Sukses

Ganja Bisa Bikin Orang Kelaparan

Ganja bisa membuat orang kelaparan. Pengguna ganja atau marijuana itu akan lebih sensitif terhadap aroma dan rasa.

Ganja bisa membuat orang kelaparan. Pengguna ganja atau marijuana itu akan lebih sensitif terhadap aroma dan rasa.

Temuan ini dipublikasikan dalam Jurnal Nature Neuroscience seperti dikutip dari HuffingtonPost, Rabu (12/2/2014).

Dalam penelitian itu, para ilmuwan menggunakan tikus dan mengetes kepekaannya terhadap aroma dengan menggunakan pisang dan minyak almond. Penggunaan tikus ini karena binatang pengerat tersebut memiliki banyak kesamaan dengan manusia dalam kognitif.

Awalnya, tikus mengendus minyak ekstensif lalu berhenti menunjukkan minatnya. Ini dikenal dengan fenomena habituasi penciuman. Sementara tikus yang mendapat dosis THC, terus mengendus yang menunjukkan meningkatnya kepekaan terhadap aroma.

Pada tikus yang diberi THC juga makannya lebih banyak, dengan menunjukkan peningkatan nafsu makan.  Di dalam ganja memang mengandung THC yang memberikan beragam dampak ke otak penggunanya.

Para peneliti menegaskan, penciuman yang tinggi berhubungan dengan nafsu makan yang meningkat.

Seperti diberitakan sebelumnya di LiveScience, ilmuwan dan perusahaan farmakologi tertarik dengan cara ganja yang mempengaruhi rasa lapar, apalagi pada pasien yang menderita kurang nafsu makan, seperti yang melalui kemoterapi atau orang yang ingin kurus.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.