Sukses

Wajah Mulus Bebas Jerawat Hanya dengan 1 Cara, Simak Tipsnya di Sini

Memang Ada Cara Alami dan Sederhana untuk Wajah Mulus Bebas Jerawat? Baca Artikel Ini hingga Akhir.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki wajah mulus tanpa jerawat adalah impian banyak orang. Banyak yang rela mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan kulit demi mendapatkan kulit yang diidamkan. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara alami dan sederhana untuk mencapai wajah mulus bebas jerawat? Ya, hanya dengan jalan kaki.

Manfaat Jalan Kaki untuk Kulit Wajah

Berikut adalah beberapa manfaat jalan kaki untuk kulit wajah, seperti dijelaskan dr Ainni Putri Sakih dari Hana Skin & Clinic pada Minggu, 7 Juli 2024.

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Jalan kaki secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Darah yang mengalir dengan lancar akan membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya. Sirkulasi yang baik juga membantu proses detoksifikasi, mengurangi penumpukan racun yang bisa menyebabkan jerawat.

2. Mengurangi Stres

Stres adalah salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Dengan berjalan kaki, tubuh akan melepaskan endorfin, hormon yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood. Dengan berkurangnya stres, produksi hormon kortisol yang memicu jerawat juga akan berkurang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Menyeimbangkan Hormon

Aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Ketidakseimbangan hormon sering kali menjadi penyebab utama munculnya jerawat. Dengan hormon yang lebih seimbang, risiko munculnya jerawat pun berkurang.

 

3 dari 5 halaman

4. Membantu Proses Eksfoliasi Alami

Keringat yang dihasilkan saat berjalan kaki membantu membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak berlebih. Hal ini berfungsi sebagai eksfoliasi alami yang dapat mencegah tersumbatnya pori-pori yang sering menyebabkan jerawat.

 

4 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan kulit. Jalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Tidur yang baik membantu proses regenerasi sel kulit, membuat kulit wajah lebih sehat dan bebas jerawat.

Namun, Ainni mengingatkan,"Ini semua tergantung jalan kakinya di mana. Kalau kena polusi dan tidak dibersihkan dengan benar, pasti semakin banyak jerawatnya."

Dia juga mengatakan bahwa pola makan dan pola hidup yang seimbang juga berguna untuk mengurangi jerawat. Caranya, mulai kurangi makanan dan minuman manis lalu menggantinya dengan kebiasaan konsumsi buah, sayur, kurangi minyak, serta asupan protein secukupnya.

"Hal terpenting lainnya, jangan begadang," katanya kepada Health Liputa6.com melalui pesan singkat.

5 dari 5 halaman

Tips Optimal Jalan Kaki untuk Kulit Wajah Mulus Bebas Jerawat

  1. Lakukan secara Teratur: Jalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari untuk hasil yang optimal.
  2. Gunakan Tabir Surya: Jika berjalan kaki di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya agar kulit terlindungi dari paparan sinar UV.
  3. Jaga Kebersihan: Setelah berjalan kaki, segera bersihkan wajah dari keringat dan kotoran untuk mencegah pori-pori tersumbat.
  4. Kombinasikan dengan Pola Makan Sehat: Konsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral untuk mendukung kesehatan kulit dari dalam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.