Sukses

Yuk, Buat Resolusi Belum Terlambat

Pergantian tahun tinggal menunggu hitungan jam, untuk yang belum menuliskan resolusi masih belum terlambat, begini caranya.

Tahun baru tinggal hitungan jam, sudahkah membuat resolusi? sepertinya belum terlambat untuk mendata harapan di secarik kertas. Menurut Psikolog, Adelina Syarief, SE, Mpsi jangan kapok untuk membuat resolusi untuk tahun berikutnya.

"Tidak ada kata terlambat untuk sesuatu perubahan yang lebih baik, mulailah untuk menuliskan resolusi. Resolusi merupakan patokan mimpi dan janji pada diri sendiri, maka penting untuk dibuat," katanya. Dikutip dari Wikihow untuk membuat resolusi sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pahami Keinginan

Sebelum mendata resolusi pikirkan dengan matang keinginan dan harapan yang ingin dicapai tahun depan. Setelah tahu kemudian pahami, lalu buat strategi untuk bisa mencapai resolusi tersebut. Resolusi bisa berkaitan dengan kesehatan, pekerjaan, keuangan, hubungan asmara dan keluarga.

2. Komitmen

Dasari resolusi Anda dengan komitmen, jangan pernah ragu berhasil atau tidak. Terpenting yaitu usaha yang dilakukan untuk mencapai resolusinya.

3. Tuliskan di Kertas

Banyak orang yang hanya memikirkan resolusi di hati, namun alangkah lebih baiknya untuk mencatatnya di kertas dalam buku harian atau simpan catatan tersebut di tempat yang mudah terlihat mata. Hal ini dimaksudkan agar termotivasi mencapai resolusi tersebut.

4. Lihat Perkembangannya

Selalu pantau grafik perkembangan dan kemajuan strategi untuk mencapai resolusi tersebut. Pengukuran grafik perkembangan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi di dalam diri sendiri.

5. Dukungan

Mintalah orang tersayang untuk selalu mendukung strategi Anda mencapai resolusi. Pilih orang-orang yang bisa berkomitmen dengan Anda, agar bisa memotivasi Anda mencapai resolusi dengan sebaik-baiknya.

(Mia/Mel)

*Bagi Anda yang ingin mengetahui hasil ujian CPNS 2013 silakan klik di cpns.liputan6.com

Baca Juga :

Jangan Kapok Bikin Resolusi Saat Pergantian Tahun
Target 2014: Rawat Kulit Sehat Agar Tetap Cantik
Target 2014: Mengejar Karir Boleh, Asal Ingat Kesehatan
Yuk Buat Resolusi Hubungan Asmara di 2014



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.