Sukses

BKKBN: Kalau Mau Anak Berkualitas Perhatikan Gizi & Stimulasinya

Gizi yang seimbang dan pembinaan tumbuh kembang yang baik sejak dini akan menciptakan anak berkualitas.

Asupan gizi penting untuk anak. Karena itulah Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal mengatakan gizi yang seimbang dan pembinaan tumbuh kembang yang baik sejak dini akan menciptakan anak berkualitas.

"Karena itu semua pihak diharapkan dapat bersama-sama turut memberikan hak-hak anak melalui pengasuhan yang baik," kata Fasli.

Fasli menjelaskan, para pengambil kebijakan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain sebagainya bisa turut serta menciptakan anak berkualitas. Salah satunya dengan memanfaatkan wadah yang berkaitan dengan pengasuhan dan pemenuhan gizi anak.

"Bisa melaui kelompok Bina Keluarga Balita, PAUD, dan Posyandu dalam meningkatkan pembinaan dan pengasuhan anak di lingkungan sekitar," katanya seperti dilansir Antara, Senin (14/10/2013).

Selain itu, kelompok juga memberi stimulasi yang tepat bagi anak dengan melakukan permainan bermakna agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada orangtua dalam pengasuhan anak yang baik juga perlu dilakukan.

Fasli mengharapkan kemitraan dan peran serta semua pemangku kepentingan dapat mendorong terciptanya anak-anak berkualitas. "Antara lain dengan cara membuka seluas-luasnya akses masyarakat terhadap informasi dan pelayanan pembinaan dan pengasuhan anak sejak dini melalui pengetahuan yang didapat maupun program pemerintah yang sudah ada saat ini," katanya.

Dia menambahkan, anak-anak adalah awal mata rantai manusia yang menentukan masa depan suatu bangsa. "Agar mereka dapat menjadi generasi yang berkualitas di masa depan, anak-anak membutuhkan kasih sayang dan stimulasi yang cukup serta pelayanan pendidikan, kesehatan dan ketersediaan energi pangan untuk ketahanan gizi yang baik," katanya.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini