul Skripsi Mahasiswa Ini Unik dan Menarik

Tak hanya sekadar tontonan, drakor bisa jadi ide tugas akhir.

Liputan6.com, Jakarta Sajikan cerita yang seru dan beragam, drama Korea jadi tontonan favorit banyak orang. Tak hanya di negeri Ginseng, drama Korea juga diminati oleh masyarakat di negara lain, salah satunya di Indonesia.

Saking hobinya menonton drama korea, pecinta Kdrama sampai tahu bahasa Korea sehari-hari hingga mengambil banyak pelajaran dari drama Korea. Uniknya, rupanya drama Korea juga bisa jadi inspirasi untuk judul skripsi. 

Pemilik akun TikTok @noppuchino unggah sebuah video tentang skripsinya yang berkaitan dengan drama Korea. Video singkat ini pun ramai melintasi linimasa FYP TikTok dan bikin warganer penasaran bagaimana drama Korea bisa jadi ide untuk tugas akhirnya.

Dalam laman TikTok pribadinya, pemilik akun @noppuchino memang cukup sering unggah konten tentang drama Korea. Tak heran jika kecintaannya terhadap drama Korea membuat dirinya mendapatkan ide unik untuk menyelesaikan skripsi.

Judul skripsi mahasiswa yang berkaitan dengan drama Korea ini dilansir Liputan6.com dari laman TikTok @noppuchino pada Senin (31/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ide Skripsi dari Drama Korea

Drama Korea sudah menghipnotis banyak orang. Kecintaan terhadap drakor membuat banyak orang menjadikan drama Korea sarana untuk menghilangkan penat dan mencari hiburan sederhana ketika di rumah.

Bahkan lebih jauh drama Korea dijadikan ide dan inspirasi untuk menggarap tugas akhir. Seperti yang dilakukan oleh pemilik akun @noppuchino menjadikan drama Korea sebagai ide untuk menggarap skripsi. Hal tersebut tentunya menjadi bukti bahwa drama Korea tak selamanya harus dipandang negatif.

Dalam ungggahannya, sang pemilik akun memperlihatkan judul skripsinya yang berhubungan dengan drama Korea True Beauty. Judul skripsi sang pemilik akun adalah ‘Representasi Kecantikan dalam Drama Korea (Analisis Semiotika Representasi Konsep Kecantikan Perempuan dalam Drama Korea True Beauty)’.

“Aaa finally😭 sarjana drakor beneran inimah🤣.” Tulis sang pemilik akun pada keterangan unggahannya.

Sang pemilik akun menjelaskan detail skripsi yang digarapnya dalam video kedua. Setelah video pertama viral dan ditonton sampai satu juta kali, sang pemilik akun unggah video bagian kedua dan menjelaskan tentang skripsinya yang berkaitan dengan drakor True Beauty.

3 dari 4 halaman

Disetujui Dosen Pembimbing

Dalam video bagian kedua, pemilik akun @noppuchino menjelaskan alasannya mengapa menjadikan drakor sebagai inspirasi. Sang pemilik akun menuturkan jika dirinya memang ingin membahas tentang film atau drama Korea untuk tugas akhirnya agar tidak jenuh.

Lebih lanjut sang pemilik akun menjelaskan bahwa skripsi yang digarapnya berhubungan dengan standar kecantikan wanita. Lebih lanjut pemilik akun @noppuchino menuturkan bahwa latar belakangnya mengambil drakor True Beauty karena makin kesini, banyak wanita Indonesia yang menjadikan Korea Selatan sebagai kiblat mulai dari kecantikan sampai fashion.

Dalam unggahannya, sang pemilik akun juga menjelaskan bahwa dosen pembimbingnya menyetujui tema tersebut karena menutur dosen pembimbingnya hal tersebut penting untuk dibahas.

Wanita bernama Noviyanti ini juga menambahkan bahwa ia hanya mengambil satu episode saja untuk skripsinya. Meski hanya satu episode, sang pemilik akun berhasil menulis skripsi sampai 165 halaman.

Pakai metode analisis semiotika, sang pemilik akun menjelaskan bahwa metode tersebut merupakan metode analisis yang digunakan untuk menganalisis tanda, kode, hingga lambang di setiap scene-nya.

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah pada 26 Januari 2022 ini sudah ditonton lebih dari 1 juta kali untuk video pertama dan video bagian kedua ditonton lebih dari 90 ribu kali. Ada sekitar lima ribu komentar yang dibubuhkan warganet pada kolom komentar dan sudah dibagikan lebih dari tiga ribu kali.

“Skripsinya menarik, pen bacaa kalau aku jadi dosennya ku acc.” Tulis Ulfeh.

“Dia membuktikan bahwa menonton drama Korea tidak sia-sia, aku ikut bahagia liatnya.” Kata @annarizkiyah16 disertai emot love.

“Anak ilmu komunikasi mah emng rata rata begini skripsi nya, gw juga anak ilmu komunikasi skripsi nya bahas selebgram dan hedonism.” Timpal nanda.a_ disertai emot ketawa.

“Ahhh seru banget gasih ngerjainnya? Ada gambar mama segala lagi.” Imbuh bukansadgirl disertai emot nangis.

“Aku jurusan ilmu hukum pidana mengangkat kasus yang ada di drakor law scholl.” Tambah laparTerus disertai emot ketawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.