Sukses

Brosur adalah Media Promosi, Ketahui Cara Membuatnya

Brosur tetap menjadi andalan dalam promosi.

Liputan6.com, Jakarta Brosur adalah media promosi yang saat ini masih banyak digunakan. Meski mulai tergeser dengan promosi digital, brosur adalah alat yang tetap menjadi andalan dalam promosi. Brosur adalah media berbentuk kertas yang berisi informasi, ajakan, atau promosi tertentu.

Brosur adalah salah satu bentuk pemasaran terbaik yang bisa digunakan. Brosur yang dirancang dengan baik dapat penginformasikan pembaca, meningkatkan kredibilitas, menarik audiens target, dan pada akhirnya mengarahkan konsumen untuk mengambil tindakan. Brosur adalah alat yang dapat dengan mudah memberikan hasil yang cepat untuk menarik pelanggan.

Cara membuat brosur adalah langkah penting dalam menggunakan alat promosi. Berikut pengertian brosur dan cara membuatnya agar menarik perhatian yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (18/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu brosur?

Kata brosur berasal dari kata kerja bahasa Prancis brocher yang berarti menjahit. secara harfiah, brosur berarti "karya yang dijahit". Brosur adalah buklet kecil, atau kertas lipat yang memberikan detail singkat tentang apa yang dipromosikan.

Brosur biasanya berisi ilustrasi dan dibuat untuk menarik perhatian dan mudah dibaca. Gaya brosur yang umum adalah satu lembar, sering kali dilipat menjadi tiga agar ukurannya pas untuk dimasukkan ke dalam amplop.

Brosur hadir dalam beberapa bentuk dan ukuran dan dapat berkisar dari satu halaman hingga buklet multi-halaman terikat yang lebih umum. Mereka biasanya terdiri dari gambar disertai dengan teks pendukung. Brosur adalah dokumen kertas informatif untuk promosi, yang dapat dilipat menjadi templat, pamflet, atau selebaran.

Brosur adalah alat pemasaran yang digunakan untuk mengiklankan produk, layanan, atau kampanye tertentu. Brosur hadir dalam beberapa bentuk dan ukuran dan dapat berkisar dari satu halaman hingga buklet multi-halaman terikat yang lebih umum. Mereka biasanya terdiri dari gambar disertai dengan teks pendukung.

3 dari 7 halaman

Fungsi brosur

Brosur umumnya digunakan oleh bisnis untuk mengiklankan produk atau layanan utamanya. Brosur adalah media promosi berisi pesan informatif. Brosur adalah alat pemasaran yang digunakan untuk mengiklankan produk, layanan, atau kampanye tertentu. Tujuan utama brosur adalah untuk memperluas pengetahuan pembaca tentang satu topik tertentu.

Brosur berfungsi memperkenalkan perusahaan, organisasi, produk, atau layanan dan menginformasikan kepada pelanggan potensial atau anggota masyarakat tentang manfaatnya. Brosur biasanya didistribusikan di dalam surat kabar, dibagikan secara pribadi, atau ditempatkan di rak brosur.

Brosur mudah dipahami oleh pembaca karena menggunakan bahasa yang lugas untuk menciptakan kesadaran tentang sesuatu. Sebagian besar brosur yang dirancang dengan baik membutuhkan sedikit waktu untuk menarik perhatian audiens.

4 dari 7 halaman

Cara membuat brosur

Melansir Creativebloq, berikut cara membuat brosur yang menarik:

Ketahui tujuan

Seperti halnya semua perencanaan, langkah pertama adalah mengidentifikasi tujuan brosur. Ini akan menentukan bagaimana keseluruhan pemasaran brosur akan berjalan, dan desain dari brosur itu sediri.

Batasi font

Brosur yang menarik tidak memerlukan banyak font. Kamu hanya perlu menentukan font heading, subheading, dan body copy. Font menentukan keterbacaan teks, mengatur nada brosur, dan memengaruhi daya tarik visualnya.

5 dari 7 halaman

Cara membuat brosur

Utamakan pembaca

Saat memikirkan cara mendesain brosur, ingatlah tujuan akhirnya. Apakah ini brosur yang akan diposting sebagai tanggapan atas permintaan yang dibuat di situs web? Apakah itu hadiah di pameran, atau brosur yang ditinggalkan? Ketika seseorang membukanya, apa yang akan dikatakannya kepada mereka?

Gunakan pernyataan sederhana

Terkadang ide sederhana adalah yang terbaik. Bisa dibilang, ajakan bertindak adalah bagian terpenting dari brosur. Ini adalah bagian di mana kamu mengarahkan pembaca ke tindakan yang dimaksudkan. Apakah itu untuk membeli produk, memeriksa situs web, atau memanfaatkan diskon, penting untuk selalu menyertakan pernyataan yang akan mengarahkan pelanggan.

6 dari 7 halaman

Cara membuat brosur

Buatlah kesan pertama yang baik

Desain brosur harus sesuai dengan apa yang dipromosikan. Misalnya, bada amal tidak menginginkan brosur mewah yang akan membuat orang berpikir bahwa mereka telah menghabiskan banyak uang untuk itu, sedangkan produk baru mungkin memerlukan brosur yang tampak luar biasa di stan pameran.

Fokus pada keterbacaan

Jangan mempersulit orang untuk membaca brosur. Jenis abu-abu pada latar belakang putih dan jenis gelap pada latar belakang gelap sulit dibaca. Begitu juga halaman yang memiliki banyak teks dan font kecil.

7 dari 7 halaman

Cara membuat brosur

Pilih lipatan

Mengetahui jenis lipatan yang dibutuhkan sangat penting. Pikirkan tentang bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan karya tersebut. Untuk brosur bifold misalnya, mereka akan melihat sampulnya dan membukanya untuk mengungkapkan bagian dalamnya. Kemudian mereka akan menutupnya untuk mengungkapkan bagian belakang.

Perhatikan alur baca

Pikirkan tentang bagaimana pembaca ingin menerima informasi. Seimbangkan jumlah teks dan visual pada setiap panel brosur. Kedua elemen ini dimaksudkan untuk bekerja sama dan saling mendukung untuk menghasilkan produk jadi yang mencolok. Gunakan warna untuk membuat hierarki dalam salinan.

Permudah dalam merespons

Pastikan nama bisnis, nomor telepon, dan url situs web mudah ditemukan di brosur. Tambahkan halaman Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Twitter. Kode QR yang membawa orang ke halaman produk atau ke halaman untuk mendaftar adalah opsi lain yang perlu dipertimbangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.