Sukses

6 Cara Membersihkan Pusar yang Kotor, Alami dan Aman

Bersihkan pusar paling tidak saat mandi agar kotoran tidak menumpuk dan menimbulkan aroma tidak sedap.

Liputan6.com, Jakarta Pusar atau lebih sering dikenal dengan udel merupakan bagian tubuh yang kurang mendapat perhatian lebih soal kebersihan. Padahal membersihkan pusar secara rutin sangat dianjurkan. 

Pasalnya, tanpa disadari ada beribu macam bakteri di dalam pusar yang dapat membahayakan tubuh. Menurut penelitian dari North California State University mengatakan, setidaknya ada 67 spesies bakteri yang tumbuh dalam pusar. Oleh karena itu, butuh cara membersihkan pusar yang kotor.

Ketika pusar tidak dibersihkan sama sekali, akan berpotensi mengeluarkan aroma tidak sedap hingga infeksi. Alexandria Booth, dokter spesialis kulit dari Health Care Partners menyarankan untuk membersihkan pusar setiap mandi.

Membersihkan pusar juga perlu berhati-hati agar tidak menimbulkan luka dan tidak memberikan efek samping. Berikut cara membersihkan pusar yang kotor secara alami dan aman yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Mengenal Jenis Pusar untuk Membersihkan

Ada dua jenis pusar pada manusia, yaitu outie dan innies. Pusar outie adalah sebutan untuk pusar yang menonjol keluar alias pusar bodong.

Sedangkan pusar innies adalah pusar yang masuk ke dalam. Masing-masing jenis pusar memiliki cara penanganan tersendiri untuk membersihkannya.

Pasa pusar outie, cara membersihkan pusar yang kotor dengan menggunakan kain atau lap yang lembut. Sedangkan cara membersihkan pusar innies bisa menggunakan cutton bud untuk menjangkau kotoran yang ada di dalamnya.

Membersihkan pusar sangat dianjurkan secara teratur. Hal ini dikarenakan banyaknya kuman yang bersarang dipusar. Pusar juga merupakan bagian yang seringkali terlewatkan ketika membersihkan tubuh.

Ada ribuan bakteri di pusat perut. Untuk itu, kamu perlu tahu cara membersihkan yang alami dan aman, juga berhati-hati dalam membersihkannya agar tidak menimbulkan luka dan tidak memberikan efek samping.

3 dari 8 halaman

Gunakan Cotton Bud dan Cairan

Cara membersihkan pusar yang kotor pertama bisa dilakukan dengan menggunakan cotton bud dan cairan. Gunakan satu cotton bud dan mencelupkannya ke dalam cairan zat pembersih.

Apabila kamu menggunakan alkohol atau hydrogen peroksida, kamu harus mengencerkan kedua cairan ini sehingga tidak membahayakan kulit. Caranya, celupkan cotton bud dalam cairan selama beberapa detik hingga cairan meresap ke dalam pori-pori. Kemudian gunakan gunakan untuk membersihkan secara perlahan dan lembut untuk mengorek kotoran bagian dalam pusar.

4 dari 8 halaman

Bersihkan saat Mandi

Cara membersihkan pusar yang paling mudah dan tepat adalah saat mandi. Setelah kamu selesai mandi, gunakan wadah atau gayung untuk mencampurkan air dengan sabun mandi secukupnya.

Gunakan kain atau handuk yang bersih dan lembut. Lalu celupkan kain tersebut ke air campuran sabun. KEmudian bersihkan bagian sekitar pusar dengan menyekanya dengan lembut. Bilas pusar dengan air bersih setelah kamu selesai membersihkannya.

5 dari 8 halaman

Gunakan Scrub

Cara membersihkan pusar yang kotor dapat dilakukan menggunakan scrub alami yang terbuat dari kopi bubuk dan campuran air. Caranya mirip menggunakan lulur pada tubuh.

Namun, saat menggosok pusar kamu harus menggosoknya secara perlahan dan lembut. Hal ini dikarenakan kulit yang ada di pusar sangat tipis dan rentan mengalami iritasi.

6 dari 8 halaman

Menggunakan Minyak Kelapa Hangat

Apabila kotoran pusar sudah terlihat sangat tebal dan sulit dibersihkan, gunakanlah minyak kelapa yang sudah dihangatkan untuk menghilangkannya. Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran dengan efektif.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa hangat pada pusar dan menyeka pusar dengan kapas atau kain katun searah jarum jam, lalu membersihkannya dengan arah sebaliknya.

7 dari 8 halaman

Menggunakan Air Lemon

Cara membersihkan pusar yang kotor dengan bahan alami lainnya dengan menggunakan air lemon. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu rendam kapas dengan perasan air lemon.

Lalu gosok dengan lembut area pusar dengan kapas yang sudah direndam. Selain bisa membersihkan, air lemon dapat menghilangkan bau akibat tumpukan kotoran di pusar.

8 dari 8 halaman

Gunakan Baby Oil

Cara membersihkan pusar yang besar lainnya dengan menggunakan baby oil. Caranya dengan meneteskan baby oil dalam lubang pusar dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

Setelah kotoran pusar melunak, gosok secara perlahan dan lembut pusar kamu dengan kapas agar kotoran terangkat. keringkan bekas baby oil dengan tisu atau lap lembut dan bersih.

Apabila kamu memiliki pusar innies, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk memudahkan mengorek kotorannya. Selain menggunakan baby oil, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun atau losion tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.