Sukses

Bunda, Jangan Lupa Pijat Punggung Pada Bayi Juga

Bila sebelumnya sudah dibahas mengenai pijat sehat dari kepala hingga kaki, bunda jangan lupa juga untuk memijat bagian punggung bayi.

Bila sebelumnya sudah dibahas mengenai pijat sehat dari kepala hingga kaki, bunda jangan lupa juga untuk memijat bagian punggung bayi.

Menurut praktisi neurosains terapan, Anne Gracia, pemijatan di daerah punggung sangat bermanfaat untuk mendukung kemampuan dan kelenturan otot di seluruh punggung, sehingga dapat membangun postur tubuh yang baik, serta mematangkan susunan saraf di tulang belakang dan membangun kemampuan gerak yang optimal.

"Kemampuan bayi untuk melawan gravitasi harus dibangun secara bertahap. Awal kemampuan adalah dengan mengangkat kepala dari posisi telungkup," kata Anne, seperti ditulis Kamis (28/11/2013).

Kemampuan ini disebut Anne akan membangun kekuatan otot sekitar tengkuk dan bahu. Kekuatan bahu dan tengkuk memberi manfaat saat anak menghadapi masa belajar untuk mampu bertahan tidak menopang kepala dengan tangan atau menyandarkan kepala di kursi. Kelenturan daerah tengkuk dan bahu akan memperlancar aliran darah ke otak.

Agar tidak salah, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Telungkupkan bayi, gerak-gerakkan kedua tangan Anda naik turun mulai dari atas punggungnya sampai ke pantatnya. Lakukan pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya.

2. Lengkungkan jari-jemari Anda seperti sebuah garpu dan garuk punggungnya ke arah bawah.

3. Berikan tekanan dengan telapak tangan di area bokong melingkar ke dalam untuk kelenturan panggul.

(Fit/Mel)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini