Sukses

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja Online, Begini Pendaftaran dan Manfaat yang Didapatkan

Pahami cara membuat akun kartu prakerja secara online serta proses pendaftarannya yang benar, jangan sampai salah situs web!

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat akun Kartu Prakerja yang sekarang sudah lebih mudah karena bisa diakses secara online melalui situs web www.prakerja.go.id. Cocok buat calon peserta Kartu Prakerja yang belum memiliki akun dan ingin membuat akun.

Bagi calon pendaftar Kartu Prakerja, cara membuat akun Kartu Prakerja online penting diketahui dan dipahami, karena bikin lebih siap melalui berbagai macam proses saat pembukaan gelombang baru tiba. Selain manfaat tersebut, cara membuat akun Kartu Prakerja online yang benar bisa meminimalisir terjadinya penipuan.

Dilansir dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id, bahwa alamat situs Kartu Prakerja yang resmi hanya www.prakerja.go.id. Pastikan bahwa situs diakhiri dengan go.id.

Perlu dijadikan perhatian juga bahwa calon pendaftar Kartu Prakerja harus lebih waspada untuk tidak memberikan data pribadi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), nomor hp, alamat email, atau data pribadi lainnya kepada pihak yang tidak bertanggungjawab.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat akun Kartu Prakerja online dan pendaftarannya dari berbagai sumber, Senin (22/2/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Kartu Prakerja

Pada awalnya, Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang digunakan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan bagi para pencari kerja. Kemudian program Kartu Prakerja ini dijadikan sebagai respon dampak dari pandemi Covid-19, sehingga diprioritaskan bagi buruh atau pekerja yang terkena dampaknya.

Dilansir dari laman prakerja.go.id, semua warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, bisa mendapatkan kartu Prakerja.

Untuk mendapatkan Kartu Prakerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yakni Warga Negara Indonesia (WNI), berusia 18 tahun, dan tidak sedang sekolah atau kuliah. Beberapa pihak yang tidak bisa mendapatkan Kartu Prakerja adalah pejabat negara, DPRD, ASN, TNI, Polri, perangkat desa, hingga direksi-komisaris BUMN-BUMD.

Bagi peserta yang lolos seleksi akan menerima manfaat berupa insentif Rp3.550.000 per orang, dengan rincian Rp1 juta untuk pelatihan, Rp600.00 per bulan selama empat bulan, dan Rp150.000 insensif setelah melakukan maksimal 3 kali survei.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja Secara Online

Situs web program Kartu Prakerja sudah bisa diakses bagi publik yang ingin membuat akun Kartu Prakerja. Meski cara membuat akun Kartu Prakerja sudah bisa dilakukan lebih dulu, tetapi pendaftarannya tetap mengikuti pengumuman gelombang dari Pemerintah. Pembukaan akses berkala hanya diperuntukkan untuk membuat akun saja.

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja bagian Syarat:

1. Berstatus sebagai WNI (Warga Negara Indonesia).

2. Minimal berusia 18 tahun.

3. Calon peserta sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja bagian Proses:

Sebelum praktik cara membuat akun Kartu Prakerja online, pastikan sudah menyiapkan koneksi internet yang stabil. Berkasnya sudah dipersiapkan betul dan siap diinput.

Berikut cara membuat akun Kartu Prakerja:

1. Cara membuat akun Kartu Prakerja yang pertama adalah masuk ke laman prakerja.go.id.

2. Lalu cara membuat akun Kartu Prakerja dilanjutkan dengan memasukkan alamat email yang aktif.

3. Pastikan untuk mengingat atau mencatat sebelum praktik cara membuat akun Kartu Prakerja bagian memasukkan password dan konfirmasi password.

4. Langsung saja selesaikan dan pilih “Daftar”.

5. Apabila sudah memilih daftar, cara membuat akun Kartu Prakerja tahap selanjutnya, peserta akan diberi link verifikasi di email yang telah didaftarkan.

6. Kemudian lanjutkan cara membuat akun Kartu Prakerja dengan memilih menu Metode Verifikasi.

7. Masukan kode verifikasi yang diterima, sesuaikan betul dan jangan sampai salah menginput kodenya.

8. Bila cara membuat akun Kartu Prakerja terakhir sudah diselesaikan, maka pendaftaran dipastikan berhasil dan pendaftar sudah punya akun Kartu Prakerja.

4 dari 6 halaman

Pentingnya Membuat Akun Kartu Prakerja Secara Online

Pembukaan akses situs web www.prakerja.go.id secara berkala hanya berlaku untuk pembuatan akun saja. Untuk pendaftaran Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan saat gelombang pembukaan Kartu Prakerja sudah mendapat kepastian dari pemerintah.

"Dengan membuat akun, nantinya Sobat hanya tinggal mengikuti seleksi saja ketika ada pembukaan gelombang," jelas dalam akun Instagram resminya @prakerja.go.id.

Calon peserta yang sudah praktik cara membuat akun Kartu Prakerja dan berhasil memiliki akun, dapat dipastikan bisa meminimalisir kesulitan jaringan dan lebih siap ketika pembukaan gelombang tiba.

5 dari 6 halaman

Cara Mendaftar Kartu Prakerja dan Mengecek Statusnya

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

1. Cara mendaftar Kartu Prakerja yang pertama adalah masuk ke laman prakerja.go.id, login akun yang sudah terdaftar secara online, dan klik menu Daftar Kartu Prakerja

2. Lanjutkan cara mendaftar Kartu Prakerja dengan menuntaskan pengisian formulir. Mulai dari verifikasi KTP, data diri, dan nomor telepon sesuai format yang disediakan, serta unggah KTP.

3. Tahap berikutnya cara mendaftar Kartu Prakerja adalah memasukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS, lalu klik Verifikasi.

4. Bila sudah berhasil memasukkan kode OTP, cara mendaftar Kartu Prakerja bisa lanjut mengisi Pernyataan Pendaftar sampai selesai.

5. Pendaftar Kartu Prakerja akan diminta untuk mengisi tes motivasi dan kemampuan dasar. Setelah cara mendaftar Kartu Prakerja tahap ini selesai, akan ada hasil tes yang dievaluasi.

6. Paling tidak, peserta harus menunggu sekitar 5 menit. Jika belum ada perubahan dalam waktu tersebut, coba Refresh atau lakukan pembaharuan halaman web.

7. Bila cara mendaftar Kartu Prakerja telah berhasil, pilih gelombang program yang diinginkan, ini disesuaikan dengan domisili, setelah itu pilih “Gabung”.

8. Terakhir, cara mendaftar Kartu Prakerja tahap ini akan memunculkan konfirmasi pilihan gelombang pendaftar. Bila sudah sesuai, pilih “Gabung” lagi.

Cara Mengecek Status Pendaftaran Kartu Prakerja

Pasca selesai praktik cara mendaftar Kartu Prakerja dengan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, pendaftar akan menerima pemberitahuan melalui akun yang sudah terdaftar secara online.

Jika tidak, pendaftar bisa langsung mengecek status pendaftaran Kartu Prakerja di laman prakerja.go.id melalui akun yang didaftarkan, langsung saja klik menu “Cek Status Pendaftaran”.

Bila sudah berhasil memiliki Kartu Prakerja, peserta bisa mengikuti pelatihan. Kemudian, pemerintah akan memberikan uang insentif sebagai biaya pelatihan yang akan diikuti. 

6 dari 6 halaman

Manfaat Memiliki Kartu Prakerja

Tujuan diadakannya program Kartu Prakerja adalah memberikan keterampilan yang bisa digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha.

Selain menawarkan insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600 ribu, benefit yang tak kalah penting dari program ini adalah pelatihan.

Dana pelatihan maksimal Rp 1 juta, peserta bisa memilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhannya, contohnya bahasa Inggris. Di Prakerja, terdapat beberapa mitra kerjasama yang menyediakan pelatihan ini.

Mengutip dari akun Instagram resminya @prakerja.go.id, berikut ini manfaat dari penggunaan Kartu Prakerja:

1. Setiap peserta akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 3.550.000.

2. Biaya pelatihan sebesar Rp 1.000.000.

3. Insentif pasca pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan.

4. Insentif survei kebekerjaan dengan total Rp 150.000.

Setiap peserta hanya bisa mendapat manfaat Kartu Prakerja sekali seumur hidup. Jangan lupa untuk menggunakan Kartu Prakerja dengan bijak, ya!

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini