Sukses

Kebanyakan Makan Siput Sungai, Badan Pria China Ini `Menghijau`

Seorang pria berusia 24 tahun kulitnya berubah menjadi hijau karena keseringan makan siput sungai.

Seorang pria berusia 24 tahun kulitnya berubah menjadi hijau karena keseringan makan siput sungai. Badan yang hijau itu karena infeksi parasit di hatinya.

Ia kini dirawat di rumah sakit di Provinsi Guizhou, China. Menurut WantChinaTimes.com, Rabu (11/9/2013), Chinese Center for Disease Control menegaskan pria yang tak disebutkan identitasnya itu terinfeksi cacing pipih parasit yang hidup di hati hewan.

Parasit tersebut tampaknya memasuki tubuh si pria karena ia makan siput sungai setiap hari. "Biasanya saya makan siput sungai goreng, terutama dalam beberapa tahun terakhir, saya makan satu piring setiap malam," kata pria itu.

Si pria itu mulai mengeluh perutnya sangat sakit sekitar dua bulan lalu, tapi ia tak berobat ke dokter sampai akhirnya ia menyerah, setelah badannya menunjukkan gejala yang sangat aneh.

Kulit dan warna putih di matanya berubah menjadi hijau. Ia khawatir dan mengunjungi beberapa rumah sakit di Provinsi Zhejiang, tapi rumah sakit tak bisa mendiagnosa dengan benar sampai akhirnya ia mendatangi rumah sakit Guizhou Aerospace Hospital, Guizhou.

Masalah di hati bisa menyebabkan kulit seseorang menjadi hijau karena bilirubin (pigmen kuning) menumpuk dalam tubuh. Gejala dari cacing hati meliputi lesu, kurang nafsu makan, sakit perut, dan kolestasis, yang merupakan kondisi di mana empedu tidak bisa mengalir dari hati ke duodenum.

Dokter akhirnya membuang empat cacing hati yang dikenal dengan fasciola hepatica dari saluran empedunya. Dokter mengatakan, empat parasit yang masing-masing panjangnya sekitar 10 mm, lebar 8mm, dan tebal 2 mm.

Menurut situs kesehatan, parasit tinggal di jaringan hati sampai enam minggu sebelum akhirnya menemukan jalan ke saluran empedu. Di sana parasit akan tumbuh dewasa dan mulai memproduksi telur.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini