Sukses

5 Cara Mencegah Ketiak Hitam, Bisa Jadi Tanda Penyakit Kulit

Liputan6.com, Jakarta Timbulnya warna hitam di ketiak mungkin cukup mengganggu bagi beberapa orang. Bahkan, warna ketiak hitam tersebut bisa menurunkan tingkat percaya diri. Terutama bagi para kaum hawa yang ingin mengenakan pakaian tanpa lengan, pastinya saat ketiak bewarna hitam akan membuat ragu untuk mengenakannya. Tapi sebenarnya ada cara mencegah ketiak hitam yang bisa dilakukan. 

Cara mencegah ketiak hitam bisa dimulai dari hal paling dasar, yaitu saat proses pencukuran bulu ketiak. Mengapa begitu? Sebab proses pencukuran bulu ketiak yang keliru justru bisa menimbulkan iritasi. Lalu, waktu pencukuran bulu ketiak yang tidak tepat juga bisa menjadi salah satu penyebab menghitamnya ketiak.

Di dunia medis sebenarnya ketiak hitam sendiri merupakan salah satu ciri dari gangguan kesehatan kulit yang disebut acanthosis nigricans, yang merupakan kondisi kulit menjadi gelap dan mengalami penebalan terutama di area-area lipatan tubuh. Seperti, ketiak, leher bagian belakang, lengan, dan lutut. Bahkan dalam beberapa kasus, kondisi ini disertai dengan bau tak sedap pada area tersebut.

Untuk membahas lebih dalam bagaimana cara mencegah ketiak hitam, di bawah ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (28/8/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Perhatikan proses mencukur

Sempat di singgung pada awal artikel, bahwa cara mencegah ketiak hitam yang pertama dimulai dari hal paling dasar, yaitu dengan memperhatikan proses pencukuran bulu ketiak. Memang, supaya mendapatkan ketiak yang mulus tak berbulu, banyak orang memilih melakukan pencukuran secara rutin.

Akan tetapi masih banyak proses mencukur yang keliru dan justru menimbulkan iritasi. Padahal iritasi tersebut yang pada akhirnya menjadi penyebab ketiak hitam. Itulah mengapa diperlukan kehati-hatian saat mencukur bulu ketiak.

Sebenarnya hal ini tidak lepas dari jenis kulit pada bagian ketiak yang cukup sensitif, karena memiliki kulit yang tipis. Untuk mencukur bulu ketiak, ada baiknya dilakukan setelah mandi di saat daerah ketiak terasa lembap. Pastikan juga pisau cukur yang digunakan cukup tajam, sehingga memudahkan pemotongan pada bulu hingga ke pangkalnya. Tapi, apabila saat mencukur terasa perih dan panas, maka segera hentikan. Sebab itu menjadi tanda-tanda iritasi.

3 dari 6 halaman

2. Bersihkan sel kulit mati yang menumpuk

Cara mencegah ketiak hitam selanjutnya dengan membersihkan sel kulit mati yang menumpuk. Hal ini karena penyebab ketiak hitam dikarenakan ada sel kulit mati yang menumpuk. Seperti yang diketahui, kulit ketiak memiliki sangat banyak lipatan dan cenderung selalu tertutup. Kondisi tersebut menyebabkan bakteri mudah berkembang dan akhirnya sel kulit mati pun cepat bertambah.

Dalam rangka mengurangi pertumbuhan bakteri dan sel kulit mati, maka selalu usahakan menggosok bagian ketiak dengan cukup tenaga saat mandi, tapi hati-hati jangan sampai terluka. Setelah selesai mandi, pastikan jika ketiak dikeringkan dengan benar. Sebab kondisi ketiak yang basah bisa menimbulkan tumbuhnya bakteri dan bau tidak sedap.

4 dari 6 halaman

3. Jangan gunakan pakaian terlalu ketat

Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa cara mencegah ketiak hitam bisa dilakukan dengan memperhatikan penggunaan pakaian. Saat ini mengikuti tren terbaru memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan. Namun kebiasaan menggunakan model pakaian yang terlalu ketat justru menjadi penyebab terjadinya gesekan antara kulit ketiak dengan kain.

Padahal kondisi tersebut bisa menjadi penyebab kulit ketiak menjadi hitam. Itulah mengapa, agar kulit ketiak tidak menjadi hitam, kurangi kebiasaan memakai pakaian yang terlalu ketat. Terutama jika sedang berada di rumah atau sedang melakukan aktivitas yang cukup berat dan membutuhkan banyak gerakan tubuh, seperti olahraga.

5 dari 6 halaman

4. Hati-hati saat memilih deodoran

Lalu, cara mencegah ketiak hitam yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memperhatikan saat akan membeli deodoran. Sebab produk deodoran yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga bisa menyebabkan ketiak menjadi hitam.

Saat ini juga sangat banyak jenis deodoran yang memiliki kandungan alkohol. Padahal penggunaan alkohol dalam produk perawatan ketiak bisa menimbulkan masalah cukup besar. Hal ini karena deodoran dengan kadar alkohol tinggi bisa menggelapkan kulit ketiak, membuat ketiak menjadi kering, dan seringkali iritasi. Maka dari itu usahakn deodoran yang dipilih tidak mengandung bahan berbahaya dan bisa mengiritasi kulit.

6 dari 6 halaman

5. Periksa ke dokter spesialis kulit

Mengapa cara mencegah ketiak hitam yang terakhir justru harus periksa ke dokter? Sebab kondisi ketiak yang menghitam bisa juga disebabkan oleh kelainan hiperpegmentasi alias pigmentasi berlebih pada kulit. Kelainan hiperpigmentasi pada kulit ketiak, merupakan salah satu gejala dari penyakit Addison yang bisa terjadi saat kelenjar adrenalin tidak berfungsi dengan baik.

Hal tersebut bisa disebabkan sel dalam tubuh yang gagal memproduksi hormon kortisol dan aldosteron. Padahal hormon kortisol yang mengatur metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan hormon aldosteron yang mengontrol tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh.

Timbulnya hiperpigmentasi juga bisa terjadi akibat peningkatan produksi melanin. Melanin merupakan pigmen yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Itulah mengapa, jika dirasa sedang mengalami hal ini maka cara mencegah ketiak hitam terbaik adalah dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS