Sukses

Usai Kena Banjir Bersihkan Rumah Seperti Ini

Saat membersihkan rumah usai terkena banjir, ada 7 hal yang perlu diperhatikan dari sudut kesehatan.

Banjir di sejumlah wilayah ibukota Jakarta dan beberapa provinsi sudah mulai surut meski sebagian warga masih dilanda banjir. Warga pun mulai bergotong royong membersihkan rumahnya. Saat membersihkan rumah usai terkena banjir, ada 7 hal yang perlu diperhatikan dari sudut kesehatan.

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Senin (3/2/2014).

1. Gunakan sepatu boot

Sedapat mungkin gunakan sepatu boot dan sarung tangan ketika membersihkan rumah. Jangan hanya pakai sandal (seperti terlihat di TV) dan sedapat mungkin jangan gunakan tangan telanjang. "Ingat bahwa air banjir bisa saja kotor dan mengandung bakteri, virus," kata Profesor Tjandra.

2. Cuci tangan dan kaki

Sering-sering mencuci tangan dan kaki, dengan air mengalir dan sabun. Kontaminasi kotoran air bekas banjir akan diminimalisir dengan mencuci tangan dan kaki secara berkala

3. Bahan makanan yang terendam banjir jangan dimakan

Bahan makanan yang terendam air banjir juga mungkin tidak sehat lagi untuk dikonsumsi. Tentu sebaiknya gunakan bahan makanan sehat agar tidak timbul gangguan saluran cerna

4. Sumber air yang terendam banjir dibersihkan

Kalau sumber air bersih memang biasa menggunakan sumur dan daerah Anda terendam banjir, maka bukan tidak mungkin air sumur tercemar. Koordinasikan dengan petugas kesehatan lingkungan di Puskesmas / Dinas Kesehatan setempat untuk penjernihan sumur

5. Jangan konsumsi obat yang terendam banjir

"Saya dapat laporan ada juga obat-obat persediaan di rumah yang mungkin terendam banjir. Pastikan obat-obat itu tercemar atau tidak, kalau yang cair maka seringkali sudah tercemar," kata Prof Tjandra.

Kalau yang padat juga akan tergantung berapa lama terendamnya, apakah kemasannya baik. Komunikasikan dengan petugas kesehatan setempat. Kalau memang tercemar (walaupun sedikit) maka jangan dikonsumsi lagi.

6. Cuci alat-alat yang terendam banjir

Pakaian, kasur, busa kursi, karpet dan bahan kain lainnya yang terendam banjir harus di cuci dengan sabun dan dijemur sampai kering dan bersih betul, sebelum digunakan.

7. Gunakan air bersih

Air yang digunakan untuk membersihkan lantai seyogyanya adalah air bersih. Sedapat mungkin jangan gunakan air banjir yang masih ada untuk membersihkan rumah di lantai dua.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini