Sukses

Jemaah Haji, Gunakan Waktu Istirahat Sebaik Mungkin, Ya!

Para jemaah haji dan pimpinan kelompok perlu memperhatikan kondisi fisik. Sebaiknya sediakan waktu istirahat yang cukup sesampai di hotel

Meski semangat dan gairah untuk menjalankan ibadah dan berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW begitu besar dan luar biasa, para jemaah haji dan pimpinan kelompok perlu memperhatikan kondisi fisik. Sebaiknya sediakan waktu istirahat yang cukup sesampai di penginapan.

"Oleh karena itu hal yang perlu dicermati oleh para jamaah dan para pimpinan kelompok adalah agar bagi para jamaah tersedia waktu istirahat yang cukup setelah sampai di penginapan. Rasa bersyukur dan ingin segera melihat Masjid Nabawi serta ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW kadang kala mengalahkan rasa lelah yang ada selama perjalanan dan sampai dipenginapan," ujar Spesialis Penyakit Dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RSCM, dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB,FINASIM lewat surat elektronik, Rabu (17/9/2013).

Selain faktor cuaca keadaan lain yang dapat memperburuk kesehatan para jamaah adalah kelelahan akibat perjalanan yang lama dan melelahkan. Juga roses naik dan turun kendaraaan dari bandara menuju penginapan juga akan menyebabkan kelelahan tersebut makin menjadi.

Belum lagi proses pembagian kamar yang kadang kala berlarut-larut yang pada akhirnya keadaan ini akan membuat kelelahan para jamaah semakin menjadi.

Bagaimanapun secara keseluruhan tubuh kita juga perlu istirahat walau kadang kala semangat yang ada dapat mengalahkan kelelahan tersebut, kata Ari.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini