Sukses

Tips Langgeng dari Pasangan Tertua di AS Bukan Bercinta

John (102) and Ann Betar (98) untuk menjaga hubungan tetap awet dan bahagia bukanlah seks.

Dalam kasus menjaga hubungan pernikahan, pasti semua orang memimpikan bisa hidup bersama pasangan hingga kakek nenek. Bahkan ada juga pasangan yang berikrar hingga maut memisahkan.

Tapi menurut pasangan yang pernah mendapatkan penghargaan sebagai 'longest married couple' (pasangan menikah terlama) di Amerika versi Worldwide Marriage Encounter, John (102) and Ann Betar (98) untuk menjaga hubungan tetap awet dan bahagia bukanlah seks.

"Kunci kebahagiaan adalah cinta. Ya, semua orang tahu itu. Tapi bila Anda mencintai istri Anda, hargai istri dan dengarkan pendapat istri. 'Happy wife, happy life'," kata John, seperti dikutip The Stir, Sabtu (23/11/2013).

Teori John ini bahkan menarik peneliti untuk melakukan studi. Studi tersebut mengatakan bahwa perempuan argumentatif cenderung akan minta bercerai. Tapi jika Anda selalu setuju dengan istri Anda, dia tidak punya alasan untuk berdebat dengan Anda.

Sambil merayakan ulang tahun pernikahan ke 81, John dan istrinya bercerita bagaimana keduanya hampir tidak jadi menikah. Orang tua Ann rencananya akan menikahkan ia dengan seorang pria yang jauh lebih tua ketika ia berusia 17 tahun. Tapi Ann terlanjur jatuh cinta dengan John. Hingga akhirnya keduanya memutuskan untuk kawin lari.

Saat ini, John dan Ann sudah memiliki lima anak, 14 cucu, 16 cicit. Dua anaknya meninggal di tahun 1960an.  

"Itulah yang membuat hidup menarik. Kami tidak cukup beruntung untuk hidup cukup lama untuk melihat ini dan itu tapi satu hal yang paling memuaskan di dunia adalah melihat cicit dan cucu-cucu Anda menjadi dewasa."

(Fit/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini