Sukses

Penyakit yang Diderita Cinta Penelope Bisa Mematikan

Artis Cinta Penelope menderita sakit akibat kekurangan kalium. Penyakit ini bisa mematikan

Sebelumnya disebutkan bahwa Cinta Penelope dikabarkan menderita kekurangan kalium yang membuatnya batal menikah. Bahkan dokter yang merawat Cinta menyebutkan bahwa penyakit yang dideritanya mematikan. Benarkah kekurangan kalium bisa mengakibatkan kematian?

Ahli penyakit dalam, Dr.dr. Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH,MMB dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM pun mengakui kalau penyakit Cinta yang disebut juga hipokalemia ini cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kematian mendadak.

"Sebenarnya baik kekurangan atau kelebihan kalium itu berbahaya. Yang bahaya itu karena penyakit ini dapat merusak keseimbangan metabolisme kita sehingga ditakutkan bisa membuat gangguan irama jantung dan serangan jantung mendadak," jelas Ari saat dihubungi Liputan6.com, dan ditulis Rabu (5/1/2014).

Ari menerangkan, penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dan disembuhkan. Untuk mencegah dan mengobatinya bisa bermacam caranya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tinggi kalium. Sama juga dengan menyembuhkannya bisa mengonsumsi makanan yang tinggi kalium seperti sayur dan pisang.

Seperti diketahui, hipokalemia merupakan kondisi medis ketika kadar kalium dalam darah menurun atau kurang dari 3,5 mEq/liter (mmol/L). Penderita hipokalemia seringkali tidak merasakan gejala dalam tahap ringan. Tapi bila kadar kalium menurun, penderita bisa mengalami kelumpuhan, gangguan fungsi pernapasan hingga kematian.

(Fit/Abd)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini