Sukses

Gunakan `Ear Tubes` Saat Anak Kena Infeksi Telinga

Masalah seperti penumpukan cairan atau infeksi telinga menjadi hal yang mengganggu indera pendengaran pada anak.

Kesehatan indera pendengaran buah hati menjadi tanggung jawab orangtua. Masalah seperti penumpukan cairan atau infeksi telinga menjadi hal yang kerap mengganggu indera pendengaran dan ahli menemukan cara mengatasinya.

American Academy of Otolaryngology, Head and Neck Surgery Foundation, merilis alat baru di bidang medis berbentuk tabung guna mengurangi masalah pada telinga anak berusia 6 bulan sampai 12 tahun seperti dilansir Sheknows, Rabu (3/7/2013).

Ear tubes (tabung telinga) ditempatkan di ujung saluran telinga guna mengurangi penumpukan cairan yang berada di bagian tengah telinga. Ear tubes ini disarankan digunakan pada anak-anak yang mengalami infeksi telinga seperti penumpukan cairan tadi.

"Ini adalah salah satu hal yang paling baru dan signifikan serta direkomendasikan," kata Profesor dan Ketua THT di Suni Downstate Medical Center di Broklyn, New York, Dr. Richard Rosenfeld.

Orangtua perlu mengetahui kondisi anak-anak yang memerlukan bantuan penggunaan ear tube dengan berkonsultasi pada dokter. "Orangtua harus bisa mebedakan antara anak-anak yang infeksi cairan jernih dan mana yang infeksi penumpukan cairan," tambahnya.

Penumpukan cairan pada anak yang terjadi lebih dari tiga bulan dapat mengalam masalah pendengaran. (Mia/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.