Sukses

Begini Perawatan Rambut di Musim Hujan ala Istri Menteri

Merawat rambut bagi wanita itu penting. Selain agar terlihat sehat, juga agar tampak bercahaya, rapi, harum, dan segar. Namun bagaimana bila musim hujan membuat sebagian besar badan juga rambut menjadi lembab.

Semua wanita tanpa terkecuali tentu harus memerhatikan persoalan ini, termasuk para istri menteri yang nyaris setiap hari tampil di hadapan banyak orang entah 'orang penting' maupun rakyat biasa.

Karena itu, Triesna Jero Wacik salah satu anggota Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) mengungkapkan pentingnya menjaga rambut terutama di musim hujan.

"Air hujan itu terutama saat jatuh pertama kali mengandung polutan sehingga bisa merusak kesehatan rambut. Untuk itu sebaiknya saat terkena air hujan segera bersihkan rambut dengan air bersih," kata istri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik.

Triesna menambahkan, para wanita juga perlu menyempatkan waktu melakukan perawatan khusus untuk rambut seperti creambath.

"Kalau saya, secara berkala melakukan perawatan rambut agar selalu sehat. Biasanya dua minggu sekali creambath ozon supaya rambut selalu sehat," kata Triesna.

Pentingnya perawatan rambut juga dikatakan istri politikus dan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Hana Hasanah.

"Para perempuan sebaiknya meluangkan waktunya untuk merawat rambut. Saat kena air hujan segera dibersihkan, kalau saya, biasanya satu minggu sekali creambath di rumah atau di salon," kata istri Fadel Muhammad.

Istri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Ratna Djoko Suyanto menegaskan manfaat menjaga rambut di musim hujan.

"Ini untuk menghindari masalah karena air hujan seperti rontok atau berminyak, lepek. Karena itu sebaiknya wanita perlu melakukan perawatan, tidak mesti di salon. Lakukan perawatan di rumah seperti rajin keramas. Saat kena hujan, rambut sebaiknya langsung dibersihkan," kata istri Menteri Djoko Suyanto.

Tak ketinggalan, menantu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Aliya Rajasa pun ikut memberi tips. "Kalau memang ingin tidak ribet, tidak ada salahnya memilih rambut pendek. Kalaupun ingin tetap panjang tapi tidak rontok sebaiknya lakukan perawatan ekstra," kata Aliya.

(Mia/Abd)