Sukses

Penghargaan untuk 950 Pendonor Karena Sumbang Darah ke-100 Kali

Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan Pemerintah menganugerahkan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada pendonor darah.

Sebagai bentuk apresiasi kepada para Donor Darah Sukarela (DDS) yang sudah menyumbangkan darahnya sebanyak 100 kali, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan Pemerintah menganugerahkan penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada 950 DDS.

Menurut Ketua PMI Indonesia, Jusuf Kalla, tahun ini merupakan penghargaan ke-4 dalam masa jabatannya.

"Mendonorkan darah sebanyak 100 kali, tandanya sudah melakukan donor selama 25 tahun. Itu juga tandanya, selama itu pula pendonor secara terus menerus mengosongkan darahnya untuk sesama manusia," kata Jusuf Kalla dalam sambutannya di acara 'Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial Untuk Pendonor Darah Sukarela 100 kali', di Ballroom Hotel Sahid, Selasa (17/12/2013)

Dilanjutkan JK, panggilan akrab Jusuf Kalla, 100 kali mendonorkan darah untuk sesama, tandanya juga para pendonor sudah menyumbangkan darahnya sebanyak 30 liter. Bila dibandingkan dengan materi, mendonorkan darah tak dapat dibandingkan materi berapa pun jumlahnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didaulat menyematkan penghargaan secara simbolis kepada 21 orang perwakilan DDS dari seluruh Indonesia.

Selain dihadiri oleh Presiden SBY dan JK selaku Ketua Umum PMI, acara ini juga dihadiri oleh sejumlah Menteri dari Kabinet Indonesia bersatu 2, antara lain Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono, Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, serta perwakilan dari Komiter Palang Merah Internasional (ICRC), Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah International (IFRC).

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.