Sukses

8 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat, Bisa Gunakan Bahan Alami

Cara memanjangkan rambut dengan cepat bisa menggunakan bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Cara memanjangkan rambut dengan cepat tidak begitu sulit dipraktikkan. Tingkat kecepatan pertumbuhan rambut memiliki hubungan dengan keturunan (genetik). Biasanya rambut tumbuh sekitar seperempat sampai setengah inci setiap bulannya. Memanjangkan rambut sekarang ini sudah menjadi tren tidak hanya pada wanita, namun juga pria.

Namun, memiliki rambut panjang saja tentunya tidak cukup. Kamu juga harus memperhatikan kesehatan dan keindahan rambut sembari memanjangkannya. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan berbagai faktor yang memengaruhi kesehatan rambut, baik dari dalam maupun dari luar.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat bisa menggunakan bahan alami. Kamu tidak perlu melakukan perawatan yang terlalu ribet, karena cara ini hanya menerapkan beberapa langkah sederhana. Penggunaan bahan alami tentunya lebih aman dan sehat untuk rambut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/10/2020) tentang cara memanjangkan rambut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masker Madu dan Menggunakan Minyak Hangat

Masker Madu

Cara memanjangkan rambut dengan cepat yang pertama adalah menggunakan masker madu. Hal ini tidak hanya membuat rambut lebih cepat panjang, namun juga terlihat lebih lebih bersinar, sehat dan lebih indah.

Berikut cara memanjangkan rambut dengan masker madu:

- Siapkan minyak kelapa, minyak almond manis dan masker rambut madu.

- Campurlah ketiga bahan ini dalam proporsi yang sama, lalu hangatkan sebentar dalam pot.

- Oleskan masker ini pada rambut dan pijit-pijit.

- Biarkan sekitar tiga puluh menit kemudian keramas rambut.

Menggunakan Minyak Hangat

Minyak alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan atau minyak jojoba, hingga minyak linen juga bisa dijadikan sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat. Caranya juga cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

- Jangan merebus minyak sampai mendidih, cukup sedikit menghangatkannya saja.

- Pijat kulit kepala dengan lembut melewati akar rambut dengan gerakan melingkar.

- Pijat sekitar 15 - 20 menit, lalu oleskan minyak di rambut.

- Tunggu sekitar 30 menit, lalu keramas rambut.

Perawatan ini akan cepat memanjangkan rambut dan juga membuat rambut terlihat mengkilap dan sehat, terutama jika kamu melakukannya secara teratur.

3 dari 5 halaman

Masker Kentang dan Bilas Rambut dengan Cuka Apel

Masker Kentang

Kamu juga bisa menerapkan masker kentang sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat. Caranya mudah saja, yakni:

- Blender 2 buah kentang besar.

- Tambahkan satu sendok makan madu murni dan satu buah kuning telur.

- Oleskan campuran ini pada rambut (terutama aplikasikan pada akar rambut).

- Tunggu setengah jam, lalu keramas rambut.

Bilas Rambut dengan Cuka Apel

Cuka sari apel bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan polusi yang menempel di rambut. Selain itu, bahan alami ini juga mampu menghilangkan residu yang ditinggalkan oleh produk perawatan rambut. Cuka sari apel tidak hanya membantu untuk cepat memanjangkan rambut, tapi juga berfungsi sebagai deterjen alami.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat menggunakan cuka apel:

- Tambahkan dua sendok makan cuka ke dalam 1 liter air, lalu bilas rambut dengan larutan tersebut.

- Lakukan perawatan ini sebagai langkah terakhir dari rutinitas keramas atau pengkondisian rambut.

- Jika tidak suka dengan bau cuka, tambahkan beberapa tetes minyak esensial favoritmu ke dalam cuka sari apel (seperti minyak esensial mawar).

Alternatif lainnya, kamu juga bisa mencampur jus lemon dengan air, dengan proporsi yang sama, daripada menggunakan cuka sari apel.

4 dari 5 halaman

Pijat Kulit Kepala dan Mengonsumsi Protein

Pijat Kulit Kepala

Cara memanjangkan rambut dengan cepat selanjutnya adalah memijat kulit kepala. Ketika memijat kulit kepala, lakukanlah dengan lembut, gunakan jari, pijat dan urut kepala selama satu atau dua menit. Hal ini bertujuan agar merangsang aliran darah di kulit kepalamu yang akan membantu untuk memanjangkan rambut dengan cepat.

Mengonsumsi Protein

Sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat, kamu ternyata juga perlu memperhatikan apa yang dikonsumsi jika ingin memiliki rambut yang tebal dan indah. Makanan bisa membuat perbedaan yang besar untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Sebagai cara memanjangkan rambut, pastikan untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan, ikan, ayam, serta daging merah ke dalam menu diet seimbang. Hal ini terkait dengan kandungan protein yang ada pada makanan-makanan tersebut.

5 dari 5 halaman

Lidah Buaya dan Menyisir Rambut Setiap Hari Selama 1 atau 2 Menit

Lidah Buaya

Lidah buaya sejak dulu dikenal memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Pasalnya, lidah buaya mengandung zat-zat yang penting untuk kesehatan dan kesuburan rambut, seperti kalsium, fosfor, vitamin A, B1, karbohidrat, lemak, dan protein. Selain dapat menebalkan rambut, lidah buaya juga mampu menghitamkan, menghaluskan serta menyehatkan rambut.

Untuk menggunakan lidah buaya sebagai cara memanjangkan rambut dengan cepat, caranya cukup mudah,

- Ambil satu tangkai lidah buaya

- Kemudian belah menjadi dua

- Lalu, usapkan gel lidah buaya ke seluruh bagian rambut.

- Setelah itu, diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Menyisir Rambut Setiap Hari Selama 1 atau 2 Menit

Salah satu cara memanjangkan rambut dengan cepat adalah menyisir rambut. Pastikan untuk menyisir dengan lembut, jangan terlalu keras. Menyisir rambut perlahan-lahan sebanyak dua kali sehari, setidaknya selama dua menit akan merangsang sirkulasi darah di kulit kepala dan akan membuat penyebaran minyak alami merata di atas kulit kepala.

Sirkulasi darah yang sehat sangat penting bagi folikel rambut untuk bekerja secara efisien dan menumbuhkan rambut sehat yang baru. Namun jangan sekali-kali menyikat rambut pada saat basah, karena akan menyebabkan kerusakan pada rambut. Gunakan sisir dengan gigi yang lebar atau gunakan sisir khusus dengan ujung yang bulat, halus dan tidak terasa sakit di kulit kepala. Lakukanlah setiap pagi dan malam untuk merangsang sirkulasi di kulit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.