Sukses

8 Cara Menggunakan Santan Kelapa untuk Rambut, Cegah Rontok dan Kusam

Liputan6.com, Jakarta Santan kelapa merupakan bahan yang banyak digunakan dalam masakan. Santan mengandung lemak, protein, natrium, zat besi, kalsium, fosfor, dan kalium. Selain masakan, santan juga mengandung lemak yang dapat menutrisi rambut, kulit, dan kuku.

Dalam hal kesehatan rambut, santan dapat mengembalikan kelembapan dan kekuatan rambut. Santan juga mengandung vitamin B 12 dan seng yang membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Vitamin E-nya juga melawan kerusakan akibat radikal bebas yang bisa merusak rambut.

Manfaat minyak santan kelapa bisa didapat dari penggunaan sampo atau kondisioner yang mengandung bahan ini. Santan kelapa juga bisa dijadikan masker rambut rumahan untuk meningkatkan kesehatan rambut. Masker rambut buatan sendiri dapat dibiarkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas.

Berikut 8 cara menggunakan santan kelapa untuk rambut, dirangkum Liputan6.com dari Stylecraze, Kamis(5/11/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

Santan untuk pertumbuhan rambut

Panaskan ¼ cangkir santan di panci hingga agak hangat. Aplikasikan pada kulit kepala dengan pijatan lembut selama 15 menit. Lanjutkan dengan mengaplikasikan santan dari akar hingga ujung rambut.

Tutup rambut dengan shower cap dan biarkan selama 45 menit. Bilas dan cuci rambut dengan sampo biasa. Ulangi cara ini sekali dalam seminggu.

Santan akan menembus kulit kepala dan kutikula. Perawatan ini dapat menutrisi dan mengkondisikan folikel dan batang rambut. Santan memberi kelembapan dan nutrisi ekstra yang memperbaiki tekstur dan kesehatan rambut.

3 dari 9 halaman

Santan dan air lemon

Campur empat sendok makan santan dan dua sendok teh air lemon. Dinginkan di lemari es selama empat jam. Selama waktu ini, santan akan sedikit mengental, oleskan campuran yang mengental ini ke kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 45 menit dan tutupi rambut dengan shower cap. Bilas dengan air dan sampo seperti biasa. Ulangi cara ini seminggu sekali.

Air lemon kaya akan vitamin C. Vitamin ini menutrisi kulit kepala serta meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok.

4 dari 9 halaman

Santan dan madu

Campurkan empat sendok makan santan dan dua sendok makan madu dalam mangkuk. Pijat campuran tersebut ke kulit kepala dan aplikasikan ke rambut dari akar hingga ujung. Tutupi rambut dengan shower cap dan biarkan selama satu atau dua jam. bilas dan keramas dengan sampo biasa. Lakukan cara ini sekali dalam seminggu.

Madu memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang baik untuk melawan ketombe dan gatal. Madu juga merupakan pelembap yang baik untuk rambut. Madu mampu menyembuhkan luka kulit kepala yang iritasi. Saat digunakan dalam kombinasi dengan santan, ini memperkuat efek positif santan pada rambut dengan mengunci kelembapan dan nutrisi.

5 dari 9 halaman

Santan dan minyak zaitun

Campurkan empat sendok makan santan, satu sendok makan minyak zaitun, dan madu. Panaskan campuran ini selama 2 menit. Pijat campuran yang sedikit hangat ke kulit kepala dan kemudian aplikasikan di seluruh rambut dari akar hingga ke ujung.

Diamkan campuran selama satu jam dan tutupi rambut dengan shower cap. Bilas campuran dengan sampo biasa dan selesaikan dengan kondisioner. Lakukan cara ini sekali seminggu.

Masker rambut ini bisa dijadikan kondisioner alami untuk rambut lembut dan mudah diatur. Panas tambahan dari pemanasan campuran akan memungkinkan penetrasi nutrisi penting secara maksimal ke dalam batang dan folikel rambut.

6 dari 9 halaman

Santan dan lidah buaya

Haluskan tiga sendok makan santan, satu sendok makan lidah buaya, dan segenggam daun basil hingga menjadi pasta yang kental dan halus. Pijat pasta ini ke kulit kepala dan oleskan ke seluruh rambut dari akar hingga ujung. Tutup dengan shower cap dan biarkan selama 30 menit. Bilas rambut dengan air hangat. Ulangi ini sekali atau dua kali seminggu.

Basil dan lidah buaya membantu mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Mereka juga membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan mengatasi masalah seperti ketombe dan iritasi.

7 dari 9 halaman

Santan dan telur

Gunakan pengocok untuk mengocok satu putih telur sampai mengembang. Tambahkan lima sendok makan santan dan kocok lagi. Tambahkan satu sendok teh minyak vitamin E ke dalam campuran. Oleskan masker ini ke kulit kepala dan rambut. Tutupi rambut dengan shower cap dan diamkan campuran selama 20 menit.

Cuci bersih dengan sampo biasa dan air dingin. Hindari menggunakan air hangat untuk mencegah telur berubah menjadi matang. Ulangi cara ini sekali seminggu.

Telur sarat dengan protein yang membantu menyehatkan kulit kepala dan rambut. Telur membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Masker rambut putih telur ini efektif, terutama untuk jenis rambut berminyak dan kombinasi.

8 dari 9 halaman

Santan dan yogurt

Campurkan lima sendok makan santan, satu sendok makan yogurt, ¼ sendok teh kapur barus yang dihancurkan. Pijat campuran tersebut ke kulit kepala dan aplikasikan dari akar hingga ujung rambut.

Tutupi rambut dengan shower dan biarkan selama satu atau dua jam. Cuci rambut dengan sampo biasa.

Yogurt kaya akan probiotik yang dapat membantu menumbuhkan rambut yang lebih berkilau. Kamper dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Ketika digunakan dengan ekstrak kelapa dan dipijat ke rambut, campuran ini dapat membantu mengobati ketombe, kutu rambut, dan kulit kepala yang gatal.

9 dari 9 halaman

Santan dan Fenugreek

Campurkan dua sendok makan santan dan bubuk biji fenugreek sampai membentuk pasta halus. Oleskan campuran ini dengan lembut pada kulit kepala dan biarkan selama 30 menit. Bilas rambut dengan sampo biasa dan selesaikan dengan kondisioner. Ulangi sekali atau dua kali seminggu.

Fenugreek adalah bahan perawatan rambut yang populer. Bahan ini kaya protein dan membantu mengurangi penipisan rambut, kebotakan, dan rambut rontok. Fenugreek juga mengandung lesitin yang memperkuat dan melembapkan rambut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS