Sukses

Arti Filosofi adalah Memahami Alam Semesta Secara Keseluruhan, Ini Penjelasan Ahli

Tahukah bahwa sebenarnya arti filosofi oleh para filsuf itu dimaknai berbeda-beda?

Liputan6.com, Jakarta Memahami arti filosofi adalah bagian dari ilmu filsafat. Asal usul arti filosofi adalah dijelaskan Britannica, dalam bahasa Inggris “phylosophy” yang berasal dari bahasa Yunani (Latin) “philosophia” dengan arti cinta kebijaksanaan atau upaya memahami alam semesta secara keseluruhan. Hal-hal yang dikaji berdasarkan arti filosofi adalah segala bentuk pertimbangan rasional, abstrak, dan metodis realitas sebagai keseluruhan atau dimensi fundamental.

Tahukah bahwa sebenarnya arti filosofi oleh para filsuf itu dimaknai berbeda-beda? Dicontohkan oleh Britannica, Plato (c. 428-c. 348 SM), Thomas Hobbes (1588-1679), dan John Stuart Mill (1806-1873), memahami arti filosofi adalah bagian dari obsesinya dengan politik dan kehidupan sosial. Kemudian Pythagoras (c. 580–c. 500 SM), René Descartes (1596–1650), dan Bertrand Russell (1872–1970), para filsuf ini memandang arti filosofi adalah bagian dari matematika.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memahami arti filosofi adalah sama dengan filsafat. Ada empat arti filosofi yang dijabarkan. Arti filosofi adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya. Arti filosofi adalah teori yang mendasari alam pikiran atau suatu kegiatan. Arti filosofi adalah ilmu yang berintikan logika, estetika, metafisika, dan epistemologi.

Terakhir, arti filosofi adalah bagian dari falsafah. Agar lebih memahami apa itu arti filosofi, berikut Liputan6.com ulas penjelasannya, Kamis (16/12/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Filosofi Menurut Para Ahli

1. Arti Filosofi Menurut Aristoteles

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ilmu (pengetahuan) yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik dan estetika (filsafat keindahan).

2. Arti Filosofi Menurut Immanuel Kant

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ilmu (pengetahuan), yang merupakan dasar dari semua pengetahuan dalam meliput isu-isu epistemologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab pertanyaan tentang apa yang dapat kita ketahui.

3. Arti Filosofi Menurut Drs H. Hasbullah Bakry

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai ketuhanan, alam semesta dan manusia, sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana hakikatnya sejauh yang dapat dicapai oleh akal manusia, dan bagaimana sikap manusia itu seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.

4. Arti Filosofi Menurut The Liang Gie

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah pemikiran yang sedalam-dalamnya yangbebas dan teliti mengenai katuhanan, alam dan manusia yang bertujuanhanya untuk mencari hakikat kebenaran.

5. Arti Filosofi Menurut Bertrand Russel

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah kritik terhadap pengetahuan. Filsafat memeriksa secara kritis azas-azas yang dipakaidalam ilmu pengetahuan dan kehidupan sehari-hari, dan mencari suatuketidakselarasan yang dapat terkandung di dalam azas-azas itu. Filsafat adalah suatu yang terletak antara theologia dan ilmu pengetahuan terletak di antara dogma-dogma dan ilmu-ilmu eksakta.

6. Arti Filosofi Menurut D.C. Mulder

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah pemikiran teoritistentang susunan kenyataan sebagai keseluruhan. Ilmu filsafat itumengabstraksi susunankenyataan dan membuat susunan itu menjadisasaran pemikirannya.

7. Arti Filosofi Menurut N. Driyarkara

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah perenungan yangsedalam-dalamnya tentang sebab-sebab “ada” dan “berbuat”, perenungan tentang kenyataan (reality) yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa”yang penghabisan.

8. Arti Filosofi Menurut Notonagoro

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah menelaah hal-hal yang menjadi objeknya dari sudut intinya yang mutlak dan yang terdalam, yang tetap dan yang tidak berubah; yang disebut hakikat.

9. Arti Filosofi Menurut Al Farabi

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ilmu (pengetahuan) tentang sifat bagaimana sifat sesungguhnya dari kebenaran.

10. Arti Filosofi Menurut Rene Descartes

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah kumpulan semua pengetahuan bahwa Allah, manusia dan alam menjadi pokok penyelidikan.

3 dari 3 halaman

Arti Filosofi Menurut Para Ahli Selanjutnya

11. Arti Filosofi Menurut Plato

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.

12. Arti Filosofi Menurut Langeveld

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah berpikir tentang masalah final dan menentukan, yaitu masalah makna keadaan, Tuhan, kebebasan dan keabadian.

13. Arti Filosofi Menurut Ir. Proedjawijatna

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ilmu yang berusaha untuk menemukan penyebabnya deras untuk segala sesuatu dengan pikiran belaka.

14. Arti Filosofi Marcus Tullius Cicero

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yang maha agung dan usaha-usaha untuk mencapainya. Muslim terbesar sebelum Ibnu Sina, mengatakan : Filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.

15. Arti Filosofi Menurut Prof. Dr. Fuad Hasan

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ikhtiar untuk berpikir radikal, artinya mulai dari radiksnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang hendak dimasalahkan. Dan dengan jalan penjajakan yang radikal itu filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal.

16. Arti Filosofi Menurut IR Poedjawijatna

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ilmu yang berusaha untuk mencari sebab yang sedalam-dalamnya bagi segala sesuatu berdasarkan pikiran belaka.

17. Arti Filosofi Menurut Fung Yu Lan

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah pikiran yang sistematis danrefleksi tentang hidup.

18. Arti Filosofi Menurut Ibnu Sina

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.

19. Arti Filosofi Menurut Robert Ackerman

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah tinjauan kritis mengenai pendapat secara ilmiah dengan cara melakukan perbandingan terhadap kriteria tertentu. Dimana pembanding yang digunakan yang dikembangkan dari pendapat-pendapat bidang lain.

20. Arti Filosofi Menurut Stephen R. Toulmin

Mengenal arti filosofi atau filsafat adalah unsur-unsur yang terlibat dalam proses penyeleidikan ilmiah. Misalnya terlibat dalam pengamatan, perbincangan, metafisis, dan berbagai macam penelitian lainnya yang dilakukan secara ilmiah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.