Sukses

5 Tanaman Penangkal Tikus di Rumah, Tak Perlu Pakai Racun

Tikus menjadi hewan yang banyak dibenci orang.

Liputan6.com, Jakarta Tikus menjadi hewan yang banyak dibenci orang. Selain bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, tikus bisa menjadi agen penyebar penyakit. Tikus dikenal dapat menyebarkan penyakit pes, leptospirosis, serta penyebaran virus berbahaya lainnya.

banyak cara untuk mengusir tikus dari rumah. Menjaga kebersihan dan menutup akses tikus menjadi cara paling mudah. Namun, tikus cukup cerdas untuk mencari celah agar dapat masuk rumah. Kalau sudah begitu, solusi lain adalah racun tikus.

Racun tikus memang ampun membasmi tikus, namun cara ini bisa berbahaya bagi sebagian orang terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil dan hewan peliharaan. Racun tikus bisa tidak sengaja ditemukan oleh anak atau hewan dan bisa membahayakan mereka.

Tak perlu khawatir, ada alternatif lain untuk menjauhkan tikus dari rumah. Anda bisa menggunakan tanaman pengusir tikus. Tikus tak menyukai bau-bauan yang kuat dan menyengat. Beberapa tanaman bisa mengeluarkan bau yang tak disukai tikus.

Anda bisa menanam tanaman ini di sekeliling rumah untuk mencegah tikus masuk. Menaruh tanaman ini di dalam rumah juga merupakan opsi yang bagus sekaligus menjadi dekorasi ruangan. Berikut 6 jenis tanaman yang dapat mengusir tikus dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (25/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mint

Tanaman mint merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan dibudidayakan. Menurut HomeandGardenSite, Anda dapat menanam mint di sekitar kebun untuk membantu mengusir tikus dan hama lainnya. Anda juga dapat menanam mint di pinggiran halaman untuk mencegah lubang tikus.

Ada banyak varietas mint yang berbeda, dan semuanya memiliki daun aromatik yang dapat mencegah serangga dan tikus. Seperti kebanyakan tanaman herbal lain, mint tidak membutuhkan kondisi pertumbuhan khusus dan akan tumbuh subur di tempat mana pun yang mendapat banyak sinar matahari.

Tak cuma menangkal hama, Anda juga akan mendapatkan mint segar setiap hari untuk digunakan dalam memasak dan membuat kue. Daun mint juga dapat dikeringkan dengan baik untuk teh atau memasak.

3 dari 6 halaman

Lavender

Tanaman lain yang mengusir tikus, menurut RexResearch.com, adalah lavender, yang dapat ditanam sebagai tanaman pendamping untuk mengusir sejumlah hama kebun, seperti ngengat dan kutu. Kebanyakan orang tidak membutuhkan alasan untuk menanam lavender.

Antara aroma yang indah dan bunga-bunga ungu yang cantik lavender cocok menjadi penghias halaman rumah. Lavender juga dapat dipotong menjadi tangkai dan dibiarkan di berbagai sudut dalam rumah untuk mengusir tikus. Tanaman lavender paling cocok ditanam pada suhu kering. Beri mereka banyak sinar matahari, cuaca hangat dan tak perlu repot dengan pupuk tambahan karena tanaman ini dapat dengan mudah berkembang.

Anda dapat membiarkannya tumbuh dan menciptakan penghalang tikus. Juga Anda bisa memanen bunga ungu untuk diletakkan di dalam rumah yang akan menambah memberi keharuman dan menangkal hama dalam ruangan.

4 dari 6 halaman

Sage

Tanaman sage kerap ditemui sebagai tanaman hias yang mempercantik taman. Sage memiliki bau menyengat yang tak disukai tikus. Menanam sage di sekitar rumah akan menjauhkan tikus masuk ke dalam rumah. Sage putih atau hijau dapat ditanam untuk mengusir tikus karena aroma yang kuat dari kedua varietas.

Sage bukan tanaman pilih-pilih dan akan tumbuh dengan baik di semua jenis tanah selama ada drainase yang layak, dan harus ada sinar matahari hampir sepanjang hari. Daun sage juga dapat dikonsumsi dan memberi berbagai manfaat kesehatan.

5 dari 6 halaman

Bawang merah dan bawang putih

Bau yang dikeluarkan pada bawang merah dan bawang putih juga tak disukai oleh tikus. Bawang putih dan bawang merah ditanam dari umbi dan membutuhkan ruang dengan sinar matahari penuh dan tanah yang kering. Anda dapat menanam umbi bawang merah dan bawang putih di halaman rumah untuk menangkal tikus sekaligus memanennya untuk bahan dapur.

Anda juga bisa menggunakan bawang putih sebagai pengusir tikus tanpa benar-benar menanamnya jika mau. Anda bisa menaruh bawang merah dan bawang putih di sekitar rumah atau membuat cairan bawang. Tempatkan potongan bawang merah dan bawang putih dalam semprotan dan air. Semprotkan di sekitar fondasi atau di mana pun tikus akan lewat.

6 dari 6 halaman

Buah bintaro

Bintaro adalah tumbuhan pantai atau paya berupa pohon dengan ketinggian dapat mencapai 12m. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau tua, yang tersusun berselingan. Bunganya harum dengan mahkota berdiameter 3-5cm berbentuk terompet dengan pangkal merah muda. Buah bintaro berbentuk telur, panjang 5-10cm, dan berwarna merah cerah saat matang.

Pohon bintaro dikenal dapat menangkal tikus karena kandungan racun dalam buahnya. Tikus cenderung takut dan menghindari buah ini karena bintaro mengandung racun yang aromanya hanya tercium oleh tikus. Letakkan buah bintaro di beberapa sudut rumah, misalnya halaman, garasi, dapur, dan area samping rumah untuk mencegah masuknya tikus.

Namun, penggunaan buah bintaro ini juga perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki anak kecil karena buah bintaro juga bisa beracun bagi manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.