Sukses

Pengertian Syukur dalam Islam dan Cara Melakukannya yang Dianjurkan

Secara bahasa, pengertian syukur berasal dari bahasa Arab “syakaro-yaskuru-syukron” yang artinya pujian kepada pemberi kebaikan.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian syukur adalah bagian dari rasa berterimakasih, lega, senang, bangga, dan masih banyak lagi. Dalam Islam, pengertian syukur adalah dekat dengan ibadah. Mulai dari terus memuji asma Allah SWT, mengingat-ingat nikmat-Nya, dan senantiasa bersujud kepada-Nya.

Allah SWT berfirman:

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.” (QS. Al-Baqarah ayat 152).

Abu Sai’d al-Kharraz dalam buku berjudul Dahsyatnya Energi Syukur, Istigfar, Muhasabah oleh Muhammad Azhar mengungkap pengertian syukur adalah mengakui nikmat kepada yang memberi nikmat dan menyatakannya secara rabubiyahnya.

Itulah pengertian syukur dalam Islam singkat yang bisa dipahami. Berikut Liputan6.com ulas lebih dalam tentang pengertian syukur dan cara melakukannya, Rabu (22/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Syukur dalam Islam

Memahami pengertian syukur adalah wujud perasaan berterimakasih yang sesungguhnya. Syukur adalah bagian dari perasaan lega, senang, bangga, dan masih banyak lagi lainnya. Secara bahasa, pengertian syukur berasal dari bahasa Arab “syakaro-yaskuru-syukron” yang artinya pujian kepada pemberi kebaikan.

Dalam buku berjudul Ajaibnya Tafakkur Dan Tasyakkur untuk Percepatan Rezeki oleh Ahmad Zainal Abidin, pengertian syukur adalah ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT karena telah diberikan sebuah kenikmatan. Perilaku dari pengertian syukur, umumnya dapat digambarkan dari tindakan, aktivitas, dan wujud ketaatan seseorang kepada Tuhannya.

Abu Sai’d al-Kharraz dalam buku berjudul Dahsyatnya Energi Syukur, Istigfar, Muhasabah oleh Muhammad Azhar mengungkap pengertian syukur adalah mengakui nikmat kepada yang memberi nikmat dan menyatakannya secara rabubiyahnya. Bersyukur berarti sadar bahwa segala bentuk nikmat yang akan datang tak mungkin dari selain Allah SWT.

Bersyukur bisa dimulai dengan menyadari keberadaan anggota tubuh yang dimiliki. Mengutip dari buku berjudul Mutiara Ihya’ ‘Ulumuddin oleh Sang Hujjatul Islam, contoh perilaku yang menggambarkan pengertian syukur adalah mensyukuri kenikmatan mata untuk menutupi seluruh aib yang terlihat dan tidak menggunakannya dalam kemaksiatan.

Kemudian mensyukuri kenikmatan telinga dengan menutup aib-aib yang didengar kecuali pada hal-hal yang diperbolehkan. Itulah pengertian syukur dan contohnya yang perlu diketahui.

3 dari 4 halaman

Bentuk-Bentuk Rasa Syukur

Ada tiga bentuk rasa syukur yang bisa dipahami seperti diungkap dalam buku berjudul Dahsyatnya Energi Syukur, Istigfar, Muhasabah oleh Muhammad Azhar. Mulai dari syukur hati, syukur lisan, dan syukur anggota badan. Ini penjelasannya:

1. Syukur Hati

Wujud dari pengertian syukur hati adalah mengingat-ingat kembali kenikmatan yang mencakup nikmat lahir maupun batin. Lalu segala yang nampak maupun tak tampak seperti iman, nafas, nyawa, darah, dan seluruh organ yang kita miliki adalah kumpulan “spare part organ tubuh” yang tak ternilai harganya.

2. Syukur Lisan

Wujud dari pengertian syuku lisan adalah memuji Sang pemberi nikmat dengan mengucapkan pujian atas nikmat yang disandang. Inilah mengapa setiap selesai melakukan sesuatu aktivitas, agama mengajarkan untuk mengucapkan pujian.

Misalnya saja setelah berpakaian kita memuji-Nya sebab betapa banyak orang yang tidak berpakaian, setiap naik kendaraan kita memuji- Nya sebab betapa banyak yang tak mempunyai kendaraan, ketika pagi kita memuji-Nya sebab betapa banyak mereka yang tak sempat menikmati pagi, dan seterusnya.

3. Syukur Anggota Badan

Wujud dari pengertian syukur anggota badan adalah senantiasa membalas nikmat sesuai dengan kewajiban masing-masing organ itu sendiri.

4 dari 4 halaman

Cara Bersyukur dalam Islam

Ada berbagai macam cara bersyukur dalam Islam yang bisa dilakukan, sesuaikan saja dengan kemampuan. Dalam Islam, pengertian syukur adalah dekat dengan ibadah. Ini cara bersyukur dalam Islam yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Berterima Kasih kepada Orang Lain

Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat Tuhan adalah dengan berterima kasih kepada manusia yang telah menjadi perantara sampainya nikmat Allah pada Anda.

2. Merenungkan Nikmat-Nikmat Tuhan

Di dalam Al-Qur’an sering kali Tuhan menggugah hati manusia, bahwa ternyata banyak sekali nikmat yang dilimpahkan-Nya sejak umat manusia datang ke Bumi, agar sadar dan bersyukur kepada Allah SWT. Tuhan pun berfirman:

“Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (QS. An-Nahl:78).

3. Qana’ah

Coba untuk selalu merasa cukup atas nikmat yang ada pada diri Anda. Hal ini akan membuat Anda selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sebaliknya, saat Anda senantiasa merasa tidak puas, selalu merasa kekurangan, merasa Allah tidak pernah memberi kenikmatan padanya sedikitpun, maka begini Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Jadilah orang yang wara’, maka engkau akan menjadi hamba yang paling berbakti. Jadilah orang yang qana’ah, maka engkau akan menjadi hamba yang paling bersyukur.” (HR. Ibnu Majah no.3417, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

4. Sujud Syukur

Salah satu cara untuk mengungkapkan rasa syukur adalah dengan melakukan sujud syukur.

5. Berzikir

Merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Ada beberapa dzikir tertentu yang diajarkan oleh Rasulullah khusus mengungkapkan rasa syukur Anda kepada Allah SWT.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.